April 9, 2016

Tips Merawat Lemari Es dan Mesin Cuci

Pasti teman - teman sekalian memiliki kedua alat elektronik yang saya sebutkan pada judul diatas bukan? Lemari es alias kulkas dan mesin cuci. Rasanya setiap hari kehidupan kita, atau mungkin saya dan keluarga, lumayan bergantung pada kedua benda ini. Bagaimana tidak, keberadaan mesin cuci yang saya dapatkan melalui lomba blog yang ini sekarang menjadi sahabat saya hampir setiap hari. Karena kapasitas mesin cuci yang cukup besar, sementara penghuni rumah saya hanya bertiga, membuat saya terkadang mencuci 2 hari sekali. 

Lain lagi ceritanya dengan kulkas. Sejak pindah dari apartemen dan segala kemudahannya, saya dan suami memutuskan membeli kulkas yang lebih besar. Untuk apa? Untuk menyimpan bahan makanan basah selama kurang lebih 1 minggu. Kalau dulu di apartemen, ada yang kurang saya tinggal turun ke mall sekarang sejak tinggal di rumah sudah nggak bisa lagi. Jadi Kulkas sangat berjasa menyimpan cemilan dan bahan makanan mentah seperti ikan, ayam, udang, sosis, sayur mayur sampai cokelat dan puding cemilan Rafasya plus emaknya.

Nah dengan besarnya jasa kedua beda tersebut, bagaimana dengan cara membersihkannya? Apakah sering rusak atau sering mengalami gangguan? Kali ini kita akan membahas tips tentang merawat 2 barang elektronik yaitu lemari es dan mesin cuciKedua peralatan elektronik ini harganya cukup mahal namun memiliki manfaatyang sangat besar bagi keperluan rumah tangga seperti yang saya sebutkan di awal. Sehingga perawatan yang baik sangat dibutuhkan agar barang elektronik yang kita miliki bisa awet dan tahan lama.


Lemari es

Alat pendingin ini memiliki 2 bagian utama yaitu kulkas dan freezer. Keduanya memiliki fungsi yang berbedaPendingin untuk menyimpan sayurbuahminuman dan lain sebagainyasedangkan freezer untuk membuat es atau menyimpan daging agar lebih tahan lama jika dalam kondisi bekuSebagaitempat menyimpan bahan dan makanan dengan berbagai macam jenismembuat kulkas mengandung banyak kuman penyakit yang akan menyerang keluarga anda. Agar tidak terjangkit penyakit yang diakibatkan oleh microba pada lemari esada baiknya anda membersihkan alat pendingin yang dimiliki secara teratur.

Caranya dengan mencabut kabel dari listrikbiarkan pintu kulkas terbuka pada posisi off, diamkan sekitar 2 jam agar es pada freezer melelehJangan pernah sekalipun mencongkel es pada freezer, karena akan membuatnya rusak dengan istilah gembos, yang mengakibatkan es tidak bisa beku lagi. Nggak bisa untuk menyimpan bahan makanan atau bahkan membuat es krim deh. Sambil menungguada baiknya jika mengeluarkan seluruh isi lemari es sehingga kosongLepaskan juga sekat rak yang terdapat di dalamnya.

Saya sempat membaca mengenai kehebatan baking soda dalam membersihkan sesuatu. Untuk membersihkan kulkas, begini langkah - langkahnya. Larutkan baking soda hingga tidak lagi berbusalalu diamkan sekitar 10 menitBersihkan bagian dalam peralatan elektronik anda menggunakan air baking soda, ratakan dan gosok apabila ada noda yang sulit dibersihkanBersihkan sekat rak dengan menggunakan sabun cuci piringnamun jangan cuci dalam lemari es dengan sabun karena akan sulit membilas dan aroma sabun yang melekat justru menimbulkan masalah baruCukup dengan larutanbaking soda saja.

Lap bagian dalam kulkas dengan kain bersih hingga keringSetelah sekat rak yang sudah dibersihkantadi keringanda bisa masukkan dan menatanya kembali kedalam lemari es. Tata kembali isi lemari es yang tadi sudah dikeluarkanSelanjutnya bersihkan tempat buangan air yang ada di bagian bawah belakang kulkasBuang airnya lalu bersihkan tempatnyaBau busuk akan muncul dari tempat buangan air ini dan sering tidak disadari. Akan lebih baik jika membersihkan kulkas 2 kali dalam satu bulan. Mungkin anda berpikir bahwa kuman akan mati jika dalam keadaan dinginItu merupakan pemikiran yang salah. Kuman dan microba tidak bisa mati pada suhu -5 derajatdan justru akan berkembang biak.

Mesin cuci

Dengan adanya mesin cuci, para ibu akan sangat terbantu karena waktu yang biasanya dibutuhkan untuk mencuci secara manual biasa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya. Namun tentunya untuk noda yang cukup membandel harus di kucek terlebih dahulu. Saya sangat merasakan kucek mengucek ini sejak Rafasya sering pulang dengan baju bernoda tanah merah. Hihi.. Manfaat lain yang dimilikioleh mesin cuci adalah fasilitas mesin pengering yang akan sangat membantu apalagi saat musimhujan. Kadar air akan sangat berkurang jika memanfaatkan teknologi ini sehingga baju cepat kering. Akan tetapi sering kali hal yang sering tidak kita sadari adalah memutar kembali saat alat pemutar berjalan. Hal tersebut berlaku untuk mesin cuci dua tabung.

Hal ini mungkin sering kita lakukan karena pengering berbunyi dan tidak tenang, yang harus anda lakukan adalah membuka pengering dan menata kembali baju di dalamnya tanpa memutar kembali timernya. Namun pada mesin cuci satu tabung seperti yang saya miliki, kita tinggal memilih metode mencuci yang diinginkan. Paling mudah adalah quick clean, hanya sekali pencet mesin akan mencuci sekaligus mengeringkan. Bahkan pada mesin cuci saya ada tombol "Eco Tub Clean". Tombol ini akan menyala otomatis, bila mesin merasa tabungnya memerlukan pencucian. Oke kan. Kapan - kapan deh saya cerita tentang mesin cuci saya ini. 




Demikian tips merawat lemari es dan mesin cuci yang kita miliki agar awet dan tahan lama, mengingat dana yang harus kita keluarkan tidak sedikit jika peralatan elektronik mengalami kerusakan apalagi harus membeli yang baruUntuk itu perawatan yang maksimal bisa kita lakukan untuk meminimalisasi kerusakan. Daripada harus membeli baru lagi, ya kan? 

Psst, saya mau tanya deh. Jika di rumah kalian ada balita, mereka hobi nggak sih buka tutup kulkas dan berdiri di depannya sambil memandangi isi kulkas? Karena di rumah saya ada satu nih yang hobi. Hihi.. 

No comments:

Post a Comment