August 7, 2016

Bahaya Stress Pada Ibu Hamil Terhadap Janin Dalam Kandungan

Anda wanita? Sedang hamil? Hati - hati, jangan sampai stress atau tertekan ya. Karena ternyata ibu hamil yang stress itu akan membawa dampak yang tidak baik pada janin yang dikandungnya. Nah kan, baru tahu kan? Saya sih tahunya stres situ tidak baik untuk semua orang, apalagi ibu hamil kan ya. Tapi ya nggak pernah menyangka juga bahwa ibu hamil yang stress bisa mengakibatkan hal yang kurang baik pada janin. Makanya saat diundang untuk hadir di Talkshow yang diadakan oleh majalah Mother & Baby bersama Sweety dan Mom n Jo Spa, saya langsung setuju. Biar nambah ilmu soalnya.


Acara yang diadakan di Igor's Cafe 31 Juli 2016 kemarin mengambil tema Be Gold. Semua ibu - ibu yang hadir kece - kece syekalih. Sementara saya galau karena stok baju yang muat mulai menipis. Hahaha.. Jadilah saya hanya mengenakan blus cokelat susu yang agak mengkilat. Dapetlah ya gold nya meski sedikit maksa. 





Narasumber yang dihadirkan pada talkshow kemarin salah satunya adalah DR. dr. Taufik Jamaan SpOG. Saya mah sudah lumayan sering nih, mendengar nama beliau di RSIA Bunda tempat saya periksa kandungan. Beliau ini termasuk dokter kandungan yang juga menangani bayi tabung. 


dr. Taufik mengatakan bahwa ibu yang sedang mengandung dan terkena stress akan mengakibatkan janin yang ada di dalam kandungannya juga stress. Kenapa? Karena janin itu akan merasakan apa pun yang dirasakan oleh si ibu. Janin yang stress bisa diketahui dari adanya gangguan aliran darah dari ibu ke janin atau gangguan asupan kalori dari ibu ke janin. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil itu harus selalu dalam kondisi yang bahagia dikelilingi oleh orang terdekatnya. 

Namanya juga wanita, dalam satu waktu di kepalanya bisa ada berjuta pikiran. Ngaku deh. Siapa disini yang saat sedang memandikan anak sambil menasihati supaya mandinya cepat juga sambil mikir nanti siang mau masak apa, jadi nanti sambil anter anak ke sekolah pulangnya langsung beli bahan sayur abcd trus pulang ke rumah jangan ambil jalan x soalnya mau mampir ke ATM dulu untuk bayar SPP plus listrik baru setelah itu masak. Ya kannn? Nyelip aja deh satu kegiatan di sela - sela rencana tadi, pasti bakalan bikin senewen karena jadwal masak bergeser yang berarti bakalan telat jemput anak. Yess.. That's us, Women. 

Apalagi ibu hamil. Sudah sedang hamil, pekerjaan rumah tangga mengalir nggak berhenti trus di tengah jalan mobil tiba - tiba mogok. Duh.. Langsung deh stress melanda. Trus harus bagaimana dong supaya ibu hamil nggak stress? Coba lihat contekan dari dr. Taufik di bawah ini.


Memang kenapa sih, ibu hamil itu sebaiknya dijauhkan dari yang namanya stress? Ya karena ada efek samping dari stress pada ibu hamil yang akan menimpa janin. Misalnya,
1. Denyut jantung / frekuensi gerak bayi akan berkurang
2. Kelahiran bayi prematur karena kontraksi 
3. Kerusakan pada organ bayi / cacat tulang belakang 
4. Resiko autism pada anak lebih tinggi
5. Janin akan mengeluarkan meconium (kotoran janin) yang akan mengotori air ketuban,menyumbat pernapasan dan menyebabkan infeksi pada ibu dan janin
6. Kematian pada janin / bayi yang baru dilahirkan

Seram sekali ya efek yang akan ditimbulkan pada janin jika ibu hamil itu stress. Jadi menurut dr. Taufik, ibu hamil itu harus mendapat dukungan dan perhatian yang cukup dari keluarga terutama suami di masa kehamilannya. Mendengarkan cerita bumil tentang bagaimana ia melewati hari - harinya,membelikan makanan kesukaan atau memijat kaki bumil yang mulai bengkak adalah beberapa contoh yang bisa dilakukan oleh suami. Selain tentunya bumil sendiri harus tetap berpikir positif dan menjalani kehamilan dengan bahagia.  

Tas yang berisi perlengkapan melahirkan juga sebaiknya sudah disiapkan terlebih dahulu. Jadi saat mendekati waktu perkiraan melahirkan bumil nggak perlu sibuk mencari barang - barang yang masih belum ada. Jika semua sudah tersedia, beban pikiran bumil tentunya akan berkurang dan bisa lebih fokus mempersiapkan diri untuk menyambut si bayi. 


Dari beberapa barang yang harus dibawa untuk persiapan melahirkan, salah satu di antaranya adalah popok bayi. Sweety, sebagai salah satu produsen popok siap pakai mengeluarkan produk terbarunya yaitu Sweety Gold. Ada yang belum kenal Sweety? Pasti kalau saya sebut merk Softex kalian kenal kan? Nah Sweety ini satu pabrik dengan Softex,yang berarti merupakan produk lokal. Ish, bangga kali lah awak ni. Si apalagi coba yang menggunakan produk lokal kalau bukan kita sendiri. Namun memang nggak dipungkiri bahwa untuk pospak memang cocok - cocokan ya. 



Sweety Gold hadir dengan teknologi diamond layer yang membuat cairan yang ditampung tidak bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Selain itu wetness indikator berupa garis kuning akan berubah menjadi hijau muda dan hijau tua jika sudah sangat penuh. Jadi nggak perlu deh intip - intip ke pospak si kecil saat ingin tahu sudah penuh atau belum. Tapi sebaiknya setiap 3 - 4 jam sekali diganti ya, demi kenyamanan bayi dan juga kesehatan. 



Kemarin kami juga dibagikan pospak Sweety Gold. Lembut banget dan nggak ada plastiknya lho di bagian lingkar pahanya. Plus Sweety Gold ini memiliki disposable tape untuk merapikan pospak saat akan dibuang, jadi insya Allah nggak bikin satu nursery room wangi saat membuang pospak dengan 'souvenir' si kecil deh. Sweety Gold ini mengusung Hello Kitty dan pasangannya Dear Daniel sebagai ikon pada pospak. Pada tahu nggak kalau HelloKitty itu ada pasangannya? Saya baru tahu kemarin. Hehe..


Selain dr. Taufik kemarin juga ada Titi Kamal selaku narasumber dan juga Brand Ambassador Sweety Gold. Titi mengaku bahwa Juna, anak pertamanya termasuk anak yang aktif bergerak. Kehadiran Sweety Gold sangat membantu aktivitas Juna karena produknya tidak mudah berkerut dan elastis, jadi nyaman untuk dikenakan oleh Juna. Oh ya untuk ayah bunda yang sudah menggunakan produk Sweety jangan lupa mampir ke www.sweetycare.com ya. Disana kita bisa berbagi tentang apa saja dan mengumpulkan poin untuk ditukarkan dengan hadiah. Hadiahnya ada jalan - jalan ke luar negeri untuk sekeluarga lho. Nggak tanggung - tanggung untuk 5 keluarga akan diajak jalan - jalan ke Amerika. Wow, senangnya..




Yang lebih seru lagi kemarin ada mbak Wulan dari Mom n Jo Spa yang hadir untuk memberikan ilmu baru tentang bagaimana memijat diri sendiri buat bumil. Rumusnya adalah TTM. Tengah -Telunjuk - Manis. Iyes, itu nama - nama jari ya buibu pakbapak. :D 


Mbak Wulan juga memberikan tips untuk bumil yang suka kram tengah malam atau saat suami sudah tidur pulas. Tunjuk kaki sendiri. Saya termasuk yang suka kram tiba - tiba. Biasanya sih sekuat tenaga telapak kaki yang betisnya nggak kram saya arahkan untuk menegakkan telapak kaki yang betisnya kram. Mbak Wulan bilang, siapkan sajakah jarik untuk alat bantu. Ah, benar juga ya. Meski tetap saja lebih enak jika dipijetin. Haha.

Jeng Lisna - Bumil dengan baju cokelat - Jeng Uci

Intinya, jadi bumil mah apa aja harus dibawa senang. Mau kehamilannya yang lempeng seperti saya hamil Rafasya dulu atau kehamilan si adek sekarang yang lebih banyak bumbunya. Kalau mual dan pusing keliyengan, ya dinikmati saja. Suami sibuk dan pulang malam nggak sempat curcol, ya curcol saja sama orang tua, saudara atau sahabat perempuan. Berat badan naik berlebihan sampai dikira hamil kembar, ya nggak papa. Ingat lho, di luar sana banyak wanita yang berjuang demi berusaha hamil dan mendapatkan anak. Karena sejatinya kehadiran anak adalah rahasia dan rejeki dari Allah. Jadi kehadirannya sepatutnya disyukuri dan menjadi pembawa kebahagiaan untuk semua orang, terutama ibunya. Semoga semua bumil seperti saya di luar sana sehat selalu dan untuk teman -teman yang sedang menunggu hadiah terindah dari Sang Pencipta tetap bersabar dan yakin bahwa Ia paling tahu apa yang kita butuhkan. 


5 comments:

  1. Alvin bayi pakai ini nih, cocok banget

    ReplyDelete
  2. Hahahaha. Gue juga pas hamil besar berapa kali kram pas tidur xD. Tiba-tiba sakit gitu ya Yu? Jadi Bumil mendingan spa emang yaa biar ga stress :D

    ReplyDelete
  3. huhuhu aku pun pernah stres saat hamil

    ReplyDelete
  4. wah intinya harus tetap dalam mood seneng ya waktu sedang hamil supaya ngga berpengaruh buruk ke janin, makasih infonya ><

    ReplyDelete
  5. Jadi untuk para suami, ibu hamil harus dimanja,,,

    ReplyDelete