February 14, 2016

Contekan Agar Anak Mudah Bercerita

Situasi : di dalam mobil saat saya menjemput Rafa pulang sekolah

Assalamu'alaikum anak sholeh. Gimana tadi belajarnya di sekolah Raf?
Belajar? Orang Rafa bermain kok.
Oh, iya ya bermain. Bunda lupa.. Main apa aja tadi ?
Ya main - main banyaklah..
Ya main apa misalnya?
Kan Bunda udah tau di sekolah Rafa ada mainan apa aja. Makanya kalau besok Bunda mau tau Rafa main apa aja, Bunda ikut masuk dong ke kelas Rafa.
Dang!!

Gagal deh usaha saya untuk memancing Rafa bercerita tentang kegiatannya di sekolah. Percakapan di atas adalah percakapan asli lho. Asli dengan anak yang baru berumur 4,5 tahun. Masih balita aja sudah harus dipancing untuk bercerita, bagaimana nanti kalau sudah ABG ya? Harus bagaimana ya supaya anak mau bercerita tanpa merasa dipaksa?




Pada hari Kamis 3 Februari 2016 di Hotel Gran Mahakam, Mommiesdaily secara tidak langsung memberikan contekan tentang membuat anak bercerita dengan mengundang saya ke acara Launching Lotte Choco Pie. Acara yang diadakan diawali dengan menikmati hidangan makan siang dari Hotel Gran Mahakam. Setelah makan siang, media dan blogger yang hadir mengikuti jalannya mini Talkshow. 


Pada mini Talkshow yang dipandu oleh Inga sebagai MC, menghadirkan Maudy Kusnaedi ( Brand Ambassador Lotte Choco Pie ), Hanifa Ambadar ( Founder Femaledaily Network ), dan Oci C Maharani ( Brand Manager Lotte Indonesia) banyak terselip info - info yang berharga. Maudy Kusnaedi bercerita tentang bagaimana terkadang kesibukannya untuk bekerja dan juga jadwal anaknya Edi, membuat ibu dan anak ini sering nggak matching waktu senggangnya. Lain lagi dengan Hanifa Ambadar, yang akrab disapa Hanzky, menceritakan tentang survei yang baru - baru ini dilakukan oleh Femaledaily Network. Survei tersebut menemukan bahwa setiap harinya 'hanya' 3 jam waktu yang dihabiskan untuk kebersamaan ibu dan anak. Wow. Sebentar sekali ya. 



Karena itulah pertemuan yang singkat dalam menghabiskan waktu dengan anak ini harus dijadikan waktu yang benar - benar berkualitas. Supaya bonding yang tercipta antara ibu dan anak menjadi semakin kuat. Kalau Mpok Mod, sapaan Untuk Maudy Kusnaedy, biasanya memancing anaknya untuk bercerita dengan cemilan favorit. Saat Edi menikmati cemilan kesukaannya, biasanya ia akan menjadi rileks dan mudah untuk bercerita. Aha.. Iya juga tuh, dapat contekan deh saya. Biasanya sepulang sekolah, saat Rafa menikmati makan siang ia akan sedikit bercerita tentang bekalnya di sekolah. Bisa nih saya coba memancingnya menggunakan cemilan. Kebetulan Rafa, sama seperti anak - anak lainnya, menyukai cokelat. Cocok deh sama Lotte Choco Pie ini.


Apalagi menurut Mbak Oci, Brand Manager Lotte Choco Pie, sekarang cemilan enak ini sekarang memiliki wangi vanilla yang membuatnya semakin menggoda untuk dimakan. Ternyata, Edi anaknya Mpok Mod favorit banget sama cemilan ini. Bahkan anak - anak di Jepang sana akan merasa bangga jika di rumah mereka ada Lotte Choco Pie sebagai cemilan. Maklum saja, Lotte Choco Pie ini kan termasuk Premium Snack ya. Lihat saja dari kemasannya yang elegan dan rasanya yang enak. Meski begitu, harga cemilan ini terjangkau kok. Untuk kemasan isi 2, harga yang disarankan adalah sekitar Rp 6.500 . Namun harga tersebut hanya acuan, bisa berbeda - beda di setiap toko. 



Marshmallow putih dibungkus dengan soft Cake kemudian diselimuti dengan cokelat beraroma vanilla ini layak banget untuk jadi cemilan saat kita para ibu ingin menikmati quality time bersama anak. Rafa biasanya menikmati Lotte Choco Pie ini setelah tidur siang. Jadi sebelum main sepeda sambil menemani saya menyiram bunga, biasanya Rafa ngemil Lotte Choco Pie terlebih dahulu sambil main mobil - mobilan. 


Sambil ngemil dan main mobil - mobilan biasanya imajinasinya akan bekerja. Rafa suka membuat jalur macet, kemudian nanti akan ada ambulans yang harus meminta jalan karena harus buru - buru. Sambil ia bercerita tentang imajinasinya saya juga akan menyelipkan pertanyaan yang akan memancingnya bercerita lebih lanjut.

Wah panjang sekali macetnya, seperti kalau kita berangkat pagi tadi nggak ya?
Teman Rafa ada yang suka main macet - macetan juga nggak?
Biasanya kalau ada tanjakan apa ya yang harus dibaca? bunda lupa deh..

Pertanyaan - pertanyaan pancingan semacam itu biasanya akan membuat bibir kecilnya mengalirkan lebih banyak cerita. Selesai makan cemilan halal baru deh main keluar rumah. Waktu untuk membangun Premium Bonding Time antara saya dan Rafa yang lain adalah saat menjelang tidur. Saat Rafa sudah membaca doa, saya akan memberi tahu bahwa saya sangat menyayangi Rafa. Rafa selalu membalas dengan hal yang sama. Meski setelah itu ia akan terlelap tanpa ada cerita apa pun, namun momen kebersamaan yang tercipta dan ekspresi kasih sayang yang terucap membuat saya merasa dekat sekali dengan si anak bujang. Semoga dengan usaha saya, dan juga suami, untuk selalu ada dalam kehidupan Rafa menjadikan bonding antara kami selalu kuat. Karena dengan keadaan dunia yang sudah kacau balau saat ini, kami mendambakan menjadi orangtua yang selalu bisa menjadi tempat curhat Rafa (dan adik - adiknya kelak) agar kami selalu tahu apa yang dirasakan oleh anak kami.

Kalau Ayah Bunda Om Tante sekalian, biasanya melakukan apa nih saat memiliki waktu bersama buah hati, keluarga atau keponakannya? Siapa tahu bisa saya contek. Share yuk. Selain bisa share di komentar, bisa juga lho berkunjung ke Fan Page Lotte Choco Pie Indonesia dan share disana sembari ikutan kuisnya. Silakan diintip..

Foto milik Dwiyani Arta 



9 comments:

  1. biasanya sebelum tidur cerita sambil niruin suara2 yang lucu, dijamin anak2 bakalan ketawa2, dan akhirnya kalo udah ketawa, akan gampang buat eykeh mancing2 cerita dari Radit mengenai kegiatannya hari itu :D

    ReplyDelete
  2. Aaah choco pie!! Aku suka choco pie lotte ini hihihihi... paling enak & fluffy

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwkwk sama kak aku juga suka banget sama choco pie :3

      Delete
  3. Ayuuu tadi aku beli lagi 3 boks gede Choco Pie wkwkwk. Anak-anakku doyaaan. *emaknya pengsan*

    ReplyDelete
  4. Makasih ya BuYu tips buat pancingan ngobrolnya. Kalo A suka dipancing dengan cerita tentang gwnya dulu. Tadi siang ayah begini begitu loh, A tahu gak ini itu apa? Baru deh dia cerita. Hihihi.

    ReplyDelete