November 24, 2016

Belajar Huruf dan Angka ala si Anak Bujang

Mengingat Rafasya sekarang sudah di TK B, berarti tahun depan anak bujang Bunda ini insya Allah akan masuk SD. Aakk.. Cepat kali waktu berlalu, perasaan kemarin baru masuk KB. Jadi akhir - akhir ini Rafasya sering berlatih menulis di rumah. Kalau di sekolah memang tidak diajarkan membaca dan menulis dengan target harus bisa. Diajarkan sih, dikenalkan beragam huruf dan angka. Supaya kenal dengan bentuk huruf jadi Rafasya belajar menulis nama sendiri juga.


Sebagai sarana bantuan belajar menulis, saya membelikan buku untuk Rafasya. Saya memilih buku yang bisa ditulis dan dihapus. Jadi bisa diulang - ulang terus.

Seri Buku Tulis - Hapus
Pandai Membaca & Menulis
Penerbit Cerdas Interaktif ( Penebar Swadaya Grup )



Sejauh ini Rafasya menyukai buku hapus tulis ini. Yang lucunya karena sebagian besar Rafasya menulis menggunakan tangan kiri, jadi tangannya selalu menghapus huruf yang sebelumnya ia tulis. Haha..


Biasanya selepas maghrib Rafasya akan makan malam, main sebentar lalu berlatih menulis. Ini juga nggak setiap hari, sesuka hatinya aja. Saya nggak memaksanya untuk bisa membaca dan menulis. Namun sayangnya di SD nanti buku - buku pelajarannya sudah sedemikian tebal. Saya tahu dari teman - teman yang memiliki anak SD. Kan bikin galau ya. Tapi emaknya Rafasya berusaha santai. Jadi mau nggak mau Rafasya harus sudah bersiap - siap. Karena saya belum mau memasukkannya ke kursus baca tulis jadi sementara ini Rafasya berlatih dengan buku seperti ini. Selain itu jika kami bepergian, di mobil Rafasya berlatih membaca plat nomor kendaraan di jalan dan tulisan - tulisan yang ada di Billboard. Membuat bentuk huruf dari Lego juga sering kami lakukan. Apa saja deh untuk mengenalkan huruf dan angka pada Rafasya.


Kalau buibu pakbapak sekalian, bagaimana cara mengajarkan baca tulis pada anaknya? Share ke saya ya..

3 comments:

  1. Selain yang buyu sebut biasanya juga klo jalan ke mall atau makan di luar sambil tanya angka dan huruf yang ada di buku menu, logo atau baju orang yg lewat, hahahahaha.

    ReplyDelete
  2. Aku pakai poster huruf & angka dengan gambar helo kitty jadi Raya suka, buku-buku juga pake, tapi lebih efektif pake poster buat Raya karena gede-gede & lebih eye catching :D

    ReplyDelete
  3. Ih buku ini beli dimana? Bagus banget bisa buat latihan belajar skala mini..

    ReplyDelete