Cari - Cari Kitchen Sink

Biasalah nama pun udh jadi emak - emak kan ya.. Jadi pas ada urusan bangun rumah yang diurusin selain kamar utama, langsung deh ke bagian dapur. Pengennya sih punya kitchen set yg kece. Demi menunjang bentuk kitchen set yang masih diawang - awang ini tentunya perlu ada kitchen sink. Naksirr berat sama kitchen sink merk Blanco. Tapi apa daya saldo tabungan juga yang akhirnya berbicara. Haha..

Sebagai emak masa kini, duhhh.., saya pun mulai browsing ke forum2 untuk tahu bagaimana cara memilih kitchen sink yang oke. Sembari browsing nggak lupa tiap ada tema dapur saya selalu sounding ke ayah tentang betapa kerennya model kitchen sink sekarang. Semacam preambule supaya ayah nggak shock lihat deretan kithcen sink seharga motor.



 Jadi dari hasil berteman dengan om google dan kawan - kawan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kithcen sink :

1. Cek stainless steel grade - nya
Biasanya kitchen sink yang ada di pasaran memiliki grade 304, ada juga yang sampai 316 ( harganya makin kece tentunya ). Grade stainless steel ini akan mempengaruhi seberapa tahan kitchen sink tersebut terhadap korosi, temperatur, kekuatan, dsb. Gampangnya gini deh, kalau gradenya sudah 304 amanlah.

2. Jangan lupa cek afurnya
Apaan tuh afur? Tenang.. Saya juga baru dengar afur pas kemarin belanja kitchen sink kok. Hihi.. Intinya afur itu adalah rangkaian saringan yang ada di bawah saringan awal kitchen sink. Duh, aneh ya bahasa saya? Itu lo yang suka jadi tempat untuk nyangkutnya sisa2 makanan setelah mencuci. Nah, afur ini terbuat dari plastik. Ada yang plastik bagus ada yang kurang bagus. Ada harga ada rupalah. Dari hasil mencari kemarin ternyata ada juga kitchen sink yang tidak satu paket dengan afurnya. Ya nggak apa2 sih kalau memang lubang airnya ukuran normal yang mudah dicarikan afurnya. Kalau lubangnya besar kan susah..

3. Berapa Bowl?
Kalau ini sebaiknya diukur juga luas dapur yang diinginkan. Kalau untuk apartemen 30m2 mungkin satu bowl saja sudah cukup. Tapi kalau dapurnya saja yang berukuran 30m2 mungkin bisa yang 3 bowl atau mungkin yang 1 bowl tapi lebih besar.

4. Kedalaman kitchen sink
Intinya semakin dalam kitchen sink anda maka cipratan air yang keluar semakin sedikit. Hal inilah yang mendasari mengapa saya ingin mengganti kitchen sink di rumah kami yang masih dibangun itu. Kitchen sink dari developer kurang dalam. Pengalaman di apartemen dengan kitchen sink yang kurang dalam adalah perut saya kecipratan air teruss.. hehe..

Ada banyak merk kithcne sink yang saya temui di seputaran Panglima Polim dan google. Haha.. Ada Blanco ( Germany ) , Teka ( Germany), Coni Cico (Korea) , Elite (China), CGS (China), dan  Royal (China). Semua dengan banyak model dan harga yang beragam.

Lupa merk apa, lg disc 50% jd 5,500. Dhuarrr....

Trus akhirnya saya beli yang mana dongg?

Akhirnya setelah memalingkan wajah dari Blanco kami pun memilih Coni Cico. Dengan drainer yang bisa dicopot saya sudah bisa membayangkan Happy Call saya pasti bisa mandi dengan tenang disitu. Coni Ci yang saya beli alhamdulillah sudah grade 304 dan diskon 50 %. Hahaha.. lumayan banget harganya jadi 1,850 saja plus afurnya.

Cukup lengkaplah ya.. ada drainer piring, sendok, sayur plus tempat sabun cuci

Itu yg dipegang Ayah Afurnya. Maapp kealingan tangan, jd krg jelas.

O, ya kitchen sinknya beli di rumahku Panglima Polim. Patokannya Rumahku itu setelah Toto. Lumayanlah selama nunggu diks teh botol sama Rafa sibuk mainin kran. Haha.. semoga kitchen sink ini bakalan nambah kece rumah kami nanti. Sebelum pulang intip yang ini dulu yuks.. 

Blanco - 13 juta sajahhh

Blanco juga - auk brp hrgnya

Ehh gara2 Blanco sampai lupa cerita progress rumah. Alhamdulillah udah naik ke lantai 2. Malah udh ada gentengnya. Mamaaa... kenapa cepet banget ya jadinya? Lirik saldo tabungan yang udh berubah jadi kitchen sink...





29 comments

  1. Mak, itu harga 1850 maksudnya apa? 1.850.000 rupiah atau 1850 dolar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya nggak jelas ya mbak.. maafkan.. maksudnya Rp 1.850.000 aja mbak. Kalau dolar belum mampuuu.. hihi...

      Delete
  2. beli di rumahku ya... di electronic city samping bursa efek aku liat tuh ada rumahku.. asyik.... mampir ah.. bulan januari aku mulai renovasi rumah nih insya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. beli d rumahku. Oo scbd ya? Aku malah baru tau ada jg dsana. Hihi.. waa.. semoga sama2 lancar yaa dgn urusan rumah.. hihi..

      Delete
  3. aaahh...thank you ya, yu. jadi tau kriteria kitchen sink nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. sama2 mbak.. stelah tahu kriterianya siap2 galau ni ky aku.. :D

      Delete
  4. makasih infonya.. klo boleh tau, coni cico serinya berapa ?
    salam
    wahyu sidoarjo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. duh maaf ini komennya sdh lama tp br dijawab skrg. Sejujurnya saya sdh lupa seri brp. Ga merhatiin jg sih kmrn itu.. maaf ga mbantu ya..

      Delete
  5. Saya kebetulan juga mau beli dengan merk yang sama. Terus terang baru denger juga merk ini, tapi karena spek nya setara merk Teka dengan harga lebih murah, saya rencana mau beli.

    Kalau untuk pengalaman pemakaian bagaimana ya? Apakah ada kendala?
    Terutama karena saluran pembuangan yang ukurannya tidak standar.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaiannya biasa saja seperti penggunaan kitchen sink lainnya. Punya saya kurleb sudah 1,5 tahun dipakai tidak ada masalah. Alhamdulillah.. semoga membantu ya..

      Delete
  6. mau tanya dong apa ada kitchen sink ukuran 1200x500x190?
    skalian kasih tau harganya yah

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, maaf sekali saya kurang tahu u ukuran yg mbak cari ada atau tidak. Mgkn bs dtanyakan di tukang kitchen sink langsung ya..

      Delete
  7. mau tanya dong apa ada kitchen sink ukuran 1200x500x190?
    skalian kasih tau harganya yah

    terimakasih

    ReplyDelete
  8. masukan aja buat yg hunting kitchen sink..

    saya kemarin beli versi hemat dari yg ada di gambar coni cico tango punya mbak ayu, yaitu merek tidy seri ws8748, dari kodenya ketahuan ukuran 87x48cm, single bowl, tapi aksesories yg didapat hanya basket dan afur saja, di harga 700rb, kebetulan lagi kena diskon di mitra10

    afurnya juga besar, ukuran 14cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi udah sharing yaa. Selamat mencuci di kitchen sink baru ya. Hehe..

      Delete
  9. Alamat tokonya dimana bu? Boleh tahu

    ReplyDelete
  10. Kalau mau yang lebih murah sih harus rajin" ke Mitra*, sering kali saya temui promo nya besar"an. Kan lumayan kalau bisa lebih hemat hehehhe

    ReplyDelete
  11. Amazing post, thanks for providing such a important information in this blog .Kitchen Sink

    ReplyDelete
  12. This is very useful blog,When you are trying to find a replacement and exciting thanks to updating your bathing space then place your specialize in bathroom accessories. If you would like to feature beauty in your bathing area then you need to invest money in buying superb quality Door Handle Singapore. Homewerkz is that the leading showroom that has you very best quality bathroom related accessories for their clients.

    ReplyDelete
  13. This is very useful blog, If your toilet is dirty, then you may have difficulty in using it yourself, in such a situation, you ought to buy high quality Toilet Bowl Singapore from the leading enterprise. Homewerkz is that the popular showroom that offers its customers the most effective bathroom related products at a decent price.

    ReplyDelete
  14. Homewerkz distributes products from a variety of firms that are leaders in their fields. In the realm of bathroom accessories, Viega Singapore is a well-known brand. They are a market leader in a variety of installation technology applications. Their system network is also impressed by their overall solutions, which are both practical and technically sound. Visit our website to learn more and make a purchase.

    ReplyDelete
  15. Showering is always enjoyable and relaxing, especially when you have the right Shower Head Singapore for your needs. Shower heads come in a wide range of styles. If you don't have a lot of money but yet want to decorate your bathroom, come to the Homeworkz showroom, where you'll discover a solution to your problem because they provide toilet products at a reasonable price.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete