February 2, 2016

Adakah "Berbagi Sehat" pada Gadget Ayah Bunda?


28 Januari 2015 kemarin, saya menghadiri peluncuran aplikasi "Berbagi Sehat" yang diprakarsai oleh Lifebuoy di Goods Diner SCBD. Dalam membuat aplikasi ini Lifebuoy bekerja sama dengan klikdokter.com. Jadi insya Allah semua informasi yang ada di aplikasi berbagi sehat ini terpercaya dan bisa diandalkan. Karena tim klikdokter.com mengolah dan mencari informasinya melalui jurnal kesehatan, buku kesehatan dan juga dari kejadian langsung.




Trus bagaimana aplikasi Berbagi Sehat ini bisa membantu Ayah Bunda? Sekarang coba donlot dulu ya aplikasinya di gadget Ayah Bunda sekalian. Baik Android maupun iOS sudah bisa digunakan untuk menikmati aplikasi ini. Nanti setelah aplikasinya terinstall, ayah bund harus login terlebih dahulu. Kemudian akan terlihat tampilan seperti berikut



Aplikasi berbagi sehat ini terbagi atas 3 bagian, yaitu Gejala dan Penyakit, Diary Kesehatan dan Radar Virus Infeksi. Yuk, kita lihat satu per satu.

Gejala dan Penyakit
Pada bagian ini kita bisa mengetik gejala yang terlihat pada buah hati atau bahkan kita sendiri. Nggak hanya satu gejala, kita bisa menambahkan gejala lain sampai menemukan kira - kira penyakit apa yang sedang kita derita. Semakin banyak gejala yang kita masukkan, semakin mengerucut pula hasil yang akan muncul. Misalnya, saat kita mengetikkan batuk akan muncul 10 penyakit dengan gejala batuk. Namun saat kita menambahkan gejala pilek, penyakit yang ditemukan menjadi 4. Dan begitu seterusnya. Saat kita sudah menemukan penyakit yang cocok dengan gejala yang kita masukkan, kita tinggal klik di nama penyakit tersebut. Nanti akan ada 3 sub bagian lagi, yaitu deskripsi, gejala dan pencegahan. Komplit kan. Jadi ayah bunda nggak perlu panik. Namun tetap ya, semua yang ada pada aplikasi ini hanya acuan. Untuk hasil yang lebih jelas, monggo berkunjung ke dokter.

Diary Kesehatan
Bukan cuma kehidupan sehari - hari  atau kegalauan saat memilih tas yang perlu ditulis di Diary, namun catatan kesehatan anak juga perlu ditulis. Kenapa? Supaya saat berkunjung ke dokter, kita bisa memberikan informasi yang tepat. Sejak kapan si anak demam, apakah hari itu ia muntah? Berapa kali ia muntah? Dan lain sebagainya. Selain mencatat kesehatan anak kita juga bisa memasukkan catatan vaksinasi dan daftar alergi anak. Penting kan? Jadi nggak perlu repot membawa buku catatan dokter untuk melihat vaksinasi yang sudah dilakukan atau belum. Pada catatan Kesehatan kita bisa mencatat temperatur anak, lama sakit juga symptom checker yang berguna untuk memasukkan gejala yang diderita anak.

Radar Virus Infeksi
Dengan radar ini kita bisa mengetahui ada penyakit apa di daerah yang kita masukkan. Misalnya kita memasukkan daerah Lebak Bulus, nanti jika ada akan muncul penyakit yang sedang marak terjadi di daerah tersebut, 

Menurut saya aplikasi berbagi sehat dari Lifebuoy ini layak untuk disimpan di Gadget kita. Saat ini ada 62 penyakit yang sudah terdaftar. Ke depannya Lifebuoy dan Klikdokter.com akan menghadirkan live chat dengan narasumber. Jadi bisa konsultasi secara langsung, asyik ya. O,ya saat menggunakan aplikasi ini pastikan bahwa kita memiliki paket data. Karena aplikasi berbagi sehat ini adalah aplikasi yang memerlukan koneksi. Kenapa? Karena tim Lifebuoy dan Klikdokter.com mengupdate informasi yang ada pada aplikasi Berbagi Sehat ini setiap hari supaya tetap update. Jadi kalau koneksi sedang kurang stabil, bisa membuat kita nggak bisa mengakses informasi yang ada di aplikasi tersebut. Saya sempat mengalami juga kemarin, sewaktu ingin menggunakan Radar Virus di sekitar rumah. Hihi.. 

Sekarang, dengan aplikasi Berbagi Sehat ini nggak ada alasan kalau buku catatan dokter hilang kan?

5 comments:

  1. wah lifebouy niat ya buat aplikasi sepert ini :D keren :D makasih infonya Mba :D

    ReplyDelete
  2. Waaah menarik apps-nya ya buyuuu... Sayang HPku windows phone zzzzzz apps-nya ga lengkap >_<

    ReplyDelete
  3. Kmrn wkt Lea skt, aku pk apps ini lho #sombong

    ReplyDelete
  4. Langsung install aplikasinya aahhhh

    ReplyDelete
  5. Wah aplikasinya bermanfaat ya, konsepnya dapett banget ^^
    *brb download* hihiihi

    ReplyDelete