June 30, 2016

Cetaphil Gentle Skin Cleanser , Amankah untuk Bumil ( Ibu Hamil ) ?

Hola teman - teman..

Setelah seminggu lebih nggak update blog, kali ini saya mau bercerita tentang produk pembersih wajah nih. Namanya Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Tampaknya sudah banyak ya yang mengetahui tentang kehebatan produk Cetaphil ini dalam merawat atau mengatasi masalah kulit. Atau jangan - jangan teman - teman disini sudah banyak yang menggunakannya ya.




Saat produk ini datang hal pertama yang saya lakukan adalah membaca bagian belakang produk yang biasanya menuliskan cara pakai dan kandungan yang terdapat dalam suatu produk. Ternyata Cetaphil ini bebas sabun dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit yang sensitif. Wah, nggak heran ya kalau Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini direkomendasikan oleh para Dermatologist. Namun saat membaca bagian belakang inilah saya sempat bingung. Kenapa bingung? Karena ada tulisan seperti ini nih..

Cara Penggunaan : 
Dengan Air : Usapkan pada kulit, gosok dengan lembut, lalu bilas dengan air
Tanpa Air : Usapkan pada kulit, gosok dengan lembut, lalu bersihkan dengan handuk

Hah?! Macam mana pulak awak mencuci muka tanpa air? Tak bersihlah rasanya. Setidaknya itu yang ada di pikiran saya saat membaca cara menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser tanpa air. Setelah itu Cetaphil ini sempat digunakan untuk bermain oleh Rafasya. Digunakan sebagai halangan untuk masuk ke rumah Lego yang ia buat. Karena dibuat untuk bermain, akhirnya saya lupa meletakkan produk ini dimana. Hehe.. Sampai akhirnya sekitar 4 hari yang lalu saat sedang membereskan mainan Rafasya, saya menemukannya lagi. Mari mulai mencoba.



Cetaphil Gentle Skin Cleanser Aman untuk Bumil ? 

Sebelum mencoba saya menyempatkan diri untuk mencari tahu mengenai produk ini lebih jauh. Karena saat ini saya sedang mengandung, tentunya harus lebih berhati - hati bukan? Mari kita lihat bahan - bahan yang digunakan untuk membuat Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini beserta hasil pencarian saya. 

Ingredients : 
Purified Water, tidak lain dan tidak bukan adalah air yang digunakan untuk farmasi. Air yang ada dilakukan proses demineralisasi dengan menggunakan purified generator.
Cetyl Alcohol, adalah alkohol yang berbentuk padat sehingga tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap kulit. Bahan ini juga tidak beracun. 
Propylene Glycol, adalah senyawa organik yang tidak berwarna, tidak berbau dan dianggap aman oleh US Food and Drug Administration (FDA)
Sodium Lauryl Sulfate, adalah bahan yang memiliki sifat pembersih juga sebagai pengemulsi yang berfungsi untuk mencampurkan air dan minyak yang ada dalam produk kecantikan
Stearyl Alcohol, memiliki fungsi untuk mencampurkan air dan minyak juga dipakai untuk menghasilkan busa
Methyl Hydroxybenzoate, sebagai anti bakteri untuk mencegah kontaminasi mikroorganisme.
Propyl Hydroxybenzoate, sebagai pengawet dalam obat dan produk kecantikan
Butyl Hydroxybenzoate , sebagai tameng untuk memerangi jamur dan bakteri.

Dari beberapa pengertian di atas, saya melakukan pencarian lebih lanjut dan bertanya pada obgyn saya. Dari pencarian dan bertanya pada yang ahli saya menemukan bahwa Cetyl alkohol dan Stearyl Alcohol sebenarnya bukan benar - benar alkohol. Zat ini merupakan lilin (wax) yang teremulsi dan terbuat dari tumbuhan. Jadi termasuk kategori halal. Untuk Purified water, Propylene Glycol dan Sodium Lauryl Sulfate juga aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Yang sedikit menjadi ganjalan adalah Trio Methyl - Prophyl - Butyl Hydroxybenzoate. Karena sejatinya ketiga bahan ini adalah turunan paraben. Seperti kita ketahui bersama paraben dapat menyebabkan kanker dan beragam penyakit lainnya. Dalam batasan yang diizinkan, paraben memang digunakan pada kosmetik dan produk kecantikan karena sifatnya yang mudah larut. Pada Cetaphyl Gentle Skin Cleanser, karena direkomendasikan oleh Dermatologist dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit bahkan yang sensitif sekalipun maka bisa disimpulkan bahwa aman pula untuk ibu hamil dan anak - anak. Namun, semua kembali pada diri masing - masing ya. Kalau merasa tidak nyaman yan tidak usah digunakan. Untuk saya sih, Cetphil Gentle Skin Cleanser ini bisa digunakan untuk ibu hamil.

Nah, setelah pencarian maka saya memutuskan untuk mencoba Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini. Kedua cara saya coba, namun tetap saja saya lebih suka cara dengan menggunakan air. Rasanya lebih bersih dan segar saja. Hehe.. Setelah mencuci muka dengan Cetaphil ini, wajah saya terasa bersih dan lembut. Nggak ada tuh rasa ke tarik dan kaku atau kesat yang berlebihan. Jadi saya syukaa. Saya pernah terlupa menggunakan moisturizer setelah mencuci muka, ternyata wajah tetap lembut. Meski sebaiknya tetap gunakan moisturizer dan juga sunblock ya setelah mencuci muka. 




Bagaimana tertarik untuk menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ? Atau ingin mencari tahu lebih lanjut tentang produk ini dan juga rangkaian produk lainnya dari Cetaphil? Langsung saja mampir ke www.cetaphil.co.id ya. Untuk teman - teman yang sudah mencoba ditunggu share pengalamannya ya. Saya penasaran juga sama produk lainnya nih. Untuk yang belum, boleh share juga lho apa yang menjadi ganjalan.

2 comments:

  1. Sampai tanya ke obygn yaa mbak, hemm jadi tau kalau lilin wax itu dari tumbuhan halal lagi, makin jatuh cinta sama cetaphill

    ReplyDelete
  2. wah baru tau kalo ini aman buat bumil. aku tuh suka pake yang ringaaan banget, kalo aman buat bumil brarti oke nih buat aku pake juga..

    ReplyDelete