Martabak Kekinian (untuk saya..)

Martabak.
Jenis makanan yang satu ini tampaknya memiliki banyak penggemar. Mau martabak manis atau martabak telur, keduanya sama - sama menggoda. Biasanya saat di rumah orang tua, saya biasa membeli satu kotak martabak manis dan satu kotak martabak telur. Selain karena jumlah orang yang banyak, juga karena keduanya sama - sama disukai. Kalau di rumah saya mah jarang beli martabak. Karena bahaya, bisa - bisa saya yang menghabiskan sisa martabaknya. Haha..

Karena penghuni rumah yang hanya 3 orang, maka martabak jarang sekali ditemui di rumah saya. Martabak ini termasuk dalam kategori makanan #nggaksehattapienak buat saya. Coba saja hitung bahan baku yang digunakan untuk membuat martabak manis. Telur, tepung terigu dan mentega sudah harga mati. Belum lagi isiannya ada taburan gula pasir, taburan cokelat meises, taburan keju Cheddar, taburan kacang tanah dan beraneka ragam taburan martabak lainnya. Semuanya itu isinya hanya kalori kan?
Tapi kenikmatan saat menyantap martabak manis yang baru matang itu bener - bener deh. Bener - bener bikin pengen nyomot satu lagi. 




Ada apa nih tiba - tiba saya ngomongin martabak? Ya selain karena memang saya doyan makan, juga karena tadi malam saya baru mencicipi satu topping martabak manis yang baru saya ketahui. Di jalan pulang dari salah satu Mall tadi malam, saya kok merasa ingin ngemil. Saat saya utarakan pada suami, ia menyarankan agar saya mencicipi satu topping martabak Ini. Pada saat mendengar ada topping tersebut saya kaget. Memangnya ada ya topping itu di martabak manis? Karena penasaran maka kami pun mencari abang martabak yang menjual martabak ini. Dari 4 atau 5 penjual yang kami temui ternyata tidak ada yang menjual martabak dengan topping yang membuat saya penasaran. Saat kami sudah memutuskan untuk pulang, ternyata ada penjual martabak yang belum kami hampiri. Dan ternyata, topping yang saya cari ada! 

Mau tahu topping apa yang saya cari? Ini dia toppingnya..


Yup, ketan hitam alias ketan item. 




Inilah martabak kekinian untuk saya. Martabak ketan hitam. Adonan martabak manis panas yang diawali dengan olesan separuh porsi mentega (saya selalu meminta pada penjual martabak untuk mengurangi jumlah mentega yang dioleskan pada martabak manis pesanan saya, supaya nggak terlalu merasa bersalah sewaktu menyantapnya meski sebenarnya nggak ngaruh. :D). Dilanjutkan dengan topping ketan item, taburan kelapa parut dan gula pasir sebagai penutup. 




Bagi saya yang terlanjur memiliki kesan bahwa martabak itu ya martabak manis dan martabak telur, pertemuan dengan martabak ketan hitam ini memberikan citarasa baru. Ternyata malah dulunya martabak itu ya martabak ketan hitam ini. Meski sekarang tampaknya sudah jarang penjual martabak dengan topping ini. Sebagian besar penjual martabak adalah martabak bandung dan martabak kekinian. Dari sedikit obrolan dengan penjual martabak, ternyata martabak ketan hitam ini masih menjadi favorit. 

"Tapi kebanyakan orang tua, kalau yang seperti mbak gini jarang. "



Berarti saya yah yang kudet. Padahal rasa martabak ini enak sekali. Terasa tradisional gtu saat dimakan. Enak deh. Kalian sudah pernah makan martabak ketan hitam ini atau belum? Harganya paling murah dibandingkan martabak dengan topping lain. Insya Allah halal..





20 comments

  1. Di daerah sy tinggal juga ada terang bulan isi ketan hitam. Eh sy nyebutnya terang bulan. Hehhe.... Jadi pengin euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. didaerah mana mba Hairi lokasi tempat martabak isi ketan hitamnya ?

      Delete
  2. Hihii sama mba... saya suka bgt martabak ketan hitam. Meski katanya ketinggalan saya bilang enggak tuh.. tetep enak... waktu hamil anak kedua saya malah maunya makan itu.... nyamm..

    ReplyDelete
  3. Aku juga sering liat nih mba tapi ragu mau nyobain yg rasa ketan item. Abis baca tulisan ini jadi pengen nyobain deh beli martabak rasa ketan item.

    ReplyDelete
  4. Ada 2 martabak yg bikin penasaran saya...markobar yg punya anak presiden. Trus satu lagi dari bandung yg lagi ngehits saat ini (sayah lupa namannya).. Tapi tetep.. Martabak bangka pinggir jalan ngga ada lawannya..

    ReplyDelete
  5. Ya ampun, martabak ketan hitam rasanya gimana ya, Mbak ? aku kok jadi penasaran :D coba aja ada di Madura, Bangka jauh sih ya :(

    ReplyDelete
  6. omg...... ini kliatan enak bangetttt mba :D... aku suka makanin ketan hitam ama taburan gula ato kelapa.. di kampungku di sibolga sana ini udh kyk mkanan fav sore hari ;p Pasti enak ya dijadiin topping martabak

    ReplyDelete
  7. Kita satu selera ya BuYu... martabak kekinian yang pakai nutella, toblerone atau apapun buat gue masih kalah enak sama martabak ketan hitam beratbur kelapa....

    ReplyDelete
  8. Duh salah bangett deh buka ginian malem2. Jadi pengen beli martabak dehhh :))) Tapi udah pada tutuppp..
    Eh btw, fotonya agak kurang di fit size ya. Jadi numpuk tuh :)

    ReplyDelete
  9. Kalau di pekanbaru masih lumayan banyak mbak..favoritnya umi ni...kalau saya martabak durian :D

    ReplyDelete
  10. Kalau di pekanbaru masih lumayan banyak mbak..favoritnya umi ni...kalau saya martabak durian :D

    ReplyDelete
  11. aku suka banget ketan hitaammm.. tiada duanyaa mba jade

    ReplyDelete
  12. tetiba pengen martabak..,...hi2 ketan hitamnya menggoda..

    ReplyDelete
  13. walaaahhh sumpah menggoda iman banget terang bulan ketan hitamnya! kirim mbak jade kiriiimm ke malaaangg. atau saranin mas penjualnya suruh buka lapak ke malang!! wkwkw

    ReplyDelete
  14. Mbakk.. aku kok baru tau hehe.. kekinian yang saya tau malah yang toppingnya bisa macem2 kayak oreo, cereal, mede, dll

    ReplyDelete
  15. Fav gw ya martabak ketan hitam plus kelapa, buyu.. Fav sepanjang masa hehehee

    ReplyDelete
  16. ketan hitam kesukaan sayaaaa, tapi di Cirebon juga agak susah carinya nih, kebanyakan lagi tenar tenarnya martabak green tea dan velvet velvet.
    cuma 14rb doang lagi harganya?? hmm murah bgtttt

    ReplyDelete
  17. Sebagai penggemar martabak, saya ngileeeer

    ReplyDelete