October 13, 2016

Mau Beli Barang tapi Ogah Rugi? Lakukan 5 Tips ala BuYu ini :D

Di era semua bisa lewat jempol ini, yakin deh saya teman - teman pasti pernah membeli barang secara online.  Setiap harinya kita akan melakukan transaksi belanja minimal untuk kebutuhan konsumsi, supaya bisa tetap sehat dan nyaman beraktivitas. Aktivitas beli barang online bisa pula dilakukan sekian kali setiap bulannya dan akan semakin banyak bagi mereka yang gemar berbelanja. Berbelanja dewasa ini tidak melulu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan tetapi juga menjadi bentuk rekreasi. Berbelanja barang baru bisamembuat kita senang seketika saat menerima dan menggunakannya. Hayo siapa yang merasa hepi pas klak klik add to cart meski seringnya diclose tab tanpa lanjut ke pembayaran? Saya sering melakukannya. Hihihi..



Rekreasi Belanja Supaya Tidak Rugi

Merasa tertekan dan stres kemudian memutuskan berbelanja membuat Kita sering kalap dan tidak pandai menentukan prioritas. Seringnya terjadi saat ada godaan tulisan SALE nih. Setelah stres mereda biasanya baru menyadari sudah belanja barang berlebihan dan banyak yang tidak akan dipakai dalam waktu dekat. Hal ini jika berjalan terus dan beberapa kali setiap bulannya maka akan membuat keuangan bangkrut. Supaya stres hilang dan kantong tetap aman maka perlu beberapa kiat sederhana ala BuYu berikut ini:

1. Membawa teman saat jalan-jalan,
Kadang belanja melepas penat dan tekanan pikiran ditujukan untuk jalan-jalan saja lalu melihat barang menarik dan ingin membelinya. Ada kalangan pada kondisi tertentu produk menarik dengan harga cukup mahal pun tidak menjadi soal. Supaya terkendali dan hanya membeli sebuah barang yang harganya pas sekaligus memang nantinya akan fungsional. Ada baiknya mengajak teman saat pergi belanja dadakan ini supaya ada yang mengingatkan akan manfaat dan harga barang tersebut. Ya tapi kadang justru ajak teman suka bikin belanja lebih banyak sih ya. Haha..

Klo bareng Mamouz bakalan belanja lebih banyak kynya :D

2. Hindari membawa kartu debit atau kredit.
Kartu debit dan juga kartu kredit menjadi alat pembayaran yang paling ideal untuk kondisi mendesak dan penuh tekanan. Supaya tidak berlebihan dalam kegiatan membeli barang demi melepaskan stres sebaiknya kedua jenis kartu transaksi ini tidak dibawa. Tinggalkan saja di meja kerja atau di rumah, baru kemudian menuju ke tempat yang cocok untuk berbelanja melepaskan tekanan pikiran. Tanpa kartu kita hanya bisa berbelanja dengan uang tunai.

Pasti hafal kan dengan iming - iming diskon tambahan kalau pakai kartu X misalnya. Memang sebaiknya sih belanja saat uangnya ada ya. Kalau saya biasanya ambil uang sejumlah nilai barang yang akan dibeli trus langsung fokus ke tokonya. Jadi jangan mampir - mampir ke toko lain dulu. Bahaya itu.

3. Membawa uang tunai dalam jumlah terbatas.
Salah satu penyebab berbelanja berlebihan padahal pikiran kurang jernih adalah membawa uang tunai dalam jumlah besar. Akan percuma saja jika meninggalkan kartu kredit dan kartu debit jika uang tunai yang dibawa jumlahnya tidak sedikit. Supaya tidak mudah membeli produk yang terlalu banyak dan mahal-mahal batasi saja jumlah uang tunai yang dibawa. Minimnya uang tunai sekaligus tidak adanya kartu transaksi maka belanja pun lebih aman dan tidak akan berlebihan.

4. Datang ke tempat belanja murah meriah.
Kenali pusat perbelanjaan yang menyediakan produk dengan harga miring sehingga seolah sudah membeli banyak. Akan tetapi total belanja yang dikeluarkan dalam jumlah terbatas sehingga kantong tidak akan tekor meski belanja saat stres melanda. Beberapa kota terutama kota besar memiliki pusat perbelanjaan yang tetap menarik dan kaya akan produk bermerk. Hadir untuk kalangan menengah ke bawah sehingga dijamin harganya lebih hemat, lokasi belanja seperti ini sangat ideal dikunjungi saat pikiran sedang stres. Ah ini sih untuk ibu - ibu nggak perlu diajarkan lagi ya. Pasti hepi banget ke tempat yang menjual barang - barang yang murah. Tapi biasanya sering ada godaan " beli banyak lebih murah " nih. Bisa juga sih disiasati dengan sharing, jadi bisa membeli satu jenis barang yang memang sama - sama diinginkan dan mendapatkan harga lebih murah.

5. Memilih belanja secara online,
Apakah cukup aman belanja online padahal sedang stres? Memang ada kemungkinan akan semakin tekor karena membayar harga produk ditambah ongkos pengiriman. Namun, bisa menjadi solusi menekan kemungkinan belanja berlebihan dari produk yang tidak begitu penting. Belanja online memberikan kesempatan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran dalam tempo tertentu. Ada pula yang membatasi pembayaran 4 jam saja dari pemesanan, namun ada pula sampai 2x24jam atau 2 hari. Sehingga ada waktu memikirkan apakah seharusnya beli barang yang dipesan atau di cancel saja. Belanja online juga lebih hemat di ongkos dan juga waktu. Jangan tergiur dengan "sekalian ngirim" dan jadi belanja lebih banyak ya.

Intinya sih, mau belanja online ataupun offline tetap saja niat dalam hati harus diluruskan. Masalahnya ngomong sih gampang ya. Tapi eksekusinya ini yang sulit. Selain tips yang saya berikan teman - teman punya tips lain nggak saat belanja supaya nggak rugi? Ajari saya dong..



10 comments:

  1. atau ga usah bawa uang yu..pasti gak rugi banget #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... bner bgt. Jd ga bs belanja ya kann..

      Delete
  2. Yang penting satu: kita harus tahu barang apa yang bakal kita beli. Soalnya kebanyakan kalo lagi kalap beli yang egak2 hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull.. jdnya semua rasanya perlu dibeli. Haha

      Delete
  3. Jangan belanja pas lagi kesel, bisa2 semuanya diborong pas nyampe rumah baru sadar yg ngga perlu malah dibeli hihihihi. Kalau belanja sama temen buat aku justru bahaya, soalnya sengaja ngga bawa dompet mereka malah nawarin bayarin dulu hahaha.. XD

    ReplyDelete
  4. Bawa temeeeen. Iyes banget, soale aku klo belanja hrs minta pendpt tmn mana yg paling bagus. Haha

    ReplyDelete
  5. Hahaha, jangan bawa duit + nggak usah buka-buka online shop, nggak akan rugi deh wkwk

    ReplyDelete
  6. iya bener Mbak...
    Kalau belanja bareng temen-temen kalo beli 1 seri jatuhnya lebih murah. Tapi jadinya kembaran bajunya..wkwkwk. bwda warna doang.

    ReplyDelete
  7. Mbaaaaak, saya malah yang poin 5 (belanja online) lebih bahaya mbaaaa... T.T sering kompulsif kalo liat foto yang cakep2... hiks...

    ReplyDelete
  8. Bawa uang dalam jumlah terbatas buat ku percuma Mbak, soalnya kan bisa gesek pakek debit. Huaaaa.. :(

    ReplyDelete