Belajar Toilet Training

Ceritanya gara2 Bundanya Rafa abis baca plus ikutan diskusi di sebuah forum tentang Toilet Training (TT) ini. Ternyata kok ya Rafa sdh masuk usia untuk melakukan TT. Jadi dengan semangat Bunda pun mencoba mengajarkan Rafa untuk pup dan pipis di toilet. Padahal neneknya sdh ngingetin dari Rafa umur setahun. Hehehe.. Bundanya keenakan bergantung sama diapers nih. Emang nih diapers itu mempermudah sekaligus membuat terlena.

Konon katanya, dari hasil googling dan baca sana - sini, memulai Toilet Training itu baiknya di usia 18 - 24 bulan. Kenapa? Karena di usia ini anak sudah mampu mengenali rasa ingin pipis / pup disebabkan oleh otot pengatur rasa ini sudah bekerja dengan sempurna. Juga karena anak sudah mulai bisa diajak bicara dan mengerti. Tambahan lagi, mengajarkan anak untuk TT di usia lebih dari 3 tahun akan lebih susah lagi. Mungkin karena si anak betul-betul sudah terbiasa pipis dan pup di diapers kali ya.. Trus kabarnya anak laki - laki dan perempuan itu berbeda kemampuan TTnya. Kalau anak laki-laki akan mahir TT di usia 2,5 tahun dan anak perempuan di usia 2 tahun. Ini kalau saya nggak salah baca yaaa.. Nah sekarang Rafa sudah 20 bulan. Waaa.. sudah waktunya nih.


Jadi kurang lebih sudah semingguan Rafa pakai diapers kalau tidur malam saja. Selebihnya pakai celdam saja. Metodenya kurang lebih begini :
  1. berulang kali bilang ke Rafa : " Rafa anak pintar, anak pintar kalau pup / pipis di kamar mandi ya.." Berulang2 sampe kaya kaset rusak. Di saat dia lagi main, ntn tv, pokoknya diulang terus.
  2. hypno soal TT. Pas Rafa ngantuk entah sambil nyusu atau pun nggak saya jg selalu mengulang poin no. 1 tadi. Lebih sering lagi kalau dia mau tidur malam.
  3. Teratur diajak ke kamar mandi. 3 hari pertama saya masih 'membaca' pola pipisnya. Sudah bisa ditebak Rafa pipis dimana-mana, terlebih hari pertama. Saya memakaikan celdam dan cover clodi supaya pipisnya nggak bikin Rafa terpeleset. Hari ke 2 Rafa mulai paham kalau dipa pipis berarti basah. Jadi dia akan langsung jalan ke toilet sambil bilang kalau dia pipis. Di hari ke 2 ini saya sudah mulai bisa membaca interval pipisnya. Awalnya setiap 30 menit saya ajak ke toilet. Yang ada, malah main2 anaknya. Akhirnya hari ke 3 sampai sekarang saya ajak setiam 1 jam sekali. Cover clodi pun sudah saya lepas.
  4. Jika berhasil pipis di kamar mandi beri hadiah. Hadiahnya simpel aja kalau Rafa. Cukup bilang dia anak pintar / kebat / kesayangan Ayah Bunda sudah bisa bikin Rafa cengar cengir. O,ya sejauh ini Rafa baru berhasil pipis sendiri di toilet sebanyak 2 kali. Meski belum dibuka celananya. Hahaha.. Gpp.. Kan namanya jg belajar.
  5. (seharusnya) Stop diapers sama sekali. Nah ini nih PR buat saya. Sampai sekarang blm bs total. Soalnya saya nggak mau kasur diompoli Rafa. Lah mau jemur dimana? Secara rumah ga napak tanah. Hohoho.. Trik saya adalah memesan Sprei Anti Ompol. Tapi blm dtg nih...
Mungkin karena Rafa belum betul2 lepas diapers, dia jadi suka bingung. Karena di hari ke 4-5 kalau sudah pakai diapers dan mau pipis dia akan bilang " Nda, pipis.." Berarti kan sebetulnya dia sudah mengerti kalau pipis bilang dan harus di kamar mandi. Efeknya adalah kemarin dia pipis nggak bilang cuma tetap lsg jalan ke kamar mandi. Niatnya sih saya mau beli stiker2an buat dikasih ke Rafa kalau dia berhasil pipis di kamar mandi. Atau cari Toilet Training Charts yang lucu-lucu kaya gini. Oke banget ya gambarnya. Kalau Bundanya kreatif bisa nih dikasi foto anaknya..




Kira - kira kalau nanti si sprei sudah datang apakah tiap malam Rafa tetap dibangunkan setiap jam untuk pipis ya? Soalnya kan Rafa masih ASI, berarti selama tidur malam dia tetap minum. Masih bingung nih. Ada yang mau kasih tips ke saya? Sambil nunggu tips yang lain saya mau nabung semangat dulu ahhh....

10 comments

  1. saya juga baru mau mulai nih..
    di satu sisi ga tega ngelepas clodi, ntar pipis dmana2 :D
    tp di sisi lain, udah bosen nyuci clodi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo mbak semangattt.. Saya jg nih udh bosen nunggu clodi kering. Nasib belum punya halaman buat jemur.. hehe.. eh Alhamdulillah ya punya tempat neduh..

      Delete
  2. makasih mbak atas share ilmunya, sangat bermanfaat nie utuk ngajari ponakan2 saya yang suka ngompol di kasur

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak.. semoga ponakannya cpet lulus TT juga..

      Delete
  3. kalau saya, waktu TT si abang, awal2 ditatur. setiap setengah jam sekali, lanjut ke sejam sekali, setelah itu nanti dengan sendirinya jadi naik ke 1,5 jam sekali sampai ke 2 jam sekali. saya paein trining pant, jadi klo pun telat ngajak pipis, dia ngompolnya ga kemana2 karena masih tertampung si training pant.

    klo udah terbiasa 2 jam sekali, nanti lama2 dia sendiri yg minta pipis di kamar manid. tentunya sambil kita bilangin klo pipis itu di kamar mandi.

    yang sulitnya, membangunkan tengah malam untuk pipis. pasti ya awl2nya bakalan susah. si anak marah2 krn masih ngantuk, atau malah kitanya yang ngantuk. tp ingatlah ompol di kasur, dengan begitu kita akan semangat mbangunin anak untuk pipis. hehehe. dan tentu aja, biasanya awal2 itu suka ngompol di kasur. jadi aku siasatin aja. di bawah sprei aku selipin perlak sama kain popok, jadi kalo pin dia ngompol ga akan tembus ke kasur. lebih enak klo ada sprei anti air kayaknya.

    selamat berjuang, mak! saya juga lagi TT-in adiknya abang,nih :)

    ohya, fyi, si abang dulu diTT umur 3thn kurang sebulan. nah pas ulang tahun ke -3, beberapa hari sebelumnya dia udah sukse TT. yey! sekarang adiknya usia 2thn 2bln lagi diTT. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh.. makasi banyak mbak sharingnya. smg si sprei cepat datang jd pgn praktek tdr malam nih. Bingungnya tuh interval ngajak ke toilet pas mlm. Krn kan Rafa nyusu sambil tdr. Tapi yaa.. bs dipelajari lah ya.. Mari nabung semangatt..

      Delete
  4. Duh, Saya juga masih berjuang nih dengan si kecil yang sudah hampir 3 tahun tapi belum bisa lepas diapers kalo malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari mbak sama2 dimulai belajar TTnya. saya jg buru2 beli sprei anti ompol itu takut keenakan klo malem ttp pake diapers. hehe..

      Delete
  5. Wadeeew... gw kapan inih yah... hihihi... kalo TT tu harus full ga bole pake pamper ya Yu? Gw kadang suka nyerah kalo uda ngepel seharian, besoknya pospak lagi. hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw jg meneguhkan hati dl mi. Cerita lanjutan Udh ada yaaa...

      Delete