October 12, 2015

Taman Main Day care, Bukan Sekedar Tempat Penitipan Anak

Penitipan anak? Ih, nggak banget deh. Emangnya nggak serem apa anak kita ditinggal di suatu tempat bersama orang yang belum kita kenal? Belum lagi banyak cerita dan video mengenai nanny yang 'nakal' . Duh, nanny yang tinggal di rumah sama kita aja serem apalagi penitipan anak. Yang notabene orang - orangnya belum kita kenal. Mungkin itu yang ada di benak orang - orang pada sekitar tahun 90an. Tapi hey, day care a.k.a tempat penitipan anak menjadi solusi paling tepat bagi orang tua bekerja di Jakarta. Karena itu nggak heran saat ini sudah banyak day care yang bermunculan.



Sebuah tempat di bilangan Wijaya bernama Taman Main Day Care hadir untuk menambah pilihan tempat penitipan anak bagi para orang tua. Sabtu 3 Oktober yang lalu saya diundang untuk menghadiri launchingnya. Saat menerima e-mail nya saya sudah excited untuk datang. Kenapa? Karena saya saya membuka websitenya taman main ini terlihat bahwa setiap permainan yang ada sampai ke area kamar tidur dibuat dengan menggunakan konsep yang jelas. Yang pasti super seru dan menyenangkan untuk anak. Lha wong saya sebagai orang tua saja senang melihatnya. Hihi..




Lokasi taman main yang ada di Jl. Wijaya sangat mudah dicapai bagi orang tua yang bekerja di seputaran blok M, SCBD, Sudirman dan sekitarnya. Taman Main Day Care ini tidak terletak di jalan umum, tentunya membuat kita sebagai orang tua merasa aman ya. Karena seperti kita ketahui anak - anak di usia toddler khususnya memiliki kecenderungan untuk berlari - lari. Kebayang nggak kalau lokasi day care atau bahkan sekolah, ada di pinggir jalan yang ramai lalu lintasnya. Tentunya demi alasan menambah rasa aman Taman Main Day Care juga memiliki security dan kamera CCTV di beberapa tempat untuk memonitor anak - anak.

Masuk ke Taman Main Day Care kita akan disambut oleh loker tempat anak menyimpan perlengkapan mereka seperti sepatu, jaket atau topi yang memiliki lantai rumput sintetis. Masuk ke bagian dalam, kita akan menemukan dapur. Di sekitar dapur ini ada juga beberapa mainan untuk anak seperti dapur - dapuran dan kereta belanja. Bersebelahan dengan dapur ada beberapa meja makan untuk anak - anak. Kemudian di ruang tengah, ruangan yang membuat Rafasya susah sekali diajak move on ke ruangan lain :D, di ruang tengah ini ada beragam buku bacaan untuk anak dan juga pohon buatan. Tembok papan tulis, beberapa bentuk hewan yang bisa dijadikan meja, atau dipanjat bagi Rafa :D. Beberapa mainan dan piano playmat juga menambah seru ruang tengah ini. 







Rafasya dan Kak Langit serius banget ya baca bukunya


Lanjut ke 2 kamar di sebelah ruang tengah adalah kamar tidur. Karena ini Day Care ya, jadi area tidur adalah hal yang cukup penting. Kamar tidur terbagi menjadi 2, kamar tidur bayi dan juga kamar tidur anak. Saat masuk ke kamar tidur anak, Rafasya langsung merasa menemukan kebahagiaan yang jauh di atas ruang tengah. Kok bisa? Lihat saja bentuk tempat tidurnya. Berupa tempat tidur susun dengan bentuk rumah. Tentunya Rafa memilih tempat tidur yang di atas. Suatu alasan supaya bisa memanjat kan ya.Saat saya ajak keluar dan melihat ruangan lainnya, Rafa pun berpesan bahwa tempat tidurnya nanti harus yang seperti itu. Hahaha..



Selain ruangan yang telah saya sebutkan diatas, ada pula ruangan yang terletak di belakang. Ruangan itu adalah ruangan untuk bermain dengan warna. Mewarnai dan mencampur cat air selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Dari mewarnai di meja dengan menggunakan pensil warna apalagi bermain cat air dan melukisnya dengan jari - jari mungil mereka. 




Di depan ruang ini terdapat area terbuka yang dengan pintarnya diubah menjadi area bermain pasir. Yippie... Anak kecil mana yang nggak suka dengan messy play apalagi bermain pasir. Salah satu bak pasir yang ada sengaja dibuat berbentuk perahu. Di belakang pasir - pasir ini terdapat 3 Kran untuk mencuci tangan. Ada tembok putih bertekstur disitu, tampaknya lebih menyenangkan jika dibuat mural yang lucu - lucu. Tapi hanya dengan bak pasir yang ada ditambah peralatan bermain pasir saja sudah membuat Rafa betah berpanas - panasan.






Lantas, apa yang membedakan Taman Main Day Care dengan penitipan anak lainnya? 

Para care giver yang ada merupakan orang - orang dengan latar belakang pendidikan. Jadi orang - orang yang akan menemani anak kita seharian adalah orang - orang yang kompeten di bidangnya. 

Latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh care giver ini membuat metode bermain yang ada di Taman Main Day Care ini memiliki panduan yang jelas. Semua kegiatan motorik kasar dan halus sampai ke buku bacaan dan permainan akan mengacu pada umur anak.

Day Care yang mengawali launchingnya dengan menanam pohon ini juga memiliki dasar pendidikan Islam. Jadi semua anak akan diajari doa - doa muslim. Poin plus untuk kita umat muslim ya. 




Bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. 

Usia anak yang disarankan adalah bayi berusia 3 bulan sampai 4 tahun. Karena di atas 4 tahun biasanya anak sudah mulai memiliki kegiatan seperti bersekolah. Namun tidak menutup kemungkinan untuk orang tua yang ingin menitipkan anaknya disini. Ada pilihan halfday bahkan weekend. Biaya yang diberikan tergantung dengan berapa lama anak akan dititipkan. Bisa harian atau bulanan.  Psst , untuk bulan - bulan ini harganya masih bisa dibicarakan lho.. 

Kapasitas per hari anak di Taman Main Day Care ini adalah 15 anak untuk bayi dan toddler. Nantinya akan berkembang menjadi maksimal 30 anak. Perbandingan yang digunakan adalah 1 care giver untuk 2 bayi dan 1 Care giver dengan maksimal 4 toddler.

Makanan yang disediakan di Taman Main Day Care ini adalah makanan yang bebas MSG dan pemanis buatan. Jadi para orang tua tidak perlu khawatir akan asupan gizi yang didapat saat anak - anak kita bermain Taman Main. Kita juga diperkenankan membawa bekal yang disukai anak, jika anak kita memiliki alergi sebaiknya diberitahu ke Taman Main Day Care agar makanan yang dikonsumsi anak aman dan tidak menyebabkan alergi.

Taman Main Day Care juga memiliki Dokter. 
Dokter Anak : dr. Arifianto dari Markas Sehat
Dokter Gigi : drg. Rizki 
Psikolog : Binky Paramitha dari Rumah Dandelion

Cara kerjanya : jika ada kejadian darurat, Taman Main Day Care akan melapor pada dr. Arifianto juga akan meminta dokter terdekat untuk datang dan melakukan tindakan. Taman Main Day Care akan bekerja sama dengan rumah sakit terdekat untuk membawa si anak ke sana. Tentunya semua ini dilakukan dengan sepengetahuan orang tua. Untuk psikolog akan datang sebulan sekali untuk melakukan assesment pada setiap anak sekaligus mengadakan sesi konsultasi jika ada orang tua yang ingin hadir dan bertanya. 

Taman Main Day Care memiliki laporan bulanan, jadi setiap 3 bulan sekali orang tua akan menerima laporan perkembangan anaknya. Selain itu setiap hari orang tua akan dikirimkan minimal 3 buah foto anak yang sedang beraktivitas di Taman Main Day Care. Bisa request video anak juga lho. 




Wah, kalau melihat deretan hal - hal yang membedakan Taman Main Day Care dengan Day Care lain rasanya saya bisa mengatakan bahwa Taman Main Day Care bisa menjadi semacam semi sekolah ya. Karena sambil beraktivitas di Taman Main anak - anak akan diajarkan cara melakukan sesuatu sesuai milestone sambil belajar semua aktivitas yang berbau Islami dengan sistem keamanan dan kesehatan yang terjaga. Komplit jadinya. Jadi, benar kan bahwa Taman Main Day Care itu bukan sekedar Day Care






Taman Main Day Care
Jl. Wijaya XVI No 23 Jakarta Selatan 
0813. 1413. 6300
Twitter : @tamanmain
IG : @tamanmain
www.tamanmain.co.id

9 comments:

  1. Fasilitas lumayan lengkap y, bersih pulaaaa,

    ReplyDelete
  2. Wahh bagus yah, nti aku share ke temen yg butuh daycare ah :)

    ReplyDelete
  3. Aiih keren banget ya fasilitasnya. Ini mah Emaknya yang pengen dititip di sini. Hahahha xD

    ReplyDelete
  4. Beberapa yang aku kenal sekarang milih Day Care untuk pengganti Playgroup/Taman Bermain

    ReplyDelete
  5. Tempat tidurnyaaaaaaa <3 Jangankan Rafa, aku juga jadi kepengen manjat wkwkwkwk
    Bagus banget ya mbak day care nya, fasilitas + dokter2nya oke... bisa buat nitip harian juga ya hihihiii

    ReplyDelete
  6. Ih seru bgt kak, syg nya blm punya bibit sih hehehehehehe :p

    ReplyDelete