April 27, 2011

Belajar Investasi demi Masa Depan

Yak.. sebenernya sejak bebito ada, kami udh mulai merencanakan untuk berinvestasi. Haha.. telat ya? Gpp deh drpd nggak sama sekali. Trus ternyata disaat bebito mulai ngetem di perut bunda, adaaaa aja pengeluaran. Alhamdulillah saat ini kami sdh punya
  • Rusunami - Nyicil
  • Kendaraan supaya nggak kepanasan dan Keujanan - Nyicil juga
  • Toko buat bundanya bebito kalau nanti udh bosen kerja meski belum tau mau jualan apa.. - Nyicil dongg..
Nah berarti kan kami sudah berinvestasi ke properti dong. Niatnya sih pengen punya rumah, krn ksian nanti klo bebito udh lahir masa cuma lari2an di tamannya apartemen. Trus ga kenal tukang bakso, abang somay atau abang kembang tahu dan tukang sayur yang biasanya wira wiri di kompleks perumahan (eh klo kompleks eksklusif gtu tukang sayurnya didata looo - hahaha.. macam uangnya ada aja untuk beli di kompleks eksklusif ). Jadi pengennya kami nggak lama2 di rusunami tersayang. Nextnya adalah punya rumah sendiri. Alhamdulillah ada cicilan yaa.. jadinya ga perlu menyediakan dana segar sebanyak ituh. Hihihi.. Jadi demi mencapai mimpi2 kami itu mulai deh melirik ke investasi. Ada banyak banget jenis investasi, tapi yang spertinya lumayan menarik mata dan hati buat kami adalah :

  1. Investasi Emas
          Untuk investasi emas ini tentunya tertarik karena harga emas yang stabil dan senderung naik yaa akhir2 ini. Sekarang ini lagi suka mantengin emas24karat buat belajar lebih lanjut. Dan karena emas yang diakui itu adalah emas dari PT. Antam maka sebaiknya membeli emas yang bersertifikat dari PT. Antam juga. Emas 24 Karat ini mendapatkan emas batangannya dari PT. Logam Mulia yang merupakan anak perusahaan dari PT. Antam. Enaknya di emas 24 karat ini mereka bisa menyimpankan emas yang akan atau sudah kita miliki. Jadi nggak perlu khawatir hilang kan. Secara emak2 eh soon to be emak2 macam saya ini mah belum punya safe deposit. Lagian kalaupun punya safe deposit sendiri, kayanya serem juga ya. Mendingan sewa safe deposit di bank ajalah, meski kena biaya. Nah klo ada yang bs nyimpenin kan enak tuh, pas mau nyetak aja baru mikir cara nyimpennya. Hehe.. Kalau belinya di PT. Logam Mulia ini mreka ga bs nyimpenin. Jadi sistemnya ya, berapa gram kita mau beli emas, bayar trus bawa pulang deh emas batangannya. O,ya mau beli dimanapun sebaiknya kita menyimpan dengan baik emas dan sertifikatnya. Karena kalau sampai hilang siapapun yang menemukannya bs dengan mudah menjualnya lagi. Emas gtu loooo...

     2. Reksa Dana

        Kalo yang ini pasti udh pada punya ya.. Saya dan suami bner2 masih belajar. Belajarnya pun masih lewat dunia maya alias cari2 informasi lewat om gugel. Pengen punya ini untuk dana pendidikan anak dan juga dana pensiun. Masih buta banget nih ttg reksa dana yang kami tau baru jenis reksa dana itu ada 4 :
  • Reksa Dana Saham
  • Reksa Dana Campuran
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
  • Reksa Dana Pasar Uang
Sisanya gmana caranya berinvestasi reksadana itu tampaknya kami harus menentukan dulu ingin berinvestasi untuk apa. Klo itu sih udah yaa.. Abis itu berkunjung ke bank yang memiliki fasilitas reksa dana dan memilih jenis reksa dana yg diinginkan. Nah ini nih yg masih bingung. Kami coba pelajari dulu yaa.. Demi masa depan keluarga kecil kami menabung dan investasi harus segera dilakukan nih.. Semangatt..

No comments:

Post a Comment