January 21, 2015

Pilgrimage by Didi Budiardjo

Senin , 19 Januari kemarin saya Dan Rafa berkesempatan menghadiri pameran yang bertajuk "Pilgrimage" di Museum Tekstil. Pameran ini merupakan persembahan seorang Didi Budiardjo yang telah menjalani Karirnya selama 25 tahun di bidang fashion Indonesia.


Saya termasuk yang beruntung karena bisa mengikuti tur keliling Museum Tekstil, yang disulap menjadi panggung - panggung yang menampilkan lebih dari 70 karya, dipandu oleh sang maestro fashion sendiri. Mas Didi menceritakan ruangan demi ruangan beserta penjelasannya pada baju - baju yang ada. Semua karyanya sangat memukau rombongan tur yang ikut serta, termasuk saya. Jadi mohon maaf kalau  postingan kali  ini akan bertabur foto. 




Pameran fashion di Museum Tekstil ini terbagi menjadi 14 ruangan. Masing - masing ruangan menampilkan hasil kerja keras seorang Didi Budiardjo yang sangat detail yang terlihat pada penggunaan bahan juga material lain pada sebuah pakaian. Selain pakaian ada pula aksesoris juga kain - kain tradisional baik milik Didi Budiardjo atau pinjaman dari sahabat dan Museum Tekstil.


Ruangan Atelier
Fashion is my constant beating heart - Didi Budiardjo

Can u guess what material is used in this lovely dress?

It's made from paper !!

2 karya sang fashion desainer diletakkan di samping mood board miliknya






Ketiga foto di atas adalah karya - karya yang ditampilkan pada ruangan White. Lihatlah penggunaan resleting pada jumpsuit yang terinspirasi dari  anatomi tubuh manusia pada foto di bawah ini. Super sekali ya..





Ada pula penggunaan aksesoris kepada Suntiang pada dress merah ini. Beberapa tenun Bali, kain batik sampai Kebaya juga ditampilkan pada pameran ini.



Ini adalah mood board Seorang Didi Budiardjo

Ruangan yang juga membuat saya berdecak kagum adalah "Boudouir". Ada 3 pakaian yang ditampilkan di ruangan ini. Ketiganya menggunakan teknik bordir yang berbeda - beda. Dress putih yang di sebelah kiri, memiliki 14 panel yang dikerjakan oleh 14 orang ibu - ibu. Dress yang di tengah itu bordirannya berbentuk Ikan mas koki. Jadi Rafa betah di ruangan ini. Hehe.. Sementara dress yang paling kanan itu disulam sedemikian rupa sehingga menghasilkan ombré. 






My clothes are my daughter

Prelude Room



Nocturne Room


Backstage Room

Sekali - kali pasang foto sama desainer yaa..

Private Tour for Bloggers and Media


Wah rasanya masih banyak lagi foto yang ingin saya masukkan di postingan ini. Terima kasih banyak pada Didi Budiardjo yang sudah menyelenggarakan pameran fashion ini. Sebagai warga negara Indonesia saya bangsa sekali. Saya yang termasuk masyarakat awam dalam dunia fashion saja betah menghabiskan 1,5 jam menikmati setiap detail dari karya Beliau. Untuk yang penasaran, monggo langsung mampir ke Museum Tekstil. Please make time to see the exhibition. You will be blown away.


Pilgrimage by Didi Budiardjo 
16 - 25 Januari 2015
Museum Tekstil
Jl. Aipda KS. Tubun No 2-4
Tanah Abang




13 comments:

  1. Mupeng banget ayuu.. mau kesana in syaa Allah weekend inih ☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... make time deh buat ksana. ga nyesel. bagus2. denger2 bakalan diperpanjang smp akhir jan lho. entah betul apa nggak..

      Delete
  2. Baguuus banget yaa ternyataa... Jadi makin pengen kesanaaa huhuhu

    ReplyDelete
  3. Suka banget sama karyanya Didi Budiarjo, cantik, etnik dan membuat wanita terlihat beda.

    ReplyDelete
  4. Andaikan baju - bajunya itu bisa dipakai :D

    ReplyDelete
  5. Detail-detail di bajunya keren bangeeet >_<
    Jadi pengen kesana dehhhh

    ReplyDelete
  6. keren saya jadi inget sama karya seorang desainer juga paman dari suami saya namanya Irsan, lihat2 karyanya melalui foto saja luar biasa ya apalagi liat aslinya ya :)

    ReplyDelete
  7. baju yang terbuat dari kertas, unikbanget ya designnya juga bagus

    ReplyDelete
  8. Bagus buyuuu.. Sukaaa liat design2nya..

    ReplyDelete
  9. kok kereeen mba Ayuuu.. ini sampe kapan pamerannya? pengen kesana.. tapi biasanya wacana doang *hiks

    ReplyDelete
  10. Baru sempet follow Mba Ayu, keren banget Mba, besok sabtu mau langsung ke sana ahh :D

    ReplyDelete
  11. Sebuah karya yang dilakukan dengan hati, sungguh-sungguh, dan ketrampilan. Luar biasa. Foto-fotonya wow.

    ReplyDelete