August 20, 2014

Stimulearn, Applikasi Pintar Penuh Manfaat

Sejak melewati usia 2 tahun, Rafasya berubah menjadi anak yang semakin aktif. Gampangnya, jadi semakin nggak bisa diem. Ada saja yang dikerjakan. Kemampuannya dalam bermain jika seorang diri pun mulai bertambah. Sekarang ia sudah bisa untuk berpura-pura menjadi sesuatu atau seseorang. Ada kalanya saya menemukannya sedang dalam posisi sujud. Saat saya tanya katanya Rafa sedang jadi Kura - Kura. Haha.. Atau beberapa kali pernah saya mendengar Rafa seolah sedang berbicara pada lawan mainnya. Ternyata ia sedang berbicara pada boneka Barney saat main mobil - mobilan.



Selain sudah bisa main seorang diri, Rafa juga jadi hobi makan. Sebisa mungkin saya selalu memberikan makanan segar yang saya olah sendiri. hal tersebut adalah upaya saya untuk menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Setelah sarapan segelas jus dipagi hari, jam 10an hrs diselingi cemilan berat seperti arem-arem sebelum makan siang. Kemudian saat bangun tidur sebelum mengaji ia harus makan cemilan berat lagi. Jika tidak ia akan langsung minta makan nasi. Mungkin ia perlu tenaga untuk menghafal ayat Al Alquran sambil bermain di Masjid. Ya, sampai sekarang di usiany yang menginjak 3 tahun saya memang masih maju mundur untuk memasukkannya ke PAUD atau kelompok bermain. Cukuplah mengaji setiap sore di Masjid. Sisa waktu lainnya? Saatnya bermain bersama Bunda. Beberapa aktivitas bermodalkan ilmu dari Om Google pernah saya praktikkan.




Bermain gunting tempel. Sembari bermain dengan gunting saya pun sekalian mengajaknya bermain dengan lem. Kertas - kertas yang sudah ia gunting boleh ditempel sesuka hati. Saya juga sudah menyiapkan beberapa kertas yang sudah dipotong sebelumnya dalam berbagai bentuk. Saya akan mengarahkan Rafa untuk menempelkannya sendiri. Awalnya ia mengikuti dengan tenang. Lama kelamaan lemnya mulai dioleskan ke Lantai. Haha..

Karena melukis mobil - mobilan itu lebih keren..



Mari melukis botol bekas. Sejak mengenalkan pulpen, saya dan suami selalu mengarahkan untuk mencorat - coret di kertas. Alhamdulillah arahan kami sukses, sampai saat ini tidak ada coretan di tembok atau kursi seperti yang banyak dilakukan oleh anak balita. Setelah puas dengan pulpen saya pun mulai mengenalkan Rafa dengan cat air dan kuas. Karena melukis di buku gambar itu sudah terlalu biasa, mari kita melukis botol bekas. Seru, tangannya sampai belepotan. Di akhir kegiatan, botol bekasnya dijemur dan setelah kering kami gunakan untuk bermain Bowling. 



Berkenalan dengan beras. Rafa selalu tertarik dengan suara beras yang saya tuang ke dalam rice Cooker. Akhirnya daya memberikan sejumput beras padanya beserta botol bekas dan corong. Lihat bagaimana ia sibuk menuangkan beras melewati corong dan menghitung yang tumpah.



Berteman dengan bubble wrap. Nah ini adalah aktivitas yang paling anyar. Awalnya tidak sengaja memberikan bubble wrap pada Rafa. Setelah saya contohkan bagaimana cara membunyikannya, Ia langsung semangat untuk mencoba. Ekspresi serius bagai sedang berpikir keras pun ditunjukkan saat mencoba memecahkan plastik berisi udara itu. Saat berhasil pecah, tawanya langsung berderai.

Semua aktivitas di atas sangat menyenangkan untuk dilakukan di rumah. Nah, saat wiken biasanya kami jarang di rumah. Saat ini sih kebanyakan ngurusin printilan rumah. Jadi kalau di jalan dan Rafa bosan menggambar atau menonton DVD Barney, kami mengizinkannya untuk bermain dengan Gadget . Jadwal bermain dengan IPad hanya setiap hari Sabtu Minggu, hari lainnya IPad nya disimpan. Itu pun kami tidak akan memberikan iPad di waktu wiken jika tidak diminta oleh Rafa. Kenapa? Semata - mata hanya ingin supaya buah hati kami menjadikan Gadget sebagai pilihan terakhir untuk mengusir bosannya. 

Jari jemari Rafa sudah lihai memilih aplikasi yang ada di IPad. Biasanya ia akan memilih menonton Barney, Fireman Sam, Dodo Syamil atau video lain yang sudah kami download kan. Kami memang agak jarang mendownload aplikasi games anak. Karena rasanya belum ada yang pas. Kebetulan saya mendapat info mengenai Aplikasi Stimulearn dari Dancow. Setelah beberapa hari setiap dicari Applikasi ini selalu ngumpet di APP Store IPad saya, akhirnya Stimulearn ini bisa saya download juga. Semua permainan yang ada langsung saya unduh. Iya lah, kan gratis. Hihi..



Saat sudah didownload saya mengajak Rafa untuk bermain. Di usianya yang sudah 3 tahun ada beberapa permainan yang bisa ia mainkan.

1. Forgotten Castle
2. Island Market
3. Mr. Skylab
4. Story House
5. Pearl Beach 



Dari beberapa permainan itu yang langsung dipilih Rafa adalah bermain Forgotten Castle dan Island Market. Pada Forgotten Castle Rafa langsung dilatih memorinya untuk memasangkan gambar - gambar yang sama yang sudah diacak. 6, 12 dan 24 gambar pun sudah dicobanya. Tentunya untuk yang 6 gambar Rafa lebih cepat menyelesaikannya dibanding yang 12 dan 24 gambar. 



Meski untuk Island Market sepertinya diperuntukkan untuk anak yang lebih besar atau yang sudah bisa mengenal angka dan membaca daftar belanjaan, namun Rafa sudah bisa memainkannya. Karena ia tinggal melihat daftar belanjaan berisi buah apa yang diperlukan dan menambahkan buah tersebut ke timbangan sampai ada notifikasi gambar yang menyatakan cukup. Berarti aplikasi ini mudah dimengerti secara visual.



Keberadaan bentuk bintang pada Mr. Skylab juga membuat perhatian Rafa tertuju penuh saat memasangkan beragam bentuk yang ada. Kebetulan lagu favoritnya saat ini adalah Twinkle - Twinkle Little Star, jadi pas deh dengan ornamen bintang di lab itu. Permainan menyusun gambar ini dapat merangsang daya pikir anak, terbukti dengan Rafa yang terkadang memperhatikan gambar sejenak sebelum memilih puzzle yang tepat.


Sibuk menggerakkan IPad untuk mengumpulkan semua mutiara di Pearl Beach


Yang ditunggu - tunggu tentunya adalah Story House. Karena pada permainan ini Rafa bisa memilih cerita yang ia sukai dan mendengarkan efek suara yang ada. Beberapa kali saat saya sedang membacakan cerita ia membunyikan efeknya berulang - ulang. Hihi.. ,eski jalan ceritanya jadi berhenti, ini menunjukkan bahwa ia bereksplorasi melalui suara yang dihasilkan dan bahasa yang digunakan


Kesimpulan

Dengan adanya Stimulearn ini saya sangat terbantu dalam mengembangkan koordinasi mata dan tangan juga daya fikir Rafasya. Permainannya mudah dan merangsang rasa ingin tahu anak secara alami. Yang lebih menyenangkan lagi, aplikasi ini juga memiliki saran mengenai apa yang harus orang tua lakukan agar dapat merangsang kemampuan kognitif anak. Jadi, Aplikasi Stimulearn yang dikembangkan oleh Nestle Research Centre ini merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk dikenalkan pada masa perkembangan anak mulai usia 3 - 5 tahun. Melihat Rafa memainkan Aplikasi Stimulearn ini membuat saya merasa aman karena semua permainan yang ada sudah terbukti mudah, juga membuat saya merasa tenang saat memberikan IPad di waktu bermainnya saat wiken. 

Gimana dengan ayah bunda yang lain? Sudah mencoba aplikasi Stimulearn dari Dancow ini juga kan? Kalau belum silakan diunduh disini dan nikmati setiap momen bermain bersama buah hati kita..



Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog StimuLearn Aplikasi kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan DANCOW Parenting Center





15 comments:

  1. aplikasinya bagus. Bermanfaat pula. Semoga menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull mak. alhamdulillah aplikasinya nongol jg d ipadku. hihi..

      Delete
  2. aplikasi nya ok punya, sukses buyuuuuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess.. kamuh sdh donlot kannn? pasti kamu eh Millie sukaa..

      Delete
  3. wah mainnya menyenangkan ya, seru :) good luck mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. rafa suka bgt nih tante.. smp2 blm harinya main ipad Rafa udh nagih ipadnya terus.

      Delete
  4. Replies
    1. hihi.. makasi tante.. ciyum adek Raffi dr abang Rafasya..

      Delete
  5. Rafa pinter. Bunda nya kreatif ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamanya Ubi lebih kreatiiff.. hihi..

      Delete
  6. Rafa kreatif banget. Salam ya dari Dzakwan. mampir juga ke sini http://dzulfikaralala.wordpress.com/2014/08/18/stimulearn-dancow-mendorong-multi-intelegensia-anak/ trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya bocil ya mak.. adaa aja caranya melakukan sesuatu yg ga kpikiran sm kita. siap meluncur ke tkp...

      Delete
  7. artikel yang sangat bermanfaat,,,terutama bagi ibu2 yang masih memiliki anak usia balita.....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  8. Stimulearn sekarang jadi permainan kesayangan anak-anak di rumah juga hihihi ^^

    Menarik :) waktu itu juga pernah liad ulasan tentang cafe kucing yang di luar negeri, semoga sukses yaa


    modimelodi | A blog by Moudy

    ReplyDelete