September 27, 2014

#FDBloggerWorkshop with Femaledaily :Let's Write Something Worth Reading



Hari sabtu kemarin, saya berkesempatan mengikuti Blogger Workshop yang diadakan oleh Femaledaily. Pertama membaca pengumuman tentang diadakannya workshop ini langsung semangat untuk ikutan. Gimana nggak pembicaranya kece - kece banget. Ada teman lama dari jaman persiapan nikah Fifi Alvianto, traveller blogger Marischka Prudence dan Saphira Zoelfikar plus Hanifa Ambadar.



Selain blogger - blogger kece di atas ada juga International Blogger Emily Quak, perwakilan dari Luxola, Simon Torring dan Ricky Tjok dari Google Indonesia.

Gimana? Keren banget kan? Jadi tentang apa sebenernya Workshop kemarin itu ? Coba cek poster acaranya lagi deh. Nah kelihatan kan?


  • Making Money From Blogging
Dari sharing oleh ketiga blogger lokal tersebut, mereka sama - sama menyebutkan bahwa konsistensi adalah hal yang utama. Jadi usahakan membuat postingan secara teratur. Meski kita adalah ibu rumah tangga yang punya segudang kesibukan mengurus anam dan juga rumah atau ibu bekerja yang punya deadline dan target dari kantor, kita tetap harus menyiapkan waktu secara rutin untuk membuat postingan. Kalau memang ingin blog kita maju, ya harus ada hal - hal yang dilakukan dengan ekstra. Yang paling penting ngeblog itu harus dari hati. Kalau memang nggak suka ngeblog ya jangan maksain. Karena pasti tulisan yang akan dihasilkan juga jadi nggak berkualitas. Kita juga harus mampu menciptakan personal branding bagi diri kita. Coba deh cari karakter kita sendiri yang berbeda dari orang lain. No copy paste adalah hal yang mutlak. Dan yang mungkin suka terlewat atau agak malas adalah berinteraksi dengan pembaca. Membalas komen yang masuk mungkin menghabiskan waktu tapi itu akan menimbulkan keterikatan antara pembaca dengan kita melalui blog.

Bertemu teman seperjuangan di waktu msh gadis. Haha

  • Building Relationship and Creating Partnership

Pada sesi ini Emily Quak menekankan agar kita sebagai blogger harus memiliki integritas. Maksudnya gimana? Jadi misalnya ada perusahaan yang menawari kita untuk merivew produk, kalau memang kita nggak cocok dengan produk tersebut ya jangan bilang cocok. Hanya cara penyampaiannya harus dengan baik. Jangan langsung menyalahkan produk dan menjelek - jelekkan produknya. Nah, jika blog kita sudah memiliki integritas, menurut Simon Torring, nggak perlu takut untuk menawarkan blog kita pada perusahaan. Dengan memiliki media kit yang bagus, perusahaan juga akan senang jika kita yang menghampiri mereka. Media kit disini maksudnya selain blog itu sendiri juga dengan social media yang lain. 
  • Learning Blog Analytics with Google
Kali ini Ricky Tjok menjelaskan sedikit tentang Google Analytics. Dengan menggunakan Google Analytics kita bisa mengetahui kapan waktu paling banyak pengunjung mengunjungi blog kita, jenis kelamin pembaca blog kita sampai berasal dari daerah mana si pembaca. Keberadaan Google Analytics ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu apa postingan yang paling dicari pembaca yang membuat mereka mengunjungi blog kita. Jadi kita bisa tahu sebaiknya membuat postingan tentang apa.

  • Workshops : Writing Attractive Content and Travel Photography Made Simple
Sumber : twitter FD


Pada workshop yang pertama yaitu Writing Attractive Content bersama mbak Leila Safira, Chief Community Officer majalah Cleo kita diajak untuk menulis dengan jujur. Bahkan sebelum posting coba deh kita baca dulu tulisan kita. Mau nggak kita membacanya? Karena kalau kita sendiri nggak mau baca tulisan kita, gimana dengan orang lain. Saat sharing dengan mbak Raiyani Muharramah tentang fotografi, kita diminta untuk sabar menunggu momen, ambil foto dari berbagai angle yang ada, rasakan alam yang kita kunjungi sembari mengambil foto sampai ke pemanfaatan gadget yang ada. Sayang waktunya terlalu sedikit untuk sharing tentang fotografi.



Wow. Hari yang sangat menyenangkan untuk saya. Meski dimulai jam 10 tepat sampai lewat maghrib tapi selama acara saya nggak merasa bosan. Hebat.. Makasi femaledaily dan para sponsor untuk blogger workshop yang keren banget. Semoga next time diadakan lagi dan saya bisa ikutan lagi. Yang paling penting, semoga ilmunya bisa saya aplikasikan ke blog. Amin..

Foto brg mbak Raiyani


4 comments:

  1. Iyaaa acaranya kece banget. Coba ya kalo ada bginian lagi kita ajakin itu neng yang satu lagi xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan konon bakalan ada lagi ya? Ikutan lg yuks,,, Rayu suami buat jaga bocil seharian.. Haha..

      Delete
  2. Replies
    1. Halo mbak, aku ingat lihat dirimu. Hehe.. Iya seru n ga ngebosenin meski seharian..

      Delete