October 22, 2016

Hamil Saat Memiliki Toddler ? Seru Banget..

Bagaimana ya rasanya hamil saat kita sedang memiliki anak di usia antara 2 sampai 6 tahun? Dulu saya sempat menbayangkan rasanya. Sekarang setelah mengalaminya, saya bisa menjawab pertanyaan itu. Rasanya? Seru banget.

Kehamilan si adik ini saya jalani saat Rafasya berusia 4,5 tahun sampai akhirnya ia berumur 5 tahun 1 bulan saat adiknya lahir. Usia toddler. Yup. Di usianya sekarang ini, Rafasya sudah bisa diajak bicara sebagai seorang teman. Meski ngambek dan rengekan juga tangisan tetap ada. Yang pasti Rafasya sudah benar - benar mengerti bahwa ia akan memiliki seorang adik. Bahkan ia sudah membayangkan akan bermain bola dengan adiknya. Hehe..



Karena masih di usia toddler, maka kehamilan saya selain diwarnai dengan keluhan wajar juga ditambah dengan berkurangnya waktu untuk rebahan karena harus menemani Rafasya bermain. Misalnya saat selepas makan malam. Di rumah, Rafasya boleh menonton televisi setelah makan malam. Meski prakteknya televisinya yang menonton Rafasya karena ia sibuk bermain. Nah sebelum hamil saya selalu duduk di lantai menemaninya bermain. Lain cerita saat saya hamil dan perut semakin membuncit saat masuk di trimester 3, saya mulai sulit untuk duduk di lantai. Namun tetap saya paksakan demi menemani anak bujang saya bermain. Sebenarnya kami juga sekaligus menikmati momen dimana hanya ada Rafasya dan Bundanya. Karena setelah ini akan ada si adik bukan...



Rafasya terbiasa menemani saya kemana pun. Mulai dari belanja bulanan, datang ke acara blogger sampai duduk santai ngemil di Mal atau main di playground. Saat hamil saya pun tetap melakukannya. Malah rasanya saya lebih sering hadir di acara blogger bersama Rafasya. It's our quality time. Bedanya saat hamil saya jadi mudah lelah dan banyak duduk. Jika dulu saat menemani Rafasya di playground saya bisa ikutan berlari - lari mengejarnya, sekarang saya cukup mengawasinya saja.



Kehamilan saya juga diwarnai dengan perhatian si abang terhadap calon adiknya. Rafasya sudah mengerti bahwa saat saya makan, saya makan untuk berdua dengan calon adiknya di dalam perut. Efeknya, Rafasya selalu membagi makanan apapun yang ia miliki ke saya. Rafa mau berbagi sama adik Bunda. Itu kata si anak bujang.

Yang pasti hamil saat sudah memiliki toddler seusia Rafasya sangat menyenangkan. Mungkin karena dari sisi usia, Rafasya juga sudah mengerti.  Dari pengalaman saya kemarin ada beberapa hal yang bisa saya bagi

1. Beri pengertian pada si kakak bahwa ia akan memiliki seorang adik.
2. Nggak usah ngoyo ingin rumah tetap rapi, nikmati saja. Bahkan jika mungkin, biasakan si kakak untuk membereskan mainannya.
3. Stamina kita harus dijaga. Jadi kita tetap punya waktu untuk bermain dengan si kakak.
4. Mual namun si kakak mengajak bermain? Lawanlah sekuat tenaga. Jangan sampai si kakak merasa tersisih
5. Si kakak tidur siang? Usahakan kita juga tidur siang meski sebentar. Semua demi badan tetap bugar saat menemani si kakak bermain
6. Nikmati momen terakhir dimana si kakak adalah anak satu - satunya. Ini mantra saya sih sebenarnya. Jadi kapan pun saya lelah saat diajak bermain atau ingin marah karena lelah, saya selalu mengingatkan diri saya bahwa sebentar lagu Rafasya harus berbagi segalanya dengan si adik. Jadi saya dan juga suami berusaha semaksimal mungkin menikmati momen saat kami masih bertiga.

Semoga pengalaman saya bisa membantu teman - teman ya. Yang pasti seru banget deh hamil saat memiliki anak berusia 5 tahun. Nggak akan terlupakan. Jangan lupa ya, ibu yang bahagia insya Allah kan menjadikan anak - anaknya bahagia juga. Jadi kalau ada kesulitan, senyumin aja deh ya..

20 comments:

  1. Wah alhamdulillah ya Rafasya udah ngerti dan perhatian sama calon adiknya :) makasih banyak udah share pengalaman dan tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah. Jadi lumayan terbantu emaknya. Sama2 Hana..

      Delete
  2. saya hamil kemarin si kakak umur 3 dan 5 tahun mbak, seru abis, eh ntar adiknya lahir tambah seru-seru asoy loh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mulai seru - seru asoy nih. Emaknya nahan napas tiyap si abang gemesin adiknya. Haha..

      Delete
  3. aku jadi throwback waktu hamil anak kedua.. emang sih rada pe-er ya ngasih pengertian ke anak batita saat itu bahwa dia akan punya adek lagi.. but it's woth it Buyuu.. seneng ngeliat pada gede2nya nanti ga kerasa usianya deketan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya.. Anakmu deketan ya jaraknya. Bener. Kecilnya mereka mah sebentar lah ya. Ga kerasa..

      Delete
  4. waah kereeen yah kakaknya udah mulai ngerti dari adek bayinya masih dikandungan. semoga akur-akur teruuus kakak sama adek yaaaah :))

    ReplyDelete
  5. Anak pertamaku usianya 2,5tahun, iri banget gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampaknya iri2an pasti ada yaa. Namanya biasa sendiri tetiba ada si adik. Mari kita semangaattt

      Delete
  6. Abang Rafa juara banget ya bisa diajak kompromi menyambut adek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Nia. Makanya pas hamil kemarin kemana aja ibunya pergi dia juga diajak. Hihi..

      Delete
  7. Biasa nya kakak nya jauh lebih manja dan mudah ngambek kalo tau ibu nya hamil hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, Alhamdulillah lebih manja memang. Hahaha..

      Delete
  8. aaww Rafasya so sweet bangeet sudah mau berbagi sama adik walau adiknya masih di perut bunda..

    Kalau aku ngerasa bisa ngobrol sama anak-anak pas hamil kid #3 soalnya pas hamil kid #2 kan anak pertama masih kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Karena umurnya juga kali ya mbak. Kalo lebih kecil mungkin belum terlalu ngerti. Hihi..

      Delete
  9. waktu hamil kmrn, aku jg ngalaminnya saat anak pertama masih 3.5 thn mbak.. pas adiknya lahir si kaka udh ngerti kalo dia bakal punya adek, dan mungkin krn dia permepuan juga kali ya, jd naluri kakak yg mau melindungi adiknya udh kebentuk.. kalo tamu2 dtg gendong adiknya, dia udh pasang bdn duluan :D.. pas aku hamilpun, untungnya dia ngerti, jd ga terlalu maksa utk main ama dia, dan lbh srg minta ke babysitternya.. emang asyik kok hamil di saat sdg ada toddler :).. pas itu jaraknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Senang karena si kakak sudah bisa diajak ngobrol ya. Dan sekarang si kakak udah minta adik lagi dong, ya salam.. Haha,,

      Delete