November 9, 2015

Bermain bersama Rafasya yuks..

Setiap orang tua tentunya mengharapkan anaknya tumbuh dan berkembang menjadi yang terbaik. Tentunya dalam upaya mewujudkan hal tersebut orang tua juga perlu membantu merangsang anak. Jenis rangsangan yang diberikan sebaiknya berupa permainan agar anak merasa tidak terbebani saat melakukan aktivitas yang dimaksud. Berikut adalah beberapa aktivitas bermain bersama anak yang sudah saya lakukan bersama Rafasya.

1. Menggunting
Rafasya sudah mulai saya ajarkan menggantikan sejak berusia 2 tahun lebih. Tentunya dengan menggunakan gunting khusus anak ya. Dengan berlatih menggunting mengikuti pola yang sudah disediakan, anak akan melatih kemampuan mereka dalam menggenggam gunting dan berkonsentrasi.  Untuk kegiatan menggunting ini Rafasya lebih cepat bosan. Harus berlatih sabar nih berarti.



2. Menempel
Kegiatan yang awalnya kurang disukai Rafasya ini, sekarang mulai masuk menjadi kegiatan yang sering ia tanyakan. Dulu, ia merasa risih dengan tangan yang lengket karena lem. Saya menyiasatinya dengan  memberikan lem dalam kemasan agar tidak mengotori tangannya. Namun, ternyata Tangan yang lengket membantu Rafasya untuk mengenal tekstur. Jadi sekarang selain menggunakan lem dalam kemasan, saya suka menggunakan lem yang dicolek. :D Lihat bagaimana ia sangat serius mengerjakan proyek tata surya.



Bermain sambil menempel ini juga dilakukan di  Taman Main Day Care. Lihat nih karya teman - teman yang menempel di piring kertas.



3. Bermain Pasir
Kegiatan bermain pasir ini langsung menjadi kegiatan favorit Rafasya. Awalnya ia pergi Field Trip ke Ancol dengan teman - teman di sekolahnya. Begitu pulang Rafasya langsung bercerita tentang keseruan mereka bermain pasir disana. Saat saya mengajaknya berkunjung ke Taman Main, bak pasir langsung menyita perhatiannya.




Bermain pasir, baik basah maupun kering bermanfaat untuk menstimulasi panca indera perasa anak. Jika bermain pasir ini ditambah dengan alat - alat atau mainan yang berfungsi sebagai wadah atau alat kerja lainnya, anak akan semakin betah. Dijamin anak nggak mau udahan mainnya.

4. Memanjat
Kalau yang ini sih bukan kegiatan favorit Rafa lagi, tapi sudah mengalir dalam darahnya untuk memanjat. Sepertinya kalau dalam 2 jam nggak manjat - manjat sesuatu, badannya langsung sakit semua. Kegiatan memanjat ini bermanfaat untuk koordinasi tangan, kaki dan juga mata yang tentunya berawal pada otak. Saat akan memanjat, anak perlu menempatkan tangan dan kaki mereka pada posisi yang tepat agak tidak jatuh. Kalau Rafasya, di rumah biasanya memanjat tangga yang sering saya gunakan untuk menyimpan barang di tempat tinggi.



Sebenarnya ada banyak aktivitas lain dalam mengajak anak bermain yang menyenangkan selain ke 4 aktivitas di atas. Ada bermain puzzle , mewarnai, bermain lego, bermain masak - masakan (iya Rafa juga main masak - masakan lho) atau berlari - lari di taman. Next tipe saya sambung lagi ya. Oh ya, ke 4 aktivitas diatas bisa dilakukan anak kita saat berada di Taman Main lho. Menyenangkan sekali ya, bisa menitipkan anak tanpa harus khawatir sembari si anak bisa bermain sekaligus melatih kemampuan mereka. Penasaran? Berkunjung deh ke Taman Main. Kalau teman - teman, anak atau keponakannya suka beraktivitas apa?



14 comments:

  1. Replies
    1. Hihi... sama yaa sama Selma hobinya. Skrg udh nggak hobi manjat ya mak?

      Delete
  2. De Zaudan juga suka menggunting dan menempel. Saking sukanya, buku emaknya sering jadi sasaran.:)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... kreatif ituu. Bosen ah gunting2 buka anak2, buku org dewasa lbh menantang nih. Gtu kali dipikirnya mak..

      Delete
  3. Manjat, butuh konsentrasi tinggi. anak saya juga suka, tapi terkadang was-was juga huehue &_& emaknya yg malah ketar-ketir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaaa... sbnrnya deg2an yaa, tapi kan memang bs membuat anak jd lbh fokus malahan.. jd yaa, diliatin aja sambil siap2 nangkep.. :D

      Delete
  4. Rafa seneng banget ya di Taman Main? Kayaknya tempatnya asyik n cozy ya buat anak2. Meluncur deh ke webnya, liat-liaaat. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukaaaaaa bangetttt tanteee... Nagih melulu nih kapan mau kesana. Lhaa, dia kira Taman Main itu semacam playground kali yaa. Hihi...

      Delete
  5. Replies
    1. Seru sendiri kan ya kalau anak sudah main..

      Delete
  6. Replies
    1. Pasti betah kan berlama - lama.. seru banget soalnya main pasir itu

      Delete