Jalan - Jalan ke Taman Legenda Keong Mas (TMII)

Senin sore kemarin, setelah pulang dari sekolah Rafasya kami memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata yang tampaknya sedang happening. Taman Legenda Keong Mas. Sebenarnya tujuan utama saya adalah mengajak Rafa ke Wahana Petualangan Dinosaurus. Rafa, seperti anak laki - laki lain di luar sana, sedang terpikat oleh hewan purba dengan beragam jenis ini.

Kami berangkat sekitar pukul 12.30 setelah makan siang dan sholat dzuhur. Rafa hanya kami beritahu akan diajak ke Taman Mini Indonesia Indah, tanpa kami beritahu tentang keberadaan dinosaurus disana. Sampai di pintu gerbang TMII sekitar pukul 13.05, memang lumayan dekat dari rumah kami ke TMII. Saya sempat khawatir Taman Legenda Keong Mas ini tutup, karena kalau tidak salah di TMII ada beberapa tempat yang tutup setiap hari Senin. Alhamdulillah setelah bertanya pada petugas di pintu gerbang, Taman Legenda Keong Mas buka setiap hari. 

Harga Tiket Masuk di gerbang TMII
Dewasa : @ Rp 10.000
Mobil : Rp 10.000
Sepeda : Rp 1.000

Saya nggak tahu kenapa tapi saat pengecekan untuk membayar tiket di pintu gerbang, Rafasya nggak dihitung. Jadi untuk masuk kami hanya membayar Rp 30.000.
Masuk ke kawasan TMII, awalnya kami sempat bingung. Karena plang petunjuk arah yang ada tidak menyebutkan mengenai Taman Legenda Keong Mas. Akhirnya kami bertanya pada satpam yang sedang patroli sepeda. Ternyata letaknya di dekat gereja, nggak perlu menunggu lama kami pun sampai. 

Karena hari biasa, mencari parkir mobil pun mudah. Kami parkir persis di samping gedung Taman Legenda Keong Mas. Saya sengaja membawa stroller, mengingat sebenarnya waktu kunjungan kami adalah waktu tidur siangnya Rafasya. Sampai di tempat pembelian tiket, ada sedikit antrian. Cukup ramai menurut saya untuk ukuran hari biasa.
,




Tiket Masuk dan Jam Buka Taman Legenda

Senin - Kamis ( 10.00 - 17.00 ) : Rp 15.000
Jumat ( 10.00 - 18. 00) : Rp 15.000
Sabtu - Minggu / Libur Nasional ( 09.00 - 20.00) : Rp 25.000




Untuk cara pembelian tiketnya adalah dengan menggunakan gelang yang harus diisi saldo minimum Rp 50.000 diluar tiket masuk. Ada pula jaminan gelang sebesar Rp 10.000 yang secara otomatis akan mengurangi saldo. Jika kurang top up bisa dilakukan di dalam lokasi seperti Cafe Barong, Anak Tirta, Petualangan Dinosaurus dan Toko cinderamata. Jika masih ada saldo yang tersisa, nanti akan dikembalikan di area keluar. 

Harga Tiket Wahana yang ada di Taman Legenda Keong Mas

Petualangan Dinosaurus Rp 30.000
Mata Legenda Rp 20.000
Nirwana Kisar Rp 20.000
Kapal Bajak Laut Rp 15.000
Mobil Tanjak Rp 15.000
Kereta Beos Rp 15.000
Ulat Selur Rp 15.000
Anak Tirta Rp 25.000
Museum Asmat Rp 10.000
Film Legenda Keong Mas di Teater Legenda GRATIS


Saat memasuki areal Taman Legenda Keong Mas kita akan bertemu dengan pohon yang bisa berbicara. Rafasya lama sekali memperhatikan pohon ini. Entah takjub melihat pohon yang bisa berbicara atau mengantuk mendengarkan apa yang dikatakan si pohon. Hihi.. Di samping pohon yang bisa berbicara ini terdapat peta yang menunjukkan apa saja yang ada di dalam Taman Legenda ini.





Sesuai kesepakatan saya dan suami, kami pun langsung menuju ke Petualangan Dinosaurus. Untuk masuk ke wahana ini kita harus membayar tiket. Karena sudah mengisi di pintu masuk Taman Legenda kita tinggal menempelkan gelang yang sudah diberikan kemudian saldo yang ada akan berkurang. Ayo kita mulai petualangannya.


Di dalam wahana Petualangan Dinosaurus ini awalnya Rafasya hanya duduk di stroller. Namun lama kelamaan akhirnya ia minta turun dan mulai lari - lari plus terkaget-kaget saat dinosaurus yang ada bergerak atau menyemburkan air. Haha.. Pertunjukan dinosaurus pun diakhiri dengan kolam pasir berisi fosil yang harus digali oleh anak - anak. Tentunya kami lumayan lama ngetem disini. Sampai akhirnya kami mengajak Rafa untuk menaiki permainan yang ada di dalam Taman Legenda. Sebenarnya ini adalah trik kami, untuk memasuki Petualangan Dinosaurus terlebih dahulu sebelum bermain wahana lainnya. :D







Petualangan Dinosaurus ini cukup membuat kami kagum, karena dinosaurus yang ada bergerak - gerak dan bersuara. Jadi seolah - olah kita menyaksikan dinosaurus yang asli. Yang lebih membuat dinosaurus ya tampak nyata adalah tekstur dinosaurus ya yang lebih menyerupai boneka karet daripada patung. Jadi saat dipegang lembek dan saat dinosaurusnya bergerak terlihat lebih nyata. Mungkin kalau masuk ke dalam sini sore atau malam lebih seru kali ya. Tapi anak - anak tentunya nggak nyaman bermain di situs penggalian fosil. O,ya seharusnya di samping situs penggalian fosil ada Kran untuk mencuci kaki selain wastafel dan toilet yang memang sudah ada. Supaya lebih mudah bagi anak untuk membersihkan kaki dan tangan saat selesai bermain.




Beranjak dari Petualangan Dinosaurus di tengah jalan Rafasya melihat ada beberapa anak yang mengendarai Mobil Gowes. Setelah mencari ternyata poolnya Mobil Gowes ini ada di sebelah Cafe Barong. Akhirnya si anak bujang pun memilih mobil dan mulai menggowes. Alhamdulillah cuaca mendung, jadi nggak panas.


Tiket Mobil Gowes Rp 15.000 untuk 30 menit



Ternyata si anak bujang hanya bertahan 15 menit menggowes sendiri. Pegal juga kan ya ngegowes mobil dan belum tidur siang. Haha.. Akhirnya ayahnya dipanggil dan mereka main berdua. Sementara saya, hanya duduk saja menunggu mereka selesai. Karena semua wahana yang saya minati terlarang buat bumil. Hehe..






Setelah Mobil Gowes, Rafa menaiki Mobil Tanjak 2 x dan Ulat Selur 1 x. Ulat semut ini wahana seperti roller coaster anak yang berbentuk ular. Mirip dgn roller coaster yg kami naiki di Batu Malang. O,ya untuk wahananya tinggi anak yang dibutuhkan adalah 90cm kalau tidak salah.



Sebelum pulang kami menonton film tentang Legenda Keong Mas di Teater Legenda. Sekalian ngadem juga sih. Bentuk teaternyaseerti bioskop.

Setelah menonton kami bermaksud untuk menukarkan gelang, sebelumnya kami melihat - lihat toko souvenir yang ada. Awalnya saya ingin membelikan Rafa kaos bergambar fosil dinosaurus, namun sayang jika dibandingkan dengan harganya Rp 85.000 kualitas kaosnya tidak bagus. Sebaiknya kaosnya dipilih bahan yang menyerap keringat, apa lagi untuk anak - anak.





Namun secara keseluruhan kami sekeluarga sangat menikmati kunjungan kami ke Taman Legenda Keong Mas TMII. Kapan - kapan mau balik lagi dan main di Anak Tirta ahh...



27 comments

  1. mba, gw jadi pengen main kesitu deh, seru sepertinya..
    hihihi

    buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu. Taman Dinosaurusnya bikin anak2 hepi belum lagi mainan yang lain.. cuss ksana..

      Delete
  2. waaah aku baru tau inih mak... dan diliat dari foto2nya bagus juga kayaknya.. seru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga pas dpt info langsung ksana. Seruu...

      Delete
  3. Replies
    1. Klo u masuk k Taman Legenda n Petualangan Dinosaurusnya saja tmasuk murah mbak. Tp pas anak sudah minta naik bbrp wahana berkali2, lumayan berasa juga. Hihi..

      Delete
  4. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Jalan - Jalan ke Taman Legenda Keong Mas (TMII) ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  5. aih baru tahu, mau ah bawa boyz lihat dino. makasih infonya mak

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke keong mas... Jadi keong mas itu terletak di taman legenda ya mba? Jadi begini tho isinya keong mas tmii, aku baru tahu. Lebih kenal sama snowbay nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keong mas beda lagi.Tampaknya si Taman Legenda ini perluasan ide dr Keong Mas. Meski di dlm Taman Legenda ini ada mini theater ttg cerita legenda Keong Mas. Hihi..

      Delete
  7. BuYu makasih yaaaa. Jadi mupeng deh pengwn ke sana. Alternatif jalan-jalan selain mall inih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Dani. Seru deh pasti. Terkaget - kaget dan keabsahan pas masuk Petualangan Dinosaurus. Haha..

      Delete
  8. Replies
    1. Iya, mknya yg dfoto ptama tuh tangannya. Haha..

      Delete
  9. memang TMII ini wisata edukasi ayng harganya terjangkau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Mau main semua bisa, tp tentunya siapkan budget lebih. Jd dr rumah bs janjian sm anak, cuma boleh 3 permainan misalnya. Hihi..

      Delete
  10. wahh daerah rumahku ni mak wkwkwk, padahal 5menit udah bisa sampe situ, tapi aku kalau jalan sore cuma muter"doang di taman mini engga main kedalamnya, ternyata seru juga ya itu hihi

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, enaknya deket. Iyaa.. di dlmnya banyak permainan slain lihat2 dinosaurus yg bs gerak..

      Delete
  11. Mbak, ini wahana baru ya? Aku baru tau. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terhitung baru dibandingkan tempat lain di TMII. Ayok cobain..

      Delete
  12. wah, ada tempat seperti itu bagus banget mb, bisa liat dino

    ReplyDelete
  13. terimakasih sob buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  14. ok mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  15. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete