August 24, 2010

Aku Cinta Indonesia



Dari dulu, gw slalu dikenal sbg anak yang kadar cinta sama bangsanya rada melebihi anak2 yg lain. Tp gw ga gtu hafal sama sejarah Indonesia. Kalo soal itu, suami gw deh jagonya. Ga tau knapa, tp tyap kali dnger Indonesia Raya atau lagu2 kebang saaan maupun lagu2 daerah lainnya di hati tuh rasanya banggaaaa banget. Kalo pas 17 Agustus gw suka kirim sms ke temen2 gw yang isinya ngucapin Selamat Ulang Tahun Indonesia dan teriakan MERDEKA (emang sms bs ada suaranya yah? hehe..). Smp skrg pun jamannya facebook, bbm dan ym gw ttp ngelakuin itu. Sekedar shout, status atau apa pun buat bs nunjukin bahwa "Aku Cinta Indonesia". Ga jarang gw dapet balesan yang isinya "halah, penting bgt si lo sms kaya gini", " waduhh.. semangat buu?" atau " lebay dehh..". Tapi ada juga yang membalas sms gw itu dengan doa dan kebanggaan2 terhadap indonesia. Yah memang kecintaan terhadap si zambrud khatulistiwa ini kadarnya beda2..

Semakin dewasa gw jd makin banyak tau hal-hal ttg negeri ini. Obsesi buat liburan keliling Indonesia pun makin gede, meski obsesi buat jalan2 ke luar negeri juga ga kalah gedenya. Hehehe.. Insya Allah stelah nikah jd punya kesempatan buat ngunjungin Padang pasca lebaran nanti, skalian pulang kampung ke Medan. Banyakkk banget yang qta punya. Kadang gw ga habis pikir knapa qta kok ga jd negara maju yah? Secara smuanya qta punya. Jadi teringat joke ini.. Bner ga yaa...


Suatu hari Tuhan tersenyum puas melihat sebuah planet yang baru saja diciptakan-Nya.
Malaikat pun bertanya, "Apa yang baru saja Engkau ciptakan, Tuhan?"

"Lihatlah, Aku baru saja menciptakan sebuah planet biru yang bernama Bumi," kata Tuhan sambil menambahkan beberapa awan di atas daerah hutan hujan Amazon.

Tuhan melanjutkan, "Ini akan menjadi planet yang luar biasa dari yang pernah Aku ciptakan. Di planet baru ini, segalanya akan terjadi secara seimbang".

Lalu Tuhan menjelaskan kepada malaikat tentang Benua Eropa. Di Eropa sebelah utara, Tuhan menciptakan tanah yang penuh peluang dan menyenangkan seperti Inggris, Skotlandia dan Perancis. Tetapi di daerah itu, Tuhan juga menciptakan hawa dingin yang menusuk tulang.

Di Eropa bagian selatan, Tuhan menciptakan masyarakat yang agak miskin, seperti Spanyol dan Portugal, tetapi banyak sinar matahari dan hangat serta pemandangan eksotis di Selat Gibraltar.

Lalu malaikat menunjuk sebuah kepulauan sambil berseru, "Lalu daerah apakah itu Tuhan?"

"O, itu," kata Tuhan,---berhenti sejenak--- lalu Tuhan melanjutkan ucapannya, "Itu Indonesia, negara yang sangat kaya dan sangat cantik di planet bumi. Ada jutaan flora dan fauna yang telah Aku ciptakan di sana. Ada jutaan ikan segar di laut yang siap panen. Banyak sinar matahari dan hujan. Penduduknya Ku ciptakan ramah tamah,suka menolong dan berkebudayaan yang beraneka warna. Mereka pekerja keras, siap hidup sederhana dan bersahaja serta mencintai seni."

Dengan terheran-heran, malaikat pun protes, "Lho, katanya tadi setiap negara akan diciptakan dengan keseimbangan. Kok Indonesia baik-baik semua. Lalu dimana letak keseimbangannya? "

Tuhan pun menjawab dalam bahasa Inggris,
"Wait, until you see the idiots I put in the government."

Ngomong2 soal Indonesia, ga bs lepas dari orang2 kreatif dan cinta Indonesia. Salah satunya Pandji Pragiwaksono Di blognya qta bs baca hal2 yang bikin qta makin cinta sama Indonesia ini. Salah satunya adalah tulisan berjudul NASIONAL.IS.ME Tulisan yang menurut gw adalah must read item buat syapa pun yang menghirup udara di bumi Indonesia. Membangkitkan kecintaan qta banget. Jadi sadar dan ingat kembali bahwa Indonesia itu amazing. Trus Pandji juga menulis Indonesiais, isinya tentang suatu event BESAR yang mungkin sebagian besar rakyat Indonesia nggak tau kalo negaranya ambil bagian dlm event tersebut, World Expo, sebuah event dunia terbesar ke 3 setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Baca dan kalian akan semakin bangga untuk teriak " I am Indonesian".

Juga ada lagi salah seorang anak bangsa yang sudah dikenal luas di manca negara lewat label Peter Says Denim. Dari namanya qta bs langsung tau kalo Peter ini berjualan denim. Tapi coba lihat lebih teliti websitenya. Baju, celana jeans dan aksesoris lainnya sudah dipakai oleh bbrp band di luar sana. Gmana? bangga banget kan qta? Teramat banyak anak2 bangsa yang berkarya dan tetap berusaha mengharumkan nama bangsa ini. Meski mungkin minim dukungan dr pemerintah. Lha wong kejadian " barter" saja ga beres kok. Karena itu gw setuju banget sama Pandji yang pernah bilang kurang lebih begini, " Kalo lo mau Indonesia berubah dan ternyata pemerintah atau pun suatu lembaga ga bs take action, lo jangan duduk diem dan nyalah2in aja. Tapi mari qta doing something buat negara ini." Udh pada tau kan situs resmi negara ini? Bisa dibuka disini yah..

Biarpun malaysia selalu bikin hati panas, biarpun pemerintah qta terlalu lembek, biarpun jakarta msh bergulat dengan kemacetan dan bbrp jalur busway yg critical msh blm dijalankan, biarpun sepakbola Indonesia belum mendunia, biarpun.. biarpun..Tetap saja.. I love Indonesia, but I might not love the government. So lets keep the pride of being Indonesian




No comments:

Post a Comment