July 18, 2011

Kelas Laktasi & Senam Hamil

Horeeee.. Akhirnya bumil ikut Kelas Laktasi & senam juga. Stelah udh disuruh dari 32w. Hihihi..

Kelas Laktasi
Stelah daftar akhirnya memilih Jumat jam 9 pagi untuk mengikuti kelas Laktasi di RS Bunda. Datengnya jam 9 lwt 10. Hehehe.. Kelas Laktasinya sendiri adanya di RS Bunda, bagian perawatan lantai 2. Kalo di Bunda ini kelas laktasinya sendiri2. Jadi pas dtg, sampe si Bagian perawatan lantai 2, disuruh tunggu sebentar trus masuk ke dlm ruangan. Ruangannya tuh terbagi 2 bagian sekalian untuk ruang menyusui / mompa ASI. Kemarin dikasi penjelasan sama Kepala Perawat, namanya Suster Rosnida (klo ga salah). Dijelaskan ttg ASI, IMD, Penyimpanan ASI, Pemberian ASI ke bayi, gangguan2 klo mau ASI eksklusif (mostly dr org tua kita / mertua), cara pelekatan yang baik trus apa lagi ya.. Banyak deh. Org sampe 1 jam lebih 10 menit ngobrol. Hehehe.. Suster  Rosnida blg, kalo smua itu intinya ada di pikiran. Klo qta rileks, santai dan yakin, dalam waktu 3 - 4 hari ASI pasti keluar. Ga usah pusing sm omongan org. Meski sebagian dari infoyang dikasi sm Suster Rosnida itu udh pernah bumil baca / tau, tp sharing langsung itu beda lo. Jadi lbh yakin dan mantap aja. Insya Allah bumil yakin kalau ASI pasti keluar dan cukup buat bebito nanti. Trus lebih semangat aja. Beda kan efeknya antara baca aja sama diceritain langsung. Kmrn jg dikasih tau kalau RS Bunda itu Pro ASI dan nggak ada pemberian susu formula tanpa sepengetahuan orang tua. Jadi klo mau dikasi sufor, org tuanya hrs ttd. RS Bunda jg memberikan ASIP dengan sendok, bukan dengan dot supaya bayi nggak bingung puting. Trus kalau bayinya sehat langsung dilakukan IMD, cuman klo mau yakin ya diblgin aja lg sm dokter dan susternya. Bayinya jg bs rooming in, baby boxnya dibawa ke kamar ataupun bedding in, tidur satu tempat tidur dgn bundanya. Disarankan kalau banyak tamu yang menjenguk bayinya di ruang bayi aja, soalnya kuman dari tamu yang datang kan kita nggak tau yaa.. Intinya bumil cukup puas dengan Kelas Laktasi ini.

Kelas Laktasi RS Bunda 
Pendaftaran : 021 - 31922005
Biaya Rp 75.000 / orang 
Waktu : Senin - Rabu - Jumat mulai jam 09.00 (konsultasi selama 1 jam)

Senam Hamil


Kesampean juga ngerasain Senam Hamil di RS Bunda. Daftar dulu sebelumnya. Kemarin sabtu pagi jam 9 bumil dan calon ayah dtg ke BIC. Sempet takut telat krn jam 9 masih di pancoran, tp alhamdulillah jam 9.10 nyampe dan masih belum mulai. Tu tempatnya, di pintu yang dibelakang mbak2 itu qta masuk trus ruangannya di paling ujung. Bajunya bumil adalah legging semata kaki dan kaos sepaha. Kan ga enak klo ada nungging2 trus bokong yang aduhai itu kmana2. Hahaha,, pdhal sih cw smua pas senam. Jadwal senamnya sendiri 1 jam abis itu ada simulasi melahirkan dimana sang calon ayah boleh masuk. Tempatnya di lantai 2, tempat Spa di BIC. Ada bbrp napas dan gerakan yang diajarin. Kurang lebih ky gambar ini 


Tidur telentang dengan kaki ditekuk

Abis itu coba angkat bokong, sekuatnya aja nggak perlu dipaksain.

Kalo untuk napasnya ada 2 macam, yaitu :
  • Pernapasan Dada, biasanya sebagian besar dari kita menggunakan pernapasan dada untuk bernapas. Pada saat menarik napas dada akan mengembang naik dan pada saat menghembuskan napas dada akan mengempis.
  • Pernapasan Perut, untuk pernapasan perut amat sangat perlu dilatih, karena nggak biasa dilakukan. Padahal saat persalinan pernapasan ini yang dilakukan untuk membantu mengejan. Saat menarik napas perut akan membesar dan pada saat menghembuskan napas perut akan mengempis. Saat berlatih pernapasan perut ini, bayi akan bergerak2. Itu wajar krn dia merasa tersundul2. Lucu ya.. hehehe...
Nah ini nih gerakan untuk menghilangkan dan mengurangi kram di betis..

Senam Hamil yang dilakukan diawali dengan stretching dan diakhiri dengan pendinginan. Disela2 gerakan qta selalu diingatkan untuk bernapas. Soalnya kadang suka lupa. Hehe..

Di bagian terakhir yaitu simulasi, dimana suami boleh ikut dan usia kehamilan harus diatas 34w, terbagi menjadi 3 tahapan :
  1. Bernapas biasa, boleh napas dada ataupun napas perut
  2. Bernapas dengan cepat, menghirup napas lewat hidung dan menghembuskan lewat mulut. Awalnya pelan lama2 cepat trus stelah udh 5-6 set diakhiri dengan menarik napas panjang
  3. Menggunapak pernapasan perut trus didorong ke ujung bawah perut dan dihembuskan. Biasanya sih pas menghembuskan itu adalah saatnya ngeden.
Gunanya sang suami untuk ikut adalah supaya bs latihan di rumah. Karena pas qta lg latihan di simulasi itu kmrn, suami memegang perut kita dan memperhatikan gerakan perut supaya nggak salah pas latihan di rumah. Nggak tau apakah karena daku blm pernah ikut senam hamil dan juga insya Allah baru mau punya anak pertama, tapi merasanya si senam hamil ini berguna bangetttt... Dan pengen ikutan lagi. Ya, minimal 3 kali gtu. Supaya semakin mantap. Pas prakteknya insya Allah berguna..

Senam Hamil Bunda International Clinic
Pendaftaran : 021 - 31922005
Biaya : Rp 75.000
Waktu : Senin - Rabu - Jumat ( 16.00) dan Sabtu ( 9.00) 
Durasi : 1,5 jam (1 jam senam hamil, 30 menit simulasi melahirkan)

No comments:

Post a Comment