October 31, 2014

Menikmati Colours of India di Signature Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta


dari Kempinksi

India.Yang langsung terlintas dalam pikiran saya saat mendengar nama negara itu disebutkan adalah Kuch Kuch Hota Hai. Film yang suskes membuat pemainnya, Shah Rukh Khan makin digilai wanita itu juga menjadi salah satu tontonan saya. Berulang kali. Hihi..


tampak depan The Signature Restaurant

Adanya darah Bali yang diturunkan oleh ayah saya, membuat saya semakin akrab dengan cerita – cerita India / Hindu. Mulai dari cerita Ramayana, Mahabaratha, dewa – dewi yang ada dalam kitab sampai hari – hari besar keagamaannya. Karena itu saat menerima undangan dari Hotel Indonesia Kempinski untuk menghadiri Colours of India di The Signature Restaurant, saya sangat senang. Selain memang saya sudah cukup familiar dengan masakan berbumbu rempah, juga karena terbayang bisa mencicipi makanan khas India tanpa perlu terbang ke negara asalnya.  Mantap..


3 hari sebelum kedatangan, saya menghubungi The Signature Restaurant untuk melakukan reservasi. Bukan apa – apa, karena saya memilih untuk datang di hari Minggu siang yang tentunya restoran akan cukup ramai. Sebelumnya saya sudah janjian dengan Mia, Yeye dan Indah untuk memilih hari dan jam yang sama. Saat tiba di lobi Hotel Indonesia Kempinski suasana nyaman langsung terasa. Lihat saja, belum – belum saya sudah berfoto di kursi yang unik ini.







Bendera Indonesia dan India diletakkan berdampingan di depan meja resepsionis

Nuansa India dihadirkan dengan beberapa ornamen yang di letakkan di pintu masuk restoran, bendera India sampai hiasan gajah yang cantik. Adanya alunan musik khas India juga menambah kentalnya suasana India di The Signature Restaurant. Setelah mengetahui dimana tempat duduk kami, saya langsung bergerilya mencari makanan India yang akan saya santap. Setelah berkeliling, akhirnya saya sampai di bagian Roti Paratha. Yess.. Sebagai penggemar roti Paratha di berbagai gerai baik di Jakarta ataupun saat saya ke Singapur / Malaysia, roti paratha dengan cita rasa India ala The Signature Restaurant tidak boleh saya lewatkan.








Pendamping untuk Roti Paratha



Cara terbaik untuk menyantap roti paratha adalah dengan tangan. Maka saya pun memutuskan cuntuk melakukannya. Saat roti paratha bertemu dengan lentil dan kuah kari yang kental, wahh rasanya tangan ini nggak mau berhenti untuk terus memasukkannya ke mulut saya.




Selesai dengan Roti Paratha saya pun bergerak ke makanan utama. Menu makan siang saya kala itu adalah

Narag Charu ( Lemon Rice), Nasi dengan cita rasa lemon dengan campuran kacang tanah dan daun kari.. Beras yang digunakan tampaknya didatangkan langsung dari India, karena bentuknya yang panjang - panjang. Meski aroma lemonnya sangat terasa, saya tetap bisa menikmatinya.

Malabar Prawn Cury (Prawn Cury), Udang saus kari dengan tekstur kuah yang super kental. Sangat berbeda dengan kari yang biasa kita sajikan. Kari yang ini selain bumbunya terasa lebih menggigit juga memiliki rasa yang pas. 

Subz Kholapuri (Pot Pouri of vegetable and Hot Spices), berisi campuran beberapa sayuran seperti wortel, kacang polong dan kentang yang juga memiliki rasa yang enak. Dengan baluran kuah kuning yang juga kental semakin menambah letupan cita rasa India di mulut saya.

Ulli Wada ( Bengal Gram Patties) alias perkedel kentang kalau menurut saya. Tapi perkedel kentang ala India ini tidak telalu lembek. Malah cenderung memiliki kulit luar yang keras tapi tetap renyah.


yummy lunch


Semua makanan India yang saya nikmati ludes tak bersisa. Entah karena lapar atau karena sambil mengobrol dengan teman - teman. Tapi satu yang pasti, semua karena kehebatan Chef di balik semua makanan ini dalam mengolah dan menghadirkan citarasa India pada kami. Jadi penasaran siapa ya chefnya?



Setelah makanan utama habis tak bersisa, waktunya pencuci mulut. Saat berjalan ke arah pencuci mulut di bagian Buffet India, saya sempat melihat beberapa pencuci mulut disana. Namun menurut saya terlalu berat, jadi saya tidak mengambilnya dan lupa untuk mengambil fotonya. Duh.. Sepanjang yang saya bisa ingat, pencuci mulut ala India kemarin ada yang berupa bubur dan semacam ubi dengan (tampaknya) siraman kuah santan. Akhirnya saya menutuskan untuk berkeliling ke stall pencuci mulut yang lain dan mengambil beberapa  dari mereka.




suasana Signature Restaurant yang ramai




Selesai menikmati pencuci mulut kami memutuskan untuk bertanya pada salah seorang Chef yang ada mengenai siapa Chef yang memasak semua hidangan India ini. Ternyata ia berbaik hati memanggilkan seorang Chef yang didatangkan langsung dari New Delhi. Dialah Chef Aswani Kumar Singh. Seorang Chef yang sudah berpengalaman selama 16 tahun dan sudah memenangkan penghargaan sebagai Chef Terbaik. Wah, pantas saja semua masakannya betul - betul enak. Secara singkat Chef Aswani menceritakan tentang Colours of India ini. Ternyata ada 17 menu India berbeda yang disajikan setiap harinya. Yang kami rasakan hari itu adalah menu khas dari Pantai Timur India. Setelah beliau selesai menjelaskan tak lupa kami minta untuk berfoto bersama. Kalau saja boleh membawa pulang satu rantang masakan India, pastinya saya tidak akan menolak.




Terima kasih pada Mbak Natasha, staff The Signature Restaurant dan tentunya pada Chef ASwani yang sudah memberikan saya kesempatan merasakan kuliner khas India. 

The Signature Restaurant
Lobby Hotel Indonesia Kempinski
Jl. MH Thamrin no. 1
Jakarta
021 - 2358 3898

Opening Hours : 06.00 - 22.00



Note :

Keberadaan Colors of India di The Signature Restaurant bukanlah tanpa alasan. Restoran ini memang sering mengambil tema masakan berbagai negara di dunia untuk memberi variasi pada menu makanan mereka. Tahun ini Hotel Indonesia Kempinski melalui The Signature Restaurant memilih India dengan keunikan citarasa rempah sebagai tema. Bukan tanpa alasan Hotel Indonesia Kempinski memilih India, karena di bulan Oktober ini di negara asalnya sedang berlangsung Diwali Festival atau yang dikenal dengan sebutan Festival of Light. Festival Diwali adalah Festival Hindu kuno yang menggambarkan kemenangan melawan kebaikan, kebaikan melawan kejahatan dan pengetahuan melawan keburukan. Semangat dari Festival Diwali yang diusung oleh Hotel Indonesia Kempinski adalah dengan berbagi kesempatan untuk memperoleh pendidikan. Hotel Indonesia Kempinski akan melaksanakan program donasi melalui Donate Your Luck untuk mendukung pembangunan SD Pembangunan Masyarakat di daerah Gunung Sahari. Para tamu yang datang dapat iut serta dengan cara membeli tiket seharga Rp 100.000. Selain tiket juga ada berbagai macam voucher dengan Grand Prize menginap 1 malam di Presidential Suite yang bernilai 200 juta selama 1 malam. 



4 comments:

  1. tempatnya asyik juga, mak. mana bisa mencicipi masakan luar negeri yang lengkap dengan liat bumbunya, yang notabene jarang bisa dilakukan sama masyarakat luas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempatnya emang kece mak, iya betull kesempatan yg jarang bgt. kmrn sbnrnya ada nari2 Indianya jg. cmn foto2 yg kuambil krg bgs. Cukuplah kmrn makan sambil goyang2 dikit. haha..

      Delete
  2. Duh jd kepengen mkn masakan chef Ashwani lg nih :D

    ReplyDelete