May 1, 2013

Belajar Toilet Training Part 2

Yellow pemirsa.. Masih pada penasaran kan sama kelanjutan Toilet Trainingnya Rafa? Plakkkkkkk... Emaknya sok ngarteizz.

Jadi Kurang lebih sudah sebulan kalau pagi - mau tidur malem ga pake diapers. Cuman pake celdam aja. Tapi klo tidur malem sama wiken pasti pake diapers seharian. Jadilah yang pas weekdays anaknya Udh pinter bilang klo mau pup atau pee, eh setiap Senin lupa lagi. Pipis dmana - mana. Jadinya hypno ttg TTnya diulang2 mlulu tiap awal minggu.

Nah jadinya karena Bundanya gemes, jadi sejak 22 april Kmrn Rafa lepas diapers sama sekali. Yes, langsung ga pake ajah. Dari yang pipis nggak bilang, bilang tp Udh keluar dan ga mau jalan ke kamar mandi, jalan ke depan kamar mandi terus lsg pipis pdhl blm buka celdam sampe akhirnya bisa pipis di kamar mandi. Kalau tidur malam, awalnya setiap Rafa bangun minta nenen, selalu diajak ke toilet untuk pipis. Anaknya tentu saja nangis, tapi sampai toilet memang nggak keluar pipisnya. Akhirnya dicobalah nggak ngajak ke toilet, dan ternyata memang Rafa nggak ngompol setiap tidur malam, juga siang. Kapan dong pipisnya? 3-5 menit setelah dia bangun tidur, langsung diajak ke toilet untuk pipis. Jadi sampai hari ini Rafa sdh seminggu lebih gak pake diapers.

Pas Jumat kemarin jadwal nginep d rmh netinya. Jadilah bunda dan Rafa berduaan naik taksi. Deg2an juga takut dia pipis, tapi Udh niat Ntar klo macet , maks 2 jam dari pipis terakhir langsung cari toilet. Alhamdulillah nggak terlalu macet, jadi pipisnya pas sampai di rumah netinya. Pas jalan2 ke PIM juga gtu. Car seatnya dilapisin kain yang Udh dilipat2, brktnya bener2 setelah Rafa pipis. Sampai PIM langsung cari toilet anak2, tapi ternyata bocilnya blm mau pipis. Akhirnya Abis makan diajak pipis sama ayahnya baru mau. Main2 di playground gratisan terus tiba2 Blg pengen pup. Langsung deh diangkat dan lari ke toilet anak. Ternyata oh ternyata Rafa blm bs nahan pup. Jd ya Udh pup d celana deh. Hahaha..

Tapi secara keseluruhan sih asal Aybun rajin ngajak pipis tiap 1,5 - 2 jam sekali Rafa Udh nggak ngompol lagi. Kalau pup, otomatis tiap bangun pagi habis mandi pasti Udh kelihatan gayanya. Malah kalau sekarang Udh Blg mau pup. Jadi langsung di dudukin di potty chairnya. Biasanya Abis itu dia nanyain pupnya mana? Haha.. Kecelakaan ngompol sih masih ada, tapi cuman sekali atau dua kali dlm seminggu ini. Tinggal nunggu dia bilang mau pipis sendiri aja. Skrg durasi ngajak pipisnya mau ditambah jadi 2,5 jam. Supaya dia yang belajar bilang mau pipis. Semoga segera lulus TT.

O,ya Bunda juga beli stiker yang lucu2 buat Rafa untuk dikasih kalau Rafa bisa pup atau pee di toilet. Penghargaan buat dia ceritanya, selain pujian ' anak pintar', 'anak hebat' atau ' kesayangan aybun'. Rafa suka banget sama bintang dan thomas juga cars, jadi ya stikernya seputar karakter itu. Karena pelajaran TT ini adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua supaya anak belajar mandiri kan? Kuncinya kalau untuk TT ini adalah konsisten dan berhenti pakai diapers total. Tapi jgn lupa, tiap anak beda2 yaa.. Untuk sekarang Aybun dan Rafa bisa sama - sama bilang : " Kami sudah bebas dari diapers. Mari beli tas buat bundanya.... " hihihi..

Yak, PR selanjutnya adalah menyapih. Huwaaaaaaaaaa

3 comments: