August 12, 2018

Orang Tua Cerdas untuk Anak Indonesia yang Cerdas

Setiap orang tua tentunya menginginkan anak yang dibesarkannya menjadi anak yang cerdas. Ngomong - ngomong soal cerdas, sudah pada tahu belum maksud dari kata anak cerdas itu? Apa sih anak yang cerdas itu? Saya punya bocoran definisi cerdas nih mentemen. Jadi ada beberapa kriteria untuk menjadi anak cerdas. Anak cerdas adalah anak yang sehat, berani, kreatif dan juga peduli. Wah pasti semua orang tua ingin ya anaknya memenuhi semua hal tersebut. Tapiiiii, pertanyaannya sudahkah kita menjadi orang tua cerdas ? Karena sejatinya orang tua yang cerdaskan yang nantinya akan melahirkan dan mencetak anak - anak yang juga cerdas. Ya nggak sih? 

Saya tahu, menjadi orang tua memang bukan pekerjaan yang mudah. Tapi bukan berarti kita tak bisa membekali diri. Bahkan sebaiknya semua bekal terbaik kita persiapkan sejak memilih calon pendamping hidup lho. Hihi.. Kenapa begitu? Karena bekal yang kita persiapkan ini nantinya akan membantu kita dalam mencetak anak - anak yang cerdas. Bekal seperti apa sih yang diperlukan untuk membentuk anak yang cerdas? Yuk kita bahas satu per satu sesuai dengan kriteria yang diperlukan untuk menjadi anak cerdas.

Bekal untuk membentuk anak yang berani

Keberanian merupakan sesuatu yang membutuhkan proses untuk membentuknya. Sebagai orang tua kita perlu melatih anak untuk menjadi berani. Bagaimana caranya?  Dengan membiarkan anak memilih, kita akan melatih anak untuk berani mengambil resiko juga berani mengambil keputusan. Kita juga sebaiknya mengajarkan anak untuk berani mencoba apapun dan berani menerima jika mengalami hal yang mengecewakan. 






August 7, 2018

Liburan Edukatif : Napak Tilas Peristiwa Tsunami Aceh


Bencana Tsunami di Aceh tahun 2004 silam merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang tidak akan bisa dilupakan. Bahkan hingga saat ini setiap tanggal 26 Desember, masyarakat Aceh masih memperingati bencana yang telah merenggut ratusan ribu nyawa tersebut dengan doa dan zikir bersama.
Meskipun begitu bukan berarti masyarakat Banda Aceh masih terpuruk dengan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Untuk membangkitkan semangat dan perekonomian masyarakat, pemerintah setempat memugar dan membangun beberapa lokasi yang dianggap menyimpan banyak sejarah tentang bencana gempa bumi dan tsunami tahun 2004. 
Nah, jika saat musim liburan nanti Anda berencana berlibur bersama buah hati, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka menapaktilasi sejarah bencana gempa dan tsunami di Aceh. Untuk berlibur ke Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatera tersebut, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti tiket pesawat dan penginapan. 
Agar mempermudah proses pemesanan atau booking, Anda bisa melakukan transaksi melalui situs agen travel tepercaya seperti Airy. Selain melayani pemesanan penginapan dengan fasilitas yang lengkap, website ini juga melayani booking tiket pesawat untuk berbagai rute di Indonesia, termasuk Aceh



August 6, 2018

Memahami Bahaya Kanker Serviks Lewat Felancy Blogger Gathering


Mungkin kita sudah sering mendengar tentang terjadinya kanker ini pada kerabat atau bahkan publik figur. Kanker Serviks ini merupakan kanker yang menjangkiti organ dalam wanita, dalam hal ini organ tersebut adalah leher rahim. Leher rahim merupakan gerbang untuk menuju rahim dari vagina. Saat melakukan vaksin serviks sesaat setelah Rafasya hadir, saya belum merasa takut yang teramat dengan kanker yang menduduki peringkat kedua sebagai pembunuh wanita di Indonesia ini. 




Namun perasaan yang berbeda langsung menyelimuti diri saya saat menghadiri Felancy Blogger Gathering akhir Juli kemarin. Informasi yang diberikan oleh dr. Ferry Darmawan, SpOG dari RSIA Budhi Jaya dan juga Ibu Endang dari CISC (Cancer Information and Support Center) sebagai penderita benar - benar merubah pikiran saya tentang kanker ini. Seketika saya langsung merasa takut dan bertekad ingin meneruskan informasi ini pada banyak orang khususnya teman - teman wanita. Mengapa bisa seperti itu? 


#1000HariPerlindungan Kulit Bayi dari Iritasi demi Masa Depan YangLebih Baik

Masa - masa saat mengetahui bahwa saya sedang mengandung lalu melahirkan dan melihat kedua jagoan saya untuk yang pertama kali merupakan masa yang nggak mungkin bisa saya lupakan. Perasaan bahagia juga terharu langsung membuncah saat pertama kali bertemu Rafasya juga Arsel. Duh, jadi ingat bagaimana rasanya perut diobok - obok saat dokter kandungan mengeluarkan mereka. Setelah perasaan bahagia bin terharu yang sukses membuat mamak langsung meler, perasaan apa lagi yang muncul? Perasaan ingin melindungi. Ya. Saking kuatnya perasaan ingin melindungi ini, saya bahkan langsung meminta suami untuk keluar dari ruangan operasi dan mengikuti si bayi hanya karena saya nggak ingin bayi saya tertukar. Padahal kan bayi kita langsung dipakaikan gelang yang menyebutkan nama orangtuanya sesaat setelah lahir ya? Haha. Ya namanya juga jadi mamak - mamak kan. Bawaannya memang ingin melindungi si anak terus. 

Perlindungan Saat Hamil

Perasaan ingin melindungi si kecil ini, sejatinya akan otomatis muncul sejak bayi kita masih di dalam kandungan. Saat hamil, kita sering mengusap perut dan refleks memegang perut jika naik kendaraan yang sedikit berguncang. Perlakuan seperti itu merupakan insting seorang ibu yang ingin melindungi buah hatinya, bahkan sebelum lahir. Selain perlindungan lewat perlakuan pada janin, ibu juga sebaiknya memberikan perlindungan dari dalam. 

Mentemen pasti sudah dengar ya dengan yang namanya 1000 hari pertama kehidupan. Nah 1000 hari pertama ini dihitung sejak kita sudah dinyatakan hamil. Yup. Jadi bukan saat bayi lahir. Asupan yang bergizi demi masa depan bayi itu sudah harus kita berikan sejak ia masih dalam kandungan dan dilanjutkan sampai si kecil berusia 2 tahun (1000 hari pertama kehidupan) sampai ia besar. 

Saat hamil tentunya kita sebagai ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan bernutrisi baik demi asupan yang terbaik untuk janin. Ibu hamil juga biasanya diberikan vitamin oleh dokter kandungan. Semua itu tentunya untuk memastikan si kecil tumbuh sehat dan kuat di dalam rahim kita. 

August 2, 2018

ANTAM Luncurkan Desain Emas dan Kemasan Baru

Ide untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan alias logam mulia sudah lumayan lama menjadi topik di antara saya dan suami. Tentunya ide berinvestasi ini demi keuangan yang lebih baik bagi kami sekeluarga ya kan? Tapi ya gitu deh. Kami masih maju mundur dan masih menimbang - nimbang untuk membelinya. Rasanya masih galau aja gitu untuk menabung dalam bentuk emas. Namun saat saya menghadiri undangan makan malam dalam rangka #GoldReinventing dan juga memperingati 50 Tahun PT ANTAM, ide tersebut akhirnya berubah menjadi aksi nyata. 






July 9, 2018

Singapore Day 1 - 30 Agustus 2017 ( 5 Hari 4 Malam Bersama Bayi danRombongan )

Sekitar pukul 9. 30 kami sudah sampai di bandara Soekarno Hatta. Maskapai yang akan membawa kami ke negara Singa adalah Jet Star. Cukup excited juga saya karena belum pernah naik maskapai ini. Seringnya sih naik maskapai merah dengan singkatan dua huruf vokal yang sama. Haha..


Setelah proses cek in dan melewati imigrasi, pukul 10.45 kami sudah bisa masuk ke dalam ruang tunggu. Namun ternyata ada mini playground. Karena board ini timenya masih lumayan lama jadi Rafasya main dulu di playground. Sementara saya menggendong Arsel yang memang sedang jadwalnya tidur pagi. Karena agak mengantuk, saya dan suami pun ngopi sejenak sambil menunggu abang Rafasya main. 


July 4, 2018

Apa yang Saya Lakukan Saat Payudara Terasa Bengkak dan Nyeri ?

Another postponed story yang baru sempat dipublish sekarang

Buat buibu yang menyusui, payudara yang bengkak tentunya sering terjadi. Terkadang saat produksi ASI sudah banyak dan bayi belum menyusu, payudara ibu akan terasa penuh dan bengkak. Kalau saya sih solusinya dipompa. Beberapa kali saat Arsel baru lahir saya sempat mengalami payudara yang bengkak karena supply ASI yang meningkat. Jika sudah terasa penuh dan Arsel belum mau menyusu, saya akan langsung memompanya. Makanya di awal - awal bulan kehadiran Arsel, saya sempat memiliki stok ASIP satu freezer kulkas di rumah. Namun karena saya sebagian besar menghabiskan waktu di rumah, akhirnya Arsel pun menyusu langsung dan ASIP sya pun berakhir di kitchen sink. 

Setelah episode payudara penuh dan bengkak sampai harus dipompa di awal kelahiran Arsel, sejak Arsel berusia 7 bulan saya sudah tidak pernah mengalaminya lagi. Breast pump saya pun ngetem di lemari bersama stok diapers. Sekarang payudara saya akan terasa penuh saat menjelang waktunya Arsel menyusu, sekitar 2 jam kurang lebih. 


July 1, 2018

Itinerary 5 Hari 4 Malam Jalan - Jalan ke Singapura Bersama Bayi danKakek Nenek

Holaaaa...
Duh ini cerita udah lama bener. Mmm.. Lebih tepatnya ini cerita tentang perjalanan akhir Agustus sampai awal September 2017. Maklumlah ya, buibu macam awak ini susye bener kalau urusan nulis acara jalan - jalan. Pengennya kan nulisnya rapih dan semua lokasi yang didatangi tertuang di tulisan itu. Tapi apa daya waktu menulis pun terbagi dengan endebra endebre urusan rumah dan lain sebagainya pas pulang dari jalan - jalan. Iya apa iya buibu? Hihi..


June 30, 2018

Serunya Main di Shoot Archery Gandaria City


Bagaimana buibu pakbapak, mulai galau kan anaknya yang pada liburan mau diajak berkegiatan apalagi? Kali ini daku mau bercerita tentang pengalaman aktivitas memanah yang diikuti oleh abang Rafasya di Gandaria City. 

Bulan puasa kemarin saat wiken tiba kami sempat berkunjung ke Gandaria City. Saat selesai melipir sejenak ke toko mainan di lantai paling atas untuk melihat - lihat mainan ( yess lihat - lihat saja tanpa beli haha) kami melihat tempat untuk berlatih memanah ini. Namanya Shoot Archery Zone. Karena abang Rafasya memang memilih ekskul memanah di sekolah, ia pun langsung excited untuk ikutan.



Saat kami ke kasir untuk memesan ternyata mbaknya bilang minimal untuk ikut bermain adalah 7 tahun kalau tidak salah. Jadi sebenarnya abang Rafa belum bisa ikutan. Namun karena kami beritahu bahwa di sekolah ia sudah ikutan ekskul memanah mbaknya mengajak Rafasya untuk mencoba memegang busur yang ada. Ternyata saat busurnya dicoba ditarik, abang Rafa mengakui ini lebih berat dan lebih besar dari yang dipakai di ekskul sekolah. Setelah dilihat postur dan kekuatan lengan Rafasya, mbaknya bilang bahwa Rafasya sudah bisa ikutan. Karena busurnya ini lumayan berat lho mentemen dan tingginya sama seperti Rafasya. Haha.. Saya salut dengan keprofesionalan pegawai Shoot Archery Zone ini. Jadi tujuan mereka bukan cuma banyaknya pengunjung yang bermain juga keamanan bagi pengunjung untuk bermain dan menikmati permainan. Hebat. 





Setelah melihat pilihan paket permainan, abang Rafasya setuju untuk memilih paket yang 15  anak panah. Jika sudah melakukan proses pembayaran, kita akan beralih ke meja Disampingnya kasir untuk mengenakan pelindung lengan dan pelindung jari. Setelah semua terpasang dengan baik kita bisa lanjut ke lintasan permainan. Lintasan dewasa dan anak - anak memiliki perbedaan. Jarak untuk anak lebih pendek daripada dewasa dengan hanya 1 target lingkaran besar sementara dewasa memiliki 4 target lingkaran kecil. Ada 4 tempat untuk anak dan 10 tempat untuk dewasa seingat saya. 





Sebelum bermain ada pegawai yang menghampiri Rafasya dan mengajari cara menarik busur, memasang anak panah, postur saat melepas anak panah sampai mengingatkan untuk memicingkan mata. Meski sudah ikut ekskul di sekolah, abang Rafasya tetap perlu diberikan brief seperti ini karena busur yang berbeda tinggi dan beratnya juga anak panah yang berbeda. 



Sambil menunggu abang Rafasya latihan, kita bisa ngemil di Shoot's Cafe yang menjual beberapa makanan ringan sampai berat dengan harga wajar. Senang sekali saat melihat harganya yang normal. Jadi cocok ya kan untuk menunggu anak bermain. Kemarin saya sih nggak sempat icip - icip disitu karena kan hanya 15 anak panah ya. 



Sebenarnya kemarin ayahnya juga ingin ikutan mencoba memanah, namun karena kami nggak ingin lama - lama di mol saat puasa jadi belum terlaksana. Niatnya sih kami ingin balik lagi karena saya juga ingin mencoba. Buat mentemen yang bingung anak - anaknya mau diberi kegiatan apa, mungkin bisa mencoba memanah di Shoot Archery Zone Gandaria City. Setahu saya sih ini tampaknya area memanah pertama yang ada di mol ya. Atau ada yang tahu tempat memanah lain yang model begini, mau dong infonya supaya lebih banyak pilihan. 




June 28, 2018

Perpanjang SIM di Mall Alam Sutera

Mau cerita tentang perpanjangan SIM nih mentemen. Jadi beberapa bulan yang lalu SIM saya ternyata habis. Dari hasil browsing sekarang perpanjang SIM itu bisa dimana saja seperti di beberapa mall. Tadinya sempat kepikiran buat mlipir ke Gancit yang masih di Jakarta Selatan aja biar nggak jauh, tapi hasil browsing dan pengalaman adik saya menunjukkan bahwa di Gancit itu ramai. Jadi saya langsung pilih Mall lain yaitu Mall Alam Sutera. Jauh yes? Memang. Tapi kabarnya nggak terlalu ramai.



June 26, 2018

Lakukan 4 Hal ini Untuk Mencegah Diare

Untuk saya, dan mungkin sebagian ibu - ibu lainnya, diare atau masalah gangguan pencernaan pada anak merupakan hal paling saya usahakan untuk dihindari. Kenapa? Karena kalau anak sudah diare itu cepat banget Berat Badannya merosot. Huhuhu. Padahal kan usia toddler khususnya, menaikkan BB anak itu nggak semudah menaikkan BB emaknya. Ya kan..

Makanya saya selalu berusaha mengajarkan anak - anak saya untuk menghindari diare dengan cara

1. Makan makanan sehat
Sehat yang saya maksud disini adalah yang komposisinya seimbang dari karbohidrat, lemak, serat dan  proteinnya. Kami di rumah sudah terbias sarapan dengan buah atau overnite oat. Untuk makan siang dan makan malam hampir sebagian besar selalu ada sayuran pada menu kami. Alhamdulillah anak - anak juga bukan tipe yang sulit makan sayur. Mungkin karena terbiasa atau karena dicontohkan oleh orang tuanya.

2. Cuci tangan
Setiap sehabis bepergian, baru masuk ke dalam rumah atau sehabis bermain di playground saya selalu mencontohkan pada anak - anak untuk mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan dan efektif untuk mencegah diare. 

3. Menutup mulut saat batuk atau bersin
Kebiasaan untuk menutup mulut dengan tisu atau saputangan juga merupakan kebiasaan yang kami ajarkan di rumah. Karena dengan terbiasa menutup mulut kita bisa mencegah penularan virus batuk pilek tadi. Mentemen tahu nggak sih kalau saat kita batuk atau bersin tapi sedang nggak ada tisu di sekitar kita, kita bisa menutup mulut dengan lengan baju. Jadi tutupi saja mulut dengan lengan yang terbungkus baju. Abang Rafasya sih masih suka lupa untuk menutup dengan lengan baju, namun insyaAllah kebiasaan menutupnya sudah dilakukan meski dengan tangan. Pernyataan ya harus langsung cuci tangan atau dilap dengan tisu basah.


June 13, 2018

Sentuhan Cinta, Cara Memijat dari Johnson’s untuk Bayi Indonesia

Buibu pernah nggak sih merasa galau urusan pijat memijat saat buah hati kita baru saja lahir ke dunia? Pijat memijat yang saya maksud adalah pijat memijat si bayi ya. Kalau pijat memijat ibunya sih urusan lain lagi, hihihi. Namanya juga bayi baru lahir ya kan, apalagi anak pertama, kita sebagai ibu masih grogi saat memegang si buah hati. Coba deh ingat - ingat saat pertama memandikan buah hati kita, khususnya anak pertama. Pasti ada rasa takut kan ? Takut kekencangan megangnya bahkan takut merosot saat sedang menyabuni bayi merah ini. 

Begitu juga urusan pijat. Kayaknya ngeri banget gitu membayangkan bayi merah untuk dipijat. Padahal nih ya buibu, memijat bayi itu merupakan bentuk keintiman yang paling dahsyat antara ibu dan bayinya. Memijat si bayi juga sangat penting untuk pertumbuhan si bayi itu sendiri. Karena dengan memijat, kita bisa merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi dan pembelajaran. Kalau sudah mengetahui bahwa pijat bayi ternyata sangat penting, yuk kita belajar memijat bayi sendiri.


June 11, 2018

Tips Menghindari Sariawan Saat Berpuasa


Puasaaa...
Alhamdulillah ya mentemen kita bisa menikmati lagi berjumpa dengan bulan yang penuh berkah ini. Puasa selalu menghadirkan suasana yang berbeda dibandingkan bulan lainnya. Ya makanannya, euforia di pusat perbelanjaan, ramainya acara bukber di handphone yang belum jelas terlaksana atau tidak (:p) dan tentunya semangat beribadah umat muslim baik di masjid maupun di rumah. Percaya nggak sih, yang kangen akan bulan puasa ini bukan cuma umat muslim tapi juga mentemen non muslim. Dari obrolan saya bersama mentemen non muslim, rata - rara mereka kangen dengan euforia jualan makanan berbuka plus acara bukber yang sekaligus merupakan ajang reuni. MasyaAllah ya. Mungkin ini ya yang dinamakan Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.



Selain segala keriaan yang hadir pada bulan puasa, ada juga nih yang biasanya hadir saat puasa seperti ini. Nggak lain nggak bukan adalah sariawan, panas dalam, sakit menelan dan teman - temannya. Nyadar nggak sih kalau sariawan and the gank ini sering hadir saat bulan puasa. Mungkin karena asupan cairan dan serat yang kurang plus kebiasaan berbuka dengan makanan berminyak ya? Hayoo siapa yang suka berbuka dengan gorengan atau sahur dengan menu dari rumah makan padang dan beralasan supaya selera makan? Eh itu sih saya aja kali yaaa. Haha.. Tapi bener deh, sedang berpuasa dan sariawan itu merupakan hari yang berat menurut saya.


June 10, 2018

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jual Bendera InggrisSecaraOnline

Di era moderen ini kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, sebagian aktifitas manusia bahkan dapat dilakukan semakin mudah hanya dengan menggunakan perangkat smartphone saja. Hal ini juga berpengaruh pada para pelaku bisnis yang memilih menjalankan bisnis secara online karena dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan membuka toko secara konvensional. Salah satu bisnis online yang belakangan ini banyak dibicarakan oleh sebagian orang adalah jual bendera Inggris. Bendera kebangsaan yang satu ini memiliki arti tersendiri untuk para penggemar negara tersebut sehingga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menjadikan peluang usaha.


June 4, 2018

Perbaiki Kualitas Udara agar Si Kecil Bebas dari Batuk Pilek

Hola buibu sejagad maya. 


Pastinya momen anak sakit adalah momen yang membuat para ibu di manapun akan patah hati. Semakin kecil si anak, semakin patah hati lah si ibu. Karena anak yang masih kecil, seperti bayi misalnya, belum mengerti apa yang harus dilakukan jika sakit. Mereka juga belum bisa bicara dan memberi tahu kita ibunya, tentang apa yang mereka rasakan. Yang mereka para bayi lakukan jika sedang sakit biasanya hanya menangis dan menjadi rewel. Jika anak sudah memasuki usia toddler, anak sudah mulai belajar bicara. Jadi biasanya sudah bisa memberi tahu saat ada bagian dari tubuh mereka yang sakit. Tapi rasanya sampai anak sudah besar pun, para ibu akan selalu sedih dan patah hati ya kalau anaknya sakit.

Bicara tentang penyakit, batuk dan pilek adalah salah dua penyakit yang sering diderita oleh anak sedari bayi. Sebenarnya batuk pilek merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan penyakit dan mengamankan saluran pernapasan. Penyebabnya bisa banyak hal, belum kuatnya kekebalan tubuh anak, adanya infeksi virus pada hidung atau tenggorokan sampai pada kurang baiknya kualitas udara yang dihirup oleh anak. 

Kalau bicara tentang kekebalan tubuh anak, hal ini akan terus meningkat seiring dengan usia anak. Infeksi pada virus bisa terjadi karena anak biasanya tidak rajin menutup mulut jika batuk atau bersin, situasi ini menyebabkan anak kita mudah tertular oleh anak lain yang sedang batuk pilek. Oleh karena itu pemahaman bagaimana bersikap saat batuk atau bersin dan kebiasaan mencuci tangan seharusnya bisa membuat virus batuk pilek tidak mudah menyebar. Di antara penyebab yang saya sebutkan di atas, enjaga kualitas udara yang dihirup anak adalah salah satu yang bisa kita kontrol.

May 28, 2018

Rafasya Lupa Bunda

Halo mentemeenn...
Bagaimana puasanya? InsyaAllah lancar yaa. 
Adakah mentemen yang punya anak seusia Rafasya disini? Sekitar 6,5 tahun dan sedang belajar puasa atau malah sudah puasa full? Tentunya banyak cerita lucu ya yang terjadi saat anak kita berpuasa. Saya mau berbagi cerita nih tentang puasa Rafasya di hari kedua.

Ceritanya Rafasya sudah sahur, kemudian sehabis berjamaah Subuh di masjid ia tidur lagi. Sekitar jam 8.30 Arsel bangun disusul Rafasya. Setelah mandi, saya memberikan Arsel apel potong sebagai sarapan kemudian mereka bermain mobil - mobilan di meja makan. Saat mereka mandi, tiba giliran saya untuk mandi setelah beberes rumah dan menyiapkan cemilan untuk Arsel berupa brokoli goreng tepung. Gerah ya kaann, abis nyali ngeyel plus goreng - goreng.

Saat keluar kamar mandi saya masih mendengar mereka bermain di meja makan. Saat menjemur handuk Rafasya menghampiri saya.

Rafasya : Bunda udah selesai mandi?
Saya : Sudah, kenapa Bang? Eh itu Arsel sudah habis ya Bang makan brokolinya ? (Saya memberikan 6 kuntum sedang di mangkuk sebelum saya mandi)
R : Udah Bunda, tapi cuma 4. 
B : Oh Yaudh gpp, ntar juga dimakan lagi sama Arsel
R : sambil jalan ke meja makan lagi, Udah abis semua brokolinya Bunda
B : Lho gimana kok bisa habis?
R : Iya sisanya Rafa makan.
B : Hah? Abang kan puasa, kok makan?
R : Eh iya Bunda, Rafa lupa. Sambil mimik mukanya kaget
B : haha.. Yaudah kalo lupa nggak papa, rejeki abang Rafa. 
R : Yaudh sekarang Rafa minum dulu ya Bunda, habis itu puasa lagi.
B : saya pun cuma bisa tertawa

Ada yang begini juga buibuuu? Karena baru awal puasa jadi abang Rafa lupa nih kalau nggak boleh makan minum. Tapi hari - hari setelahnya Alhamdulillah sudah ingat dan berpuasa, meski dengan drama yang lain. Haha..


May 23, 2018

Ternyata ada Banyak Kuman Bersarang pada Benda - Benda Bayi yang ini loh Moms..

Sebelum anak - anak hadir dalam kehidupan kami, saya sudah mengenal tisu basah. Namun perkenalan saya dengan tisu basah belum terlalu akrab. Saat Rafasya hadir merupakan momen yang menyebabkan hubungan saya dan tisu basah menjadi super akrab. Namanya juga buibu dengan anak pertama ya kan. Rasanya apa - apa inginnya yang nomer 1 untuk si anak. Pakaian harus yang paling lembut dan aman, mainan juga yang aman, diapers juga yang terbaik ah pokoknya semua harus yang paling oke. Keinginan yang sama pun berulang saat Arsel hadir.




Hal ini berlaku pula pada pemilihan tisu basah, tentunya saya menggunakan tisu basah terbaik yang saya tahu. Tisu basah yang saya kenal baik inilah yang mengundang saya untuk menghadiri Blogger Gathering kemarin siang. Blogger Gathering yang ternyata menambah informasi tentang banyaknya bakteri yang ada di sekitar kita, bagi buibu beranak dua seperti saya ini. Informasi yang diberikan langsung oleh dr. Herbowo A.F Soetomenggolo SP.A(K) dan Ibu Sabrina Purba sebagai Brand Manager dari tisu basah kesayangan saya, Mitu Baby dengan MC yang bisa banget menghidupkan suasana, mbak Ankatama.


May 19, 2018

Mengajak Anak Mencintai Buah Sejak Dini


Pepaya 
Mangga
Pisang 
Jambu

Dibeli dari Pasar Minggu
Disana banyak penjualnya
Disini banyak pembelinya

Hayooo siapa yang ikutan nyanyi pas baca tulisan diatas? Ketahuan deh angkatannya. Hihi. Tapi memang ya, dulu lagu ini hits banget di kalangan buibu untuk memperkenalkan anak - anak pada buah - buahan. Jadi selain dihidangkan langsung, anak - anak juga dikenalkan melalui lagu. Kalau sekarang lagu anak - anak yang oke apa yaa...

Well, kembali ke buah - buahan, adakah buibu disini yang doyan dengan buah? Alhamdulillah keluarga saya termasuk pecinta buah. Baik dimakan langsung, dalam bentuk rujak atau jus, kami suka semua. Bahkan menu MPASI anak - anak saya diawali dari buah. Karena seperti saran dari para dokter anak juga beberapa sumber yang saya baca, bayi cenderung akan menyukai rasa manis alami yang berasal dari buah. Oleh karena itu saya mengawali petualangan makan anak - anak saya dengan buah. 

Bentuk buah yang diberikan pada anak kita, entah sebagai menu MPASI di awal atau pun cemilan juga harus diperhatikan teksturnya. Dr. dr. Conny Tanjung Sp. A (K) menyampaikan tentang pentingnya pemberian makan pada anak sesuai dengan usianya. Kenapa penting? Karena kemampuan anak mengunyah makanan dengan tekstur yang tepat akan berpengaruh pada pertumbuhan gigi juga kemampuan mengunyah anak plus kemampuan berbicara. Wow, sungguh super kan? Coba lihat penjelasan berikut ini ya buibu.


May 15, 2018

Tips Belanja Online Saat Ramadan

Nggak kerasa ya sebentar lagi sudah masuk bulan Ramadan. Pasti buibu sudah pada nyetok makanan nih ya di kulkas. Saya sendiri sudah belanja lauk pauk nih. Supaya nggak ribet masak - masak dari awal. Saat bangun sahur tinggal menggoreng ayam atau ikan yang sudah dibumbui dan menumis sayuran yang sudah disiapkan malam sebelum tidur. Ramadan ekstra nih judulnya, ekstra persiapan supaya nggak terlalu ribet di waktu sahur.

Seperti biasanya, selain belanja kebutuhan makanan atau cemilan secara  langsung saya juga sering belanja online. Entah itu makanan, pakaian atau barang lain. Meski kebanyakan sih makanan. Maklum saya memang buibu yang doyan ngemil. Haha.. Tapi saat bulan Ramadan saya termasuk orang yang malas keluar rumah. Karena biasanya Mall jadi ramai dan jalanan macet. Kalau sudah begini saya memilih belanja online saja. 




May 14, 2018

Penuhi 3 Syarat Ini untuk Menghadirkan Spa Bayi di Rumah

Jadi bayi jaman sekarang itu enak banget ya. Banyak aktivitas bayi yang bisa dilakukan di luar rumah. Karena memang ada banyak tempat yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas bayi tersebut. Misalnya saja Baby gym atau Baby spa. Banyak kan tempat yang ada di sekitar rumah kita untuk melakukan Baby gym atau Baby spa. Rafasya dan Arsel dikala bayi juga sempat mencicipi enaknya Baby spa di beberapa tempat. Tapi nggak sering, alasannya apalagi kalau bukan karena harganya yang lumayan. Hihi.. Selain itu kendala lain juga kadang hadir, seperti misalnya tempat Baby spa nya penuh di hari dan jam yang kita inginkan atau, yang paling sering terjadi, bayinya baru tidur di jam yang kita pilih. Kan mamak jadi galau ya. Mau dibangunin nanti si bayi rewel karena belum puas tidur, tapi nggak dibangunin berarti harus bikin janji lain waktu. 

Sebenarnya aktivitas yang dilakukan di Baby spa itu terdiri dari berenang dan dipijat. Aktivitas yang sebenarnya bisa banget lho dilakukan di rumah. Modalnya hanya kolam kecil dan kemampuan memijat. Dengan kedua modal utama ini, mamak bisa menghemat ratusan ribu. Kebayang kan kalau punya bayi dan toddler yang juga pengen ikutan berendam saat lihat adiknya yang bayi Baby spa. Dobel deh kerusakan dompet bapak. Haha..


May 7, 2018

Pilah Pilih Rice Cooker Berdassarkan Merk


Buibuuu, urusan memilih elektronik yang ada di rumah suka bikin pening nggak sih? Dari mulai yang besar seperti kulkas dan mesin cuci, yang sedang seperti rice cooler atau toaster sampai ke cukuran janggut untuk pak suami. Keputusan untuk membeli peralatan elektronik itu kadang membutuhkan pertimbangan panjang apalagi untuk buibu. Ya nggak sih? Selain mencari Review pengguna, buibu juga biasanya melirik angka diskon yang tertera. Setidaknya kalau saya sih. Haha...

Tapi bener deh, peralatan elektronik rumahan tentu menjadi bagian dari kehidupan yang saat ini tidak bisa dipisahkanAlasannya tentu saja karena perangkat elektronik rumahan itu bisa membantu aktivitas rumah tangga menjadi lebih mudah. Salah satu bendayang hampir pasti dimiliki oleh semua Ibu rumah tangga saat ini misalnya rice cooker. Saya nggak kebayang deh kalau harus memasak nasi dengan metode menanak. Rasanya jauh lebih praktis saja menggunakan rice cooker. Harga rice cooker yang terjangkau menjadikan semua orang pun memungkinkan untuk memilikinyaApalagi sekarang perangkat ini sudah bebas dijual di situs belanja online sehingga pemesanan kian mudah.


May 1, 2018

Pencarian Batik yang Klik di Hati


Batik. Bicara tentang batik seolah nggak bisa dipisahkan dari nama besar negara Indonesia. Wajar saja karena batik memang salah satu kekayaan negara tropis ini. Sekarang batik sangat mudah kita jumpai dimana – mana. Baik berupa pakaian atau produk lain yang menggunakan batik sebagai variasi. 
Batik pada pakaian saat ini juga beragam warna dan coraknya. Untuk para pria mungkin warnanya lebih sedikit dibandingkan warna batik untuk wanita. Bagi kebanyakan, wanita, batik dengan warna pastel sungguh sangat menggoda iman. Warna pink, kuning, tosca bahkan biru dengan corak batik rasanya sangat cantik untuk dikenakan dalam bentuk blus batik kombinasi. 
Urusan kombinasi pada batik, belum tentu semua satu selera. Contohnya adik perempuan saya. Ia betul – betul alergi dengan yang namanya batik dengan corak yang terlalu batik. Haha.. Agak aneh ya? Yang namanya batik ya sudah tentu coraknya khusus dan khas batik. Tapi entah kenapa adik perempuan saya ini kurang suka. Rasanya jarang sekali menemukan batik yang sesuai dengan selera dirinya. Jadi selama sekolah dan kuliah, ia hanya memiliki batik seragam sekolah dan rok batik modern dengan komposisi batik yang super sedikit. 




Saat lulus dan harus bekerja, ia mulai mengumpulkan beberapa batik karena di kantornya setiap hari jumat wajib mengenakan batik. Masa – masa gundah gulana pun dimulai. Setiap ada kesempatan untuk pergi ke pusat perbelanjaan, ia selalu mampir ke toko yang menjual batik. Sulit sekali mencari pakaian dengan corak yang memuaskan hati dan juga kantongnya. 
Kesulitan dengan pakaian dengan batik full, saya pun menyarankan untuk mencoba batik kombinasi. Entah itu blus batik kombinasi atau rok batik kombinasi. Lagi – lagi perjuangan untuk mencari yang pas pun dimulai. Semua kombinasi yang ditemukan, menurutnya terlalu banyak komposisi batiknya. Rasanya ia hanya punya atasan dengan kombinasi batik sebanyak 3 buah di awal masa kerjanya.
Lama – kelamaan ia mulai mencari batik secara online. Beberapa online shop pun ia coba. Sampat pula ia mengalami kegagalan saat belanja di online shop akibat ukuran yang tidak sesuai. Ya begitu kan ya kalau belanja secara online. Kita sebagai pembeli dituntut untuk jeli memeriksa semuanya. Gagal karena ukuran sudah pernah, gagal karena barang yang diterima berbeda dari yang difoto pun sudah pernah. Sungguh lika liku dunia online itu terkadang bikin gemas. 
Akhirnya setelah pencarian lewat online shop maupun datang langsung ke toko, sekarang adik saya sudah memiliki beberapa blus batik kombinasi. Tentu saja dengan komposisi batik yang hanya sekitar 10 % dibandingkan bahan polosnya. Namanya juga selera ya, jadi kembali lagi ke masing – masing pribadi. Adik saya ini juga belum tertarik untuk membeli rok batik. Alasannya sih karena ia sehari – hari menggunakan transportasi online. Ribet ah Kak kalau menggunakan rok, begitu jawabnya kalau saya minta menggunakan rok. Padahal kakaknya ini naik transportasi online pun menggunakan gamis. Ah, memang beda selera kami. Haha..
Mau blus batik full atau blus batik kombinasi, yang pasti saya senang sekali karena adik saya mulai menyukai batik. Bahkan sekarang ia mau lho memakai cardigan batik sutera milik mama saya. Mungkin seiring dengan bertambahnya usia dan juga memiliki lingkungan kerja membuatnya mengerti bahwa batik itu cantik. Siapa tahu setelah ini saya akan menyaksikannya menggunakan dress dan batik secara keseluruhan. We will see..

April 26, 2018

Perawatan Wajah yang Aman untuk Bumil dan Busui dari Rubiena

Hai mentemen..

Jadi ceritanya buibu beranak 2 yang juga masih menyusui ini suka galau tentang masalah perawatan wajah. Pengen pake krim malam merk X, krim pagi merk Y atau serum merk Z tapi suka ragu dengan kandungannya. Aman nggak ya untuk busui macam akuh ini? Kegalauan ini makin bertambah tiap kali daku punya kesempatan ngaca yang agak lamaan dikit. 

Yah maklumlah ya, namanya juga punya bayi berumur 18 bulan. Jadi ngaca yang agak lama itu langka banget. Biasanya nemplokin segala krim malam juga udah ditungguin Arsel sambil nangis jejeritan minta nenen. Padahal kan ya konon kalau sambil dipijat dan diberi jeda waktu antar krim atau serum atau apapun itu, hasilnya lebih terlihat. Duh, boro - boro deh daku mah. Nah begitu bisa ngaca rada lama, langsung deh itu flek hitam dan kerutan halus berupa smile line terpampang nyata. Huahaha..

April 25, 2018

Urban Temple dari R / F By Rokhmi Fitria




Sabtu kemarin, busui ini melipir sejenak ke JCC buat nonton Fashion Show di Muffest 2018. Mau nonton Fashion Shownya siapa sih? Daku mau nonton Fashion Shownya @rf_label karya mbak Rokhmi Fitria. Pada sudah kenal belum sama @rf_label ini? Coba tengok koleksinya di Instagram ya.

Sampai di Muffest 2018, daku ketemuan sama beberapa teman blogger di antaranya Yeye dan mbak Yani. Yang nonton Fashion Shownya Rame banget. Senang banget ngelihat ya. Berarti kan masyarakat memang sudah menunjukkan antusiasme yang luar biasa pada Fashion busana muslim ya.


April 23, 2018

Cara Membentuk Kebiasaan Makan yang Baik Pada Anak

Ish judulnya, ngeri ya? Haha.. Urusan makan pada anak ini sering banget bikin galau bin gelisah buibu jaman now. Masa - masa awal makan alias MPASI adalah masa - masa penuh harap yang membuat para ibu rela mencoba berbagai macam menu bahkan berbagai macam alat makan dan posisi makan demi membuat si anak menghabiskan makanan yang sudah kita siapkan. Ya kan buibu? Mana nih barisan buibu yang hatinya sering berantakan karena MPASInya dilepeh atau bahkan ditepis sampai berceceran di lantai? Hohoho.. Sabar ya buibu, kalian tidak sendirian.

Jadi sebenarnya bagaimana sih membentuk kebiasaan makan yang baik pada anak? 

Pertanyaan ini dijawab tuntas pada acara #TUMLuncheon yang diadakan pada hari Sabtu, 14 April 2018 lalu. The Urban Mama memang paling tahu deh bagaimana menjawab kegalauan buibu dengan menghadirkan acara yang menghadirkan dr. Ranti Astria Hannah, SpA dan Mbak Aie pemilik IG @kelincitertidur.

April 13, 2018

Mau Tahu Babang Hamish Sarapannya apa?

Duh pasti kalian langsung kepo maksimal deh begitu lihat ada nama Babang Hamish di judul tulisan ini. Iya nggaakk? Haha..

Sebelum ngobrolin tentang sarapannya Babang Hamish, saya penasaran deh mentemen biasanya termasuk aliran mana nih kalau sarapan? Aliran yang sarapan nanti saja atau yang mengharuskan sarapan? Kenapa saya tanya begitu? Karena sebenarnya sarapan itu adalah aktivitas makan yang paling penting untuk dilakukan di awal hari. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 77% orang Indonesia di usia produktif (16-36 tahun ) sudah sadar bahwa sarapan merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk mengawali hari. Namun, meskipun kepedulian untuk hidup sehat semakin meningkat, kesibukan di pagi hari sering membuat orang melewatkan sarapan. Padahal melewatkan sarapan membuat tubuh kita kehilangan sumber energi yang sangat penting. 

April 4, 2018

Belajar Lagi Mengenai Mitos dan Fakta Masa Menyusui


Sebagai busui yang sedang menikmati masa menyusui untuk kali kedua, saya selalu semangat untuk belajar tentang segala hal yang berhubungan dengan menyusui. Ya kan, yang namanya ilmu itu selalu berubah dan bertambah. Jadi nggak ada salahnya untuk selalu belajar. 

Beberapa waktu yang lalu saya hadir di acara yang diadakan oleh The Urban Mama dan Philips. Acara yang bertajuk Lets Talk About Breastfeeding ini mengundang Sarah Audia selaku Konselor Laktasi dan Finna Yudharisman sebagai breastfeeding mama. 



April 3, 2018

Bingung Mencari Pakaian Anak? Intip Kim and Kin Saja

Sebagai ibu dari dua orang anak yang keduanya adalah laki - laki, terkadang saya kesulitan untuk mencari kaos atau pakaian lain untuk kedua buah hati saya. Entah kenapa kebanyakan produsen pakaian yang ada, lebih memutuskan untuk membuat banyak variasi pada pakaian anak perempuan. Kan saya juga ingin ya mendandani anak laki - laki saya dengan pakaian yang unik dan berbeda. Mamaknya yang ganjen. Haha..

Ada nggak sih buibu yang sama keinginannya seperti saya? Kan baju laki - laki itu terbatas pada kaos dan celana ya, makanya pengennya yang nggak terlalu biasa gitu. Nggak yang monoton saja. 

Tenang buibuuu. Pencarian kita akan pakaian anak laki - laki (dan tentunya perempuan ) yang unik dan berbeda sudah bertemu jawabannya. Pilihan pakaian dengan warna dan motif yang unik hadir lewat Kim and Kin. Super hepi deh pas lihat motifnya. Bedaaaaa sama yang dijual di pasaran. 

Saya langsung kepincut dengan motif makanan ini. Syukaa..




April 2, 2018

Inilah Beberapa Hal yang Membuat IIMS 2018 LebihMenarik dari PadaTahun-tahun Sebelumnya


Ada yang sedang mencari kendaraan? Nah cocok banget nih sama artikel ini. Indonesia International Motor Show akan kembali digelar pada tahun inibagi Anda pecinta otomotif sejati wajib mengunjungiPasalnya pihak penyelenggara mengatakan bahwa event IIMS 2018 akan lebih berbeda dari pada sebelum-sebelumnyaItulah yang membuat rencana acara dibuat selama 11 hari tersebut semakin membuat penasaran semua pihakPenyelenggara sendiri mengatakan akan ada banyak sekali hal-hal yang lain, dari mulai pendukung acara, rincian acara sampai dengan operasionalnyaSeperti biasa IIMS tahun ini akan diadakan di Kemayoran, Jakarta Pusat bulan April.


March 30, 2018

Belanja Bulanan Makin Menyenangkan Bersama Si Lebah

Beberapa hari yang lalu saya dan Arsel menghadiri Gathering yang diadakan oleh aplikasi belanja online yang identik dengan Lebah. Yup, kami hadir di acara yang diadakan oleh Honestbee. Gathering kemarin diadakan di Samsara Restaurant. Saya yang baru pertama kali berkunjung ke Samsara, berangkat dari rumah dengan super excited. Kenapa excited? Selain excited karena akan berkenalan lebih lanjut dengan Honestbee juga excited untuk mencoba menu makan siangnya. Samsara kan sudah terkenal dengan makanan khas Indonesia dengan penyajian yang cantik dan rasa yang endeus ya. 



Kami tiba di Samsara Jakarta sekitar pukul 10.15, lokasi diadakannya Gathering dengan Honestbee ini membuat saya tertegun. Karena ternyata interior dalamnya sungguh kece dan dekorasi Gathering kami itu ala fine dining yang lengkap dengan susunan piring mangkuk plus sendok garpu di kanan kirinya. Ya memang sendok garpu ya belum sampai yang berderet seperti di film Pretty Woman gitu, tapi tetap saja membuat saya amazed. Dekorasinya perpaduan modern klasik dengan gelas - gelas kaca dan botol - botol di beberapa sudut. Semakin tertegunlah saya. Kenapa? Karena saya bawa Arsel sodara - sodara. Haha.. As we all know, bayi usia 1,5 tahun itu kan lagi sibuk lari sana sini dan pegang comot buang apa pun yaaaaan. 




March 21, 2018

Mencicipi Lezatnya Nora Gelato


Saat cuaca panas biasanya kita cenderung mencari sesuatu yang segar dan menyejukkan. Nah begitu pula yang terjadi pada kami sepulang menghadiri salah satu acara blogger di kawasan Cikini. Saya mengajak suami untuk mengarahkan mobil ke dekat masjid Cut Nyak Dien untuk mencicipi Gelato yang sering berseliweran di Instagram saya. Sebagai pecinta es krim ( dan juga makanan lainnya ) saya pun penasaran. 


March 19, 2018

Rangkaian All We Know dari Mothercare Bikin Saya Makin Nggak Bisa Jauhdari Arsel


Mana nih barisan buibu yang lebih nyantai saat anak kedua hadir?

Saya termasuk yang lebih santai saat anak kedua kami, Arsel, hadir di kehidupan kami. Kalau dulu sebelum Rafasya lahir, list perlengkapan bayi yang harus dibeli sudah siap sejak trimester 2, saat Arsel cukup di trimester 3 saja. Kalau dulu rasanya semua yang ada di list perlengkapan bayi pengen dibeli semuanya, saat Arsel hanya beli yang benar - benar penting. Well, sebenarnya saya juga bukan tipe orang tua yang terlalu heboh juga pas dulu Rafasya hadir. Maksudnya, tentu saya saya terkena euforia anak pertama dan heboh beli ina inu yang ternyata lebih banyak nggak terpakai lama seperti sarung tangan dan sarung kaki bayi. Soalnya pas di toko ngegemesin banget ya kaannn. Haha.. 

Meski hepi berat karena memiliki anak pertama, bukan berarti saya dan suami langsung membelikan segala sesuatunya dengan kelas premium. Barang - barang seperti stroller, peralatan MPASI atau printilan pakaian yang sifatnya dekoratif seperti handuk kecil atau lap nces alias bib saya lebih mengutamakan fungsi ketimbang merk. Namun untuk urusan yang bersentuhan langsung dengan kulit anak seperti pakaian dan perlengkapan mandi plus urusan diapers, saya dan suami lumayan hati - hati dalam memilih produk. Hal ini pun terjadi saat Arsel lahir. Hati - hati ya, bukan paranoid. 

March 14, 2018

Sariawan, Penyebab dan Cara Mengatasinya


Aduh Bunda, Rafa kegigit nih. 
Wah, Abang makannya hati - hati. Jangan buru - buru.
Iya Bunda. Berdarah nih Bunda
Iya nggak papa. Nanti juga hilang. Sudah berdoa kan?
Sudah Bunda. Yah nanti kalau jadi sariawan gimana Bunda. Rafa nggak bisa makan deh.

Percakapan seperti itu kurang lebih terjadi satu kali dalam sebulan. Ya karena biasanya frekuensi tergigit si abang Rafasya kurang lebih sebulan sekali. Entah tergigit karena makan terburu - buru akibat hidangan yang disantap adalah favorit si abang atau tergigit karena hal lainnya. Kejadian selanjutnya pun sekali dua kali sesuai dengan yang Rafasya prediksi, tergigit yang berlanjut dengan sariawan. Kalau sudah kejadian alias si sariawan muncul, waktu makan Rafasya pasti jadi sedikit lebih lama. Meski porsinya tetap sama. Haha.. Wajarlah ya. Kalau sariawan kan mulut jadi sakit.


February 26, 2018

Membedakan Mitos atau Fakta pada Mimisan (dan penyakit lainnya)

Abang Rafasya termasuk anak yang mudah mimisan. Biasanya ia akan mimisan jika terlalu excited bermain secara fisik seperti main bola atau berlari - lari di tengah cuaca yang panas. Atau jika ia sedang flu dan menggosok hidungnya terlalu keras. Awalnya saya pikir hanya abang Rafasya yang mudah mimisan, namun ternyata Arsel juga. 




Kemarin selepas maghrib saya sedang memasak, sementara anak - anak bermain Lego di meja makan. Saat saya menumis bawang putih dan cabe rawit nggak lama kemudian abang Rafasya setengah berteriak bilang kalau Arsel mimisan. Saat mendengar abang berkata seperti itu, sebenarnya saya agak kaget karena Arsel memang belum pernah mimisan sebelumnya. Setelah saya periksa ternyata benar bayi bunda mimisan.