October 16, 2016

Rejeki dari Online Travel Agent

Bicara tentang Travel Agent , tentunya identik dengan berlibur. Berlibur itu selalu membawa hawa yang menyenangkan. Baru membuat itinerary liburan saja biasanya sudah membuat saya senyum - senyum membayangkan keseruan yang akan kami alami di lokasi tujuan liburan. Selain menyusun itinerary berupa list tempat wisata yang akan didatangi lengkap dengan kulinernya, memilih hotel yang akan kami tinggali menjadi hal yang sangat penting. Kenapa penting? Karena sebisa mungkin mencari hotel yang best buy. Best buy disini dalam artian dekat dengan tempat wisata, bagus reviewnya, makanannya enak dan dengan harga yang paling ekonomis. Yess.. Jiwa emak - emak saya pun muncul kembali. Hihi..

Dari initempatwisata.com
 jd ingat pas kami liburan ke Batu


Mendapat upgrade hotel secara gratis dengan fasilitas yang lebih baik tentunya adalah pengalaman yang menyenangkan. Saya pernah lho. Bukannya suka gratisan tapi kalau menguntungkan jadinya seperti mendapat rejeki tiba-tiba. Saat itu saya baru saja menikah. Karena pertimbangan kondisi kesehatan ayah saya yang baru saja keluar dari Rumah Sakit karena harus pasang ring, jadi kami memutuskan untuk membuka kamar di Hotel yang dekat dengan gedung resepsi kami. Meski pada praktiknya kamar hotel nggak dipakai oleh ayah saya, bahkan belum check In. Akhirnya setelah selesai resepsi, kami langsung ke hotel dan hepi berat karena kamar yang kami pesan ternyata diupgrade. Kami mendapat kamar yang lebih besar dan lebih kece tentunya. Rejeki pengantin baru ya kan.

Saat ini sudah sangat mudah untuk melakukan pemesanan melalui online travel Agent. Kita bisa menemui banyak perusahaan online yang menyediakan layanan untuk pemesanan hotel dan tiket pesawat di internet. Tinggal browsing saja. Review hotel yang kita inginkan juga banyak terdapat di blog, semua tinggal browsing saja. Repot kan kalau harus nanya teman-teman atau keluarga hotel mana saja yang bisa kita pilih. Kalaupun tidak merepotkan, biasanya pilihan yang diberikan juga tidak terlalu banyak, bukan? Jadi lebih baik mencari sendiri. 

Di internet, ada banyak online travel agent seperti Booking, Traveloka, Agoda, Nusatrip, Pegipegi, dan  lain sebagainya. Kita bisa memilih perusahaan mana yang memiliki penawaran terbaik. Tentu ada beberapa kelemahan atau kelebihan yang ditawarkan oleh travel agent tersebut. Tapi secara umum sih harga dan fasilitas yang ditawarkan mereka bersaing. Dan yang paling penting, online travel agent itu biasanya memberikan pelayanan yang terbaik.

Kita juga tidak perlu mengkhawatirkan bahwa perusahaan daring travel agen tersebut akan menipu. Sudah banyak konsumen yang menggunakan jasa PegiPegi, Agoda, Traveloka, Booking, dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah memastikan bahwa mereka memiliki layanan yang jelas dan juga review yang baik.Rata-rata perusahaan online travel agent ini menampilkan rincian yang jelas beserta review para pengguna layanan. Cara memesannya pun relatif mudah dan yang paling menyenangkan kalau pas mendapat promonya itu lho. Bisa menghemat lebih banyak dong. Budget lebihnya bisa deh dipakai untuk masuk ke tempat wisata atau mungkin belanja. :D

Sekarang saat kami akan berlibur, sudah tentu kami akan langsung mencari hotel secara online. Beberapa kali kami menemukannya di Traveloka dan sudah membandingkan harga-harganya. Bukan berarti Traveloka pasti yang termurah atau termahal, harga-harga yang ditawarkan travel agent kan memang berbeda-beda. Silakan saja pilih mana yang paling cocok. Kenapa saya ketagihan memesan hotel secara online? Ya karena mudah untuk mencarinya. Hanya tinggal ketik tujuan wisata, pilih yang paling sesuai dan bayar.

dailysocial.id

Bahkan jika memang ada kendala saat check In, pihak Travel Agent dan hotel akan memiliki penyelesaian yang baik. Misalnya saja saat sampai di hotel, ternyata kamar yang kita pesan sudah penuh. Tinggal komunikasikan saja dengan pihak hotel dan tunjukkan bukti pemesanan juga bukti bayar, biasanya Travel Agent seperti Traveloka akan langsung menghubungi. 

Biasanya dengan pelayanan yang ramah, mereka memohon maaf atas ketidaknyamanan yang kita rasakan dan memberikan kompensasi berupa meng-upgrade kamar yang sudah dipesan dengan kamar yang memiliki grade satu tingkat di atasnya yang lebih luas dengan dua tempat tidur besar. Solusi yang bagus kan? Jadi anak - anak bisa berlari - larian di kamar yang lebih lapang.

Tentunya bukan berarti saat memesan online kita mengharapkan ada kejadian yang tidak mengenakkan. Namun saat mengalami masalah dengan pesanan kamar dan pihak Travel Agent bertanggung jawab dengan memberikan upgrade kamar, tentunya hal itu akan sangat menyenangkan. Hal seperti ini yang membuat saya dan keluarga menyukai metode memesan kamar secara online. Balik lagi sih, rejeki mah ga kemana. Kalau memang sudah rejeki menginap di kamar yang lebih besar, bagaimanapun caranya ya akan terjadi.

Nah, teman - teman pernah mendapat rejeki jugakah dari memesan hotel secara online? Mendapat upgrade kamar atau mungkin mendapat kesempatan menginap di hari selanjutnya secara gratis? Cerita dong..

11 comments:

  1. Waktu ke Bali, hotelnya katanya di Ubud, tapi ternyata malah dekat ke Denpasar. tapi ngga rugi, karena kamarnya luas dan privat banget :)

    ReplyDelete
  2. Pernah banget mba... Aku dapet diskon lbh dr 60% waktu booking via online travel agent. Pas konfirm ke resepsionis hotel, mbaknya sampe bingung sendiri pas liat harganya "kemurahan" :))

    ReplyDelete
  3. Kalo rejeki di upgrade belum pernah mbak.. Karna emang belum pernah kejadian aneh2..
    Tapi kalau dapet disc yang lumayan mis ada kode voucher atau promo pake CC apa gitu, itu sering bgt.. Dan bener pesan tiket online lebih murah, lebih cepat.. hehe Alhamdulillah..

    onlybona.com

    ReplyDelete
  4. Kayaknya travel online kadang lebih baik servicenya daripada travel konvensional ya... Meskipun mungkin ada beberapa yg mengalami masalah juga, tapi alhamdulillah selama pake travel online ngga pernah ada masalah..

    ReplyDelete
  5. Udah beberapa bulan ini jadi pelanggan tetap agen travel online, sebut saja traveloka, hehe. Soalnya emang lbh mureh trus duah ga ada biaya plus2 dr harga tertera :p

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sih sering dpt promo dan diskonan dr pesan hotel online...

    ReplyDelete
  7. Beluuum pernaaah. Semoga kapan2 dapat,hihi. Pakai online travel agent lbh murah, simple dan praktis.

    ReplyDelete
  8. Aku sudah pernah bookingnya apaa eeeh dptnya.yg lbh bagus kamarnyaaa hihi alhamdulillah

    ReplyDelete
  9. Aku pernaah.. dapet diskon plus tambahan free spa 1 jam krn booking pake travel agent online :)

    ReplyDelete
  10. belum pernah, idem kayak lisna, semoga soon, soon, soon

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete