November 2, 2014

#PlayIQID : Lebih Dari Main , persembahan Fisher Price untuk Anak Indonesia



Menyaksikan perkembangan anak mulai dari lahir tentunya merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Beruntung sekalis aya dan suami diberi kesempatan untuk merasakannya. Setelah Rafasya lahir, cuti melahirkan pun berubah menjadi keputusan final untuk menemaninya setiap saat. Semua yang menyangkut Rafa saya kerjakan sendiri. Memandikannya, membuatkan makanan, mencuci setrika bajunya sendiri dan juga bermain. Ya, bermain.Selain tidur dan berceloteh, bermain merupakan tahapan yang penting bagi anak untuk dilalui.  Dengan bermain saya menjadi lebih tahu mengenai kemampuannya sudah mencapai tahapan mana. Kalau dulu saya hanya mengira-ngira dan harus mencari berbagai sumber untuk mencocokkan kemampuan Rafa dengan usianya, kini tidak lagi. Fisher Price, produsen mainan yang sudah sangat terkenal memperkenalkan konsep bermain yang paling mutakhir dari mereka yaitu "Play IQ, lebih dari Main".



Mommys Blogger Gathering and Workshop yang diadakan oleh Fisher Price Sabtu 25 Oktober 2014 kemarin di Toys City, dipilih sebagai salah satu sarana untuk memasyarakatkan konsep #PlayIQID oleh Fisher Price. Menurut Meiyin Leong, Head of Marketing Mattel South East Asia, konsep #PlayIQID ini merupakan sarana untuk membantu orang tua dalam memahami 3 pilar perkembangan yaitu fisik, kognitif dan sosial - emosional anak. Setiap anak tertunya adalah individu yang istimewa. Karenanya masing - masing anak akan menunjukkan hal yang berbeda pada 3 pilar tersebut. Disinilah "Play IQ, lebih dari Main" membantu orang tua dengan menjelaskan secara rinci perkembangan 3 pilar tersebut pada masing - masing anak agar orang tua dapat memberikan stimulasi cara bermain sampai mainan yang tepat sesuai dengan umur atau tahapan tumbuh kembangnya.






Bagaimana Fisher Price membantu orang tua?

Fisher Price telah mengidentifikasi 87 jenis tahapan atau pencapaian dalam tahap perkembangan anak di usia 0-24 bulan melalui gambar - gambar seperti di bawah ini.




Selain itu dengan masuk ke dalam website #PlayIQID dan menjawab beberapa pertanyaan yang ada, kita akan mengetahui termasuk kategori yang manakah buah hati kita. Kategori ini dinamakan persona oleh Fisher Price. Ada 7 Persona Play IQ yang sudah diidentifikasi oleh Fisher Price, yaitu :
  1. The Little Legend
  2. The Learner Lover
  3. The Natural Charmer
  4. The Small World Explorer
  5. The Born Leader
  6. The Crowd Favourite
  7. The Big Time Player






Adanya 7 Persona Play IQ ini akan membantu orang tua dalam mengetahui minat dan talenta anak sejak dini. Cathy Sharon, sebagai duta Fisher Price, sudah menerapkan konsep Play IQ pada anaknya Jacob. Cathy yang kemarin tampil senada dengan Jacob mengatakan bahwa Fisher Price dengan Play IQnya sangat membantu dirinya dan juga suami dalam memantau perkembangan dan potensi Jacob. Waahh, coba sejak rafasya lahir Fisher Price sudah memperkenalkan konsep Play IQ ini ya. Gpp deh untuk pembelajaran kalau nanti dikasih kepercayaan lagi sama Allah.(coba bantu diAminkan yah. :D)




Workshop kemarin juga menghadirkan Psikolog ternama, mbak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi mengatakan bahwa anak harus memiliki waktu yang banyak untuk bermain. Selain menemani anak bermain kita juga harus bisa memberikan stimulasi pada anak lewat mainan yang tepat. Ada banyak cara bermain yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi buah hati kita sesuai umurnya. Beberapa contoh bisa dilihat di bawah ini.





Dengan cara bermain seperti ilustrasi di atas, Fisher Price hadir dengan beragam mainan yang sesuai sebagai stimulus untuk anak mencapai ke tahapan tumbuh kembang selanjutnya. 



Masih menurut Mbak Vera, bermain itu memang penting untuk anak. Namun bukan berarti sepanjang waktu bermain anak kita selalu ada di sisi anak untuk menemaninya. Anak perlu dilatih untuk bermain sendiri, bahasa masa kini nya , anak juga perlu me time. Hihi.. Dengan bermain seorang diri, anak akan menggunakan imajinasinya dan pemahamannya sendiri tanpa diarahkan oleh orang tuanya. Hal ini juga merupakan stimulasi yang penting untuk anak, karena anak akan melatih otak untuk berfikir kreatif bahkan menemukan cara bermain yang lain dari biasanya.




Foto dr Yeye


Wah, ternyata dengan bermain banyak hal yang terjadi ya pada diri anak kita. Masih pernasaran dan membutuhkan info lebih lanjut mengenai #PlayIQID? Silahkan meluncur ke Fanpage, Twitter, Instagram dan tentunya website Fisher Price. Selamat bereksplorasi dengan konsep bermain Play IQ, Lebih dari Main!

Rafa langsung sibuk main dgn storybook rhymes, goodiebag dr Fisher Price..




12 comments:

  1. Gudibeknya maknyus...seru acaranya ^^

    Itu kathy sharon sama tingginya ya :D
    Aamiin moga dikabulkan nambah lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda dikit kan yaaa aku sama neng cathy. hahaha... Amin, makasi makk..

      Delete
  2. Replies
    1. Alhandulillah mbak, rafa lsg nyanyi2 dia. hihi.. fisher price memang kece deh..

      Delete
  3. Replies
    1. hihihi... Alhamdulillah rejekinya Rafasya nih tante...

      Delete
  4. Bermain adalah dunianya, dan emaknya juga happy klo nemani main, lupakan cucian piring & gosokan yuk main :v :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt mak icoel. biarin deh setrikaan numpuk, ntar tinggal ks laundryan u nyetrika. haha

      Delete
  5. Woo..kpn ya ikut acara goodie bagnya keceh gt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah segera yaaa. ini jg ga nyangka, rejekinya Rafa banget ini. hihi..

      Delete
  6. acaranya seruu...pengin foto sama cathy #eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudh foto sama aku aja ya.. #eh hahaha

      Delete