October 27, 2016

Plus Minus si Kopi Hijau

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak diminati banyak orang. Saat ini banyak kita temui berbagai kedai kopi yang menyuguhkan tempat nyaman dan menarik untuk nongkrong para kawula muda. Selain memberikan efek menenangkan, kopi sekarang dibuat dengan berbagai macam varian yang membuat rasanya semakin menarik untuk dicoba. Saya bukan orang yang termasuk dalam golongan pecinta kopi. Tapi untuk variasi minuman, sesekali bolehlah icip - icip kopi dalam bentuk apapun.

Bagi para pecinta kopi, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kopi hijau yang digadang-gadang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh dibanding kopi-kopi jenis lain. Hah? Kopi hijau? Maksudnya bagaimana sih?



Istilah hijau sendiri sebenarnya berasal dari biji kopi yang belum dipanggang sebelumnya. Biji kopi yang pengolahannya melalui proses pemanggangan, biasanya asam klorogenat yang terkandung di dalamnya akan mengalami pengurangan. Hal ini tidak terjadi pada kopi yang tidak dipanggang dulu sebelumnya. Kopi yang diolah melalui proses pemanggangan terlebih dulu biasanya kandungan antioksidannya hilang dan menjadikannya menjadi sama sekali tidak bermanfaat bagi tubuh.
Dari sini 

Tapi perlu diketahui juga, kopi hijau tidak selamanya membawa efek baik bagi tubuh, ada efek samping yang harus diperhatikan saat mengkonsumsinya. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi kopi ini:

Sebagai antioksidan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kopi ini mengandung asam klorogenat yang tinggi, di mana kandungan asam itu dapat menjaga kadar glukosa dalam aliran darah kita, serta mencegah kerusakan sel-sel kulit.
Mampu meningkatkan pertahanan tubuh. Asam klorogenat dikenal sebagai pendorong metabolisme, yang dapat meminimalkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah. Karena kurangnya glukosa yang masuk ke dalam tubuh, sel-sel lemak yang tersimpan dalam tubuh kita mulai diolah untuk memenuhi kebutuhan glukosa.
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di BMC Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa asam klorogenat adalah senyawa utama untuk menurunkan berat badan.
Telah dijelaskan di atas bahwa kandungan asam dalam biji kopi ini meminimalkan pelepasan glukosa dari hati ke aliran darah. Yang artinya, hal itu dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Detoksifikasi alami. Kandungan dalam biji kopi ini akan membersihkan racun yang terdapat pada organ hati, membersihkan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol dan yang lainnya.

Setelah dikaji dan diteliti oleh para ahli kopi memang membawa banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, tentunya hal itu akan memberikan efek samping yang tidak baik juga. Sejatinya apapun yang dikonsumsi secara berlebihan itu nggak baik sih menurut saya. Jadi, apa saja efek samping yang kita rasakan kalau kita mengkonsumsi kopi ini secara berlebihan?

Kopi yang hijau memiliki kandungan yang sama dengan kopi biasa pada umumnya, seperti kafein dan sebagainya. Kafein sendiri merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan fungsinya sebagai pengusir rasa kantuk secara sementara. Oleh sebab itu, jika kita terlalu banyak mengkonsumsi kafein, kita dapat terserang insomnia, gugup dan gelisah tanpa sebab, sakit perut (perih), mual dan muntah serta meningkatnya detak jantung dan pernapasan. Selain itu juga bisa menyebabkan karang gigi, gangguan pada mata dan konstipasi.

Namun efek minum kopi hijau pada tiap-tiap orang berbeda. Ada orang yang langsung mual-mual dan asam lambungnya meningkat setelah minum setengah cangkir. Ada yang biasa saja meski sudah minum 5 cangkir. Ngomong - ngomong ibu saya pernah lho mengkonsumsi kopi hijau karena digadang - gadang bisa membuat kurus. Namun setelah paket kopi hijaunya habis kurus tak kunjung datang. Hehe..

Kopi memang bisa menjadi teman untuk berkreasi, mencari ide dan pengusir kebosanan. Tapi menghindari asupan kafein yang berlebihan juga bisa jadi alasan untuk terus hidup sehat. Ditambah lagi dengan rajin mengkonsumsi buah - buahan dan sayur serta berolahraga, insya Allah kesehatan akan terjaga. Oh well, ngomong memang lebih gampang sih dari pada melakukannya. Tapi demi badan sehat, masa sih kita nggak mau?

5 comments:

  1. Aku suka banget kopi tapi blm pernah nyobain kopi hijau. Harus cobain nih, apalagi banyak manfaatnya gitu ya Yu :)

    ReplyDelete
  2. hem... bagus banget nih kopi hijau buat yang mau diet....
    #klw aku sih gk mau diet :D

    ReplyDelete
  3. Betul tuh mba, temen aku juga bilangnya gitu, bisa membantu diet juga katanya, tapi ya itu, kl kebanyakan jadi insomnia

    ReplyDelete
  4. banyak manfaatnya mba, istri saya juga nyoba beli, konsumsi 1 minggu berat badanya jadi kacau..hehe belinya di Discoffeery, Kopi Hijau 100% Asli

    ReplyDelete