August 30, 2016

Memilih Model Baju Kebaya untuk Wisuda Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Beberapa waktu yang lalu, adik saya yang paling kecil selesai melewati masa - masa paling penting dalam dunia perkuliahan. Ujian sidang. :D



Alhamdulillah pecah telor juga si bontot ini. Begitu selesai sidang dan dinyatakan lulus, masalah selanjutnya pun menghampiri. Apa itu? Nggak lain nggak bukan memilih kebaya untuk wisuda nanti. Sebagai Calon wisudawati tentunya adik saya ingin tampil semaksimal mungkin dengan menggunakan kebaya wisudanya nanti.


Oleh karena itu ia mulai sibuk mencari model baju kebaya untuk wisuda dari jauh - jauh hari. Sebenarnya bisa saja ia membeli jadi supaya lebih praktis. Namun terkadang ukuran yang kurang pas atau detail lain pada kebaya yang sudah jadi membuat adik saya mengurungkan niatnya. 

Dulu semasa bekerja, saya termasuk wanita yang sering sekali membuat kebaya. Entah itu kebaya untuk seragam pernikahan teman dan saudara atau hanya karena menemukan bahan kebaya yang sesuai dengan selera saya saat itu. Dari pengalaman tersebut saya bisa membagikan beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan dalam membuat kebaya. 

Pertama, jika kita memiliki bahu yang lebar sebaiknya pilihlah bentuk kerah V dan jangan memberikan terlalu banyak detail di bagian dada. Arahkan detail pada bagian pinggul.

Dari sini 


Kedua, jika kita memiliki tubuh seperti laki - laki sebaiknya pilihlah kebaya dengan detail di bagian pinggang dan pinggul. Kebaya polos juga bisa digunakan, tambahkan saja obi dan bros untuk mempercantik penampilan.

Dari sini


Ketiga, jika kita memiliki tubuh yang kecil pilihlah model baju kebaya untuk wisuda yang tidak terlalu panjang. Hal ini bertujuan agar tubuh kita tidak terlihat tenggelam dalam kebaya itu sendiri.

Dari sini

Keempat,jika kita memiliki payudara yang besar hindari penggunaan kebaya dengan belahan dada rendah. Sebaiknya bustier yang dikenakan juga harus yang pas di badan.

Dari sini


Kelima, jika kita memiliki simpanan di bagian perut ( masalah banyak wanita nih tampaknya. Hihi.. ) kebaya dengan model Baby doll bisa menjadi pilihan. Jika ingin membuat kebaya model klasik, buatlah kebaya dengan panjang melewati pinggul atau dress seperti ini.

Dari sini


Kurang lebih, 4 tips memilih model baju kebaya untuk wisuda atau untuk acara lain yang bisa saya bagikan. Untuk adik saya, sekarang setelah mendapatkan model kebaya yang dirasa cocok dengan bentuk tubuhnya ia sedang bingung memilih bahan dan warna kebayanya. Gak selesai - selesai yaa masalahnya. Eh saya juga harus cari baju nih untuk menghadiri wisudanya. Browsing dulu ahh..

5 comments:

  1. Dulu sukaaa pake kebaya tp skg heuheuu... jd tambah montok kalo kebayaan :)))

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama kebayanya buyu, si bumil cantil :D

    ReplyDelete