April 15, 2010

Sudah bersih.. Jadi ga perlu dikuret..

Kmaren sore qta dtg ke dokter Nana di RS Bunda Menteng. Tujuannya buat ngecek apakah sisa calon janin masih ada atau nggak. Gw dapet nomer 3, tapi yah tau sendiri kan kalo di RS Bunda itu nomer masuk sesuai dengan nomer kedatangan. Dokternya mulai jam 4-7.30. Rada telat ijin dr kantornya jd br nyampe sana jam 4 lewat 5. Dan ternyata gw dapet nomer 5. Yah gpplah.. Duduk2 dulu sambil ntn tv ttg kerusuhan Priok. Sadis banget ya ternyata..

Sampe jam setengah 5 mulai mules2 nih. Karena kok dokternya dtg telat dan emang makin deg2an mau diperiksa. Adit cuma blg " Bismillah aja ya.. Mudah2an udh bersih..". Tetep aja sutriss.. Hehehehe... Akhirnya dokter Nana br dateng jam 5 kurang dikittt...

Pas masuk ke ruangan periksa, langsung ditanya " Gmana? Ada keluhan apa? Masih sakit perut ga? Udah ada yg keluar kan?"

Sambil mules gw jawab deh " Pas hari jumat sih udh ada yg keluar dok. Panjangnya 2 kali ibu jari, trus arnanya pink putih gtu. Bla-bla-bla.."

"Yaudh yuk, qta liat dulu" Kt dokter Nana..

Hiyaaa.... makin tegang deh gw... Dan akibatnya jdnya posisi tidurnya jg jd tegang. Secara kan mau di USG Transvaginal.. Sampe dokternya blg "santai aja yaa.. tarik nafas panjang..." Dan jleb..masuklah alatnya..

Alhamdulillah ternyata dr hasil USG udah bersih.. Ramihnya sudah tidak membuka lagi. Pokoknya bersihhh banget. Baru deh gw rada santai.Trus dokter nana langsung blg kalo mau langsung hamil lagi ini udh bisa ya.. Karena kan skrg ini hitungannya Ibu lg haid. Jadi sudah boleh dicoba lagi..Tapi karena gw dan suami mau menyelesaikan vaksin Hepatitis B yang tinggal sekali lagi, jadi sementara ditunda dulu.
Senangnyaaaa... Trus karena pemeriksaan TORCH yang udh gw lakuin pas pre marital kmrn kurang lengkap. Jd dokter minta gw untuk tes Rubella IgM-nya.Gw juga disarankan ttp mengkonsumsi asam folat karena tetap berencana untuk hamil..Kurang lebihnya ttg asam folat s dibaca di bawah ini..


Persiapkan Kehamilan Dengan Konsumsi Asam Folat

Sumber : www. kiatsehat.com
Kehamilan merupakan hal yang luar biasa. Bukan saja sekedar sebuah anugerah, kehamilan adalah awal menciptakan generasi baru. Keturunan baru, dengan banyak harapan untuk menjadi manusia yang lebih baik. Oleh karenanya kehamilan tidak bisa dianggap suatu hal yang biasa. Masa kehamilan merupakan masa penentu kehidupan janin dalam pertumbuhannya menjadi seorang anak selanjutnya.

Seorang calon ibu hamil harus benar-benar memahami apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani suatu kehamilan. Dahulu kehamilan dianggap sebagai suatu ruang tunggu, padahal justru saat didalam itulah para ibu memberikan manipulasi dengan asupan nutrisi yang bagus, stimulasi musik klasik mozart, dan yang tak kalah pentingnya adalah konsumsi asam folat. Menurut Dr. Bangun T. Purwaka, SpOG (K) dari RSUD Dr. Soetomo yang ditemui saat menjadi pembicara dalam Talkshow “Mempersiapkan Bayi Cerdas Sejak Dini” di RS Spesialis Husada Utama Surabaya, Sabtu (8/12), kehamilan memerlukan perencanaan, baik secara mental maupun fisik dari calon ibu itu sendiri. “Di luar negeri seorang calon ibu selalu merencanakan kehamilannya, mereka menyiapkan diri dengan merubah gaya hidupnya, berhenti merokok, berhenti mengkonsumsi alkohol, dan konsumsi folat,” ujarnya.

Wanita yang berencana hamil perlu mengonsumsi asam folat secara cukup. Kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pembuluh saraf/otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat merupakan zat gizi esensial dan salah satu dari beberapa jenis vitamin B memang baik dikonsumsi sebelum kehamilan. Asam folat dapat memperbaiki kekurangan asupan gizi terutama vitamin B saat terjadi kehamilan. Banyak penelitian mengatakan bahwa kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan saat kehamilan, baik gangguan bagi janin pada pertumbuhannya maupun hipertensi saat kehamilan pada sang ibu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram per hari dan wanita hamil minimal sebanyak 800 mikrogram per hari. Dosis ini disesuaikan dengan yang direkomendasikan untuk penggunaan harian oleh RDA (recommended daily allowance) AS, yaitu angka kecukupan gizi harian minimal 200 mikrogram per hari untuk orang dewasa dan 400 mikrogram untuk ibu hamil. Kini para calon ibu hamil dapat mengetahui apakah dirinya kekurangan kadar asam folat dengan sebuah tes. Meski masih sebatas wacana, namun tes tentang asam folat ini terus dikembangkan. Tes dengan mengambil sampel darah ini dilakukan untuk mengukur kadar folat dalam darah.

Masalah lain yang sering terjadi pada saat ibu hamil adalah terjadinya stress. Perubahan hormon mempengaruhi kondisi ibu hamil. Mereka cenderung sensitif menghadapi lingkungannya. Maka dari itu para suami diharapkan memberi dukungan dengan menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman. Dahulu kita menganggap bahwa jasmani dan rohani merupakan suatu yang terpisah, padahal keduanya adalah suatu kesatuan. Dr. Bangun T. Purwaka, SpOG (K) mengatakan bahwa stress pada ibu hamil merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian penting. Seorang pakar, yakni Prof. dr. Taat Putra mengemukakan tentang Psycho Neuro Immunology, yang menyimpulkan bahwa masalah psikis akan direspon tubuh dengan gangguan pada sistem immunologisnya. Inilah yang membuat stress pada ibu hamil berdampak pada kehamilannya. Sebuah penelitian di Jepang juga menyimpulkan bahwa ibu hamil yang suka membaca komik, manga dan sejenisnya akan berdampak baik bagi kehamilannya, mereka merasa funny, karena membaca komik merupakan hal yang sangat menyenangkan dan sangat membantu sistem immunologinya


Artikelnya diambil dari sini

Yah mudah2an kedepannya semua lancar dan kami bs mendapat kepercayaan dr Allah lagi untuk mempunyai anak..

No comments:

Post a Comment