June 28, 2018

Perpanjang SIM di Mall Alam Sutera

Mau cerita tentang perpanjangan SIM nih mentemen. Jadi beberapa bulan yang lalu SIM saya ternyata habis. Dari hasil browsing sekarang perpanjang SIM itu bisa dimana saja seperti di beberapa mall. Tadinya sempat kepikiran buat mlipir ke Gancit yang masih di Jakarta Selatan aja biar nggak jauh, tapi hasil browsing dan pengalaman adik saya menunjukkan bahwa di Gancit itu ramai. Jadi saya langsung pilih Mall lain yaitu Mall Alam Sutera. Jauh yes? Memang. Tapi kabarnya nggak terlalu ramai.




Jadilah hari Sabtu kami sekeluarga berangkat ke Mall Alam Sutera sekitar jam 9.30 pagi. Kenapa pilih di Mall, ya karena say akan bawa Arsel dan abang Rafa yang gampang banget gerah. Kalau di Mall kan lebih nyaman ya. Oh ya KTP saya KTP DKI tapi di Mall Alam Sutera ini bisa untuk memperpanjang SIM wilayH Jadetabek. Saya hanya perlu membawa copy KTP dan SIM yang lama. 



Lokasi Gerai SIMnya ada di Lantai LG 08 B di depan Golds Gym. Saat sampai disana saya agak kaget karena ramai ajeee. Mana tuh yang katanya sepi. Haha.. Akhirnya saya mlipir ke toko roti terdekat dulu untuk membeli cemilan Rafasya, Arsel, Ayahnya dan juga saya. Ternyata yang bikin terlihat penuh dan ramai itu orang - orang yang nggak mau duduk santai menunggu namanya dipanggil. Jadi kesannya penuh gitu. Memang ada antrian tapi nggak yang sampai panjang banget karena prosesnya juga cepat. Kemarin saya menunggu sekitar 40 menit karena ramainya antrian. Kalau urusan pembuatan di dalam sih nggak sampai 5 menit. Cepat. 



Jadi begini alurnya untuk memperpanjang SIM di Mall Alam Sutera kemarin : 
1. Masuk ke dalam ruangan dan utarakan tujuan datang. Petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Kemarin biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp 140.000
2. Setelah mengisi formulir, serahkan kembali ke petugas disertai copy KTP dan SIM lama.
3. Duduk manis ngemil sambil menunggu dipanggil
4. Setelah nama kita dipanggil, masuk ke dalam untuk foto, cap jari dan tanda tangan. 
5. Tunggu sekitar 1 menit, SIM telah jadi.
6. Kalau mau menambah laminating SIM juga bisa, harganya Rp 10.000. Tapi ini nggak harus, terserah saja. 

Gampang dan cepat ya. Senang deh kalau pelayanan masyarakatnya nggak bertele - tele dan langsung jadi begini. Yang membuat nggak ada antrian terlalu panjang adalah petugas akan membatasi pemohon. Jadi, mereka kan punya jam istirahat di jam 12 - 13 siang. Nah di jam 11. 15 kalau kondisinya sudah ramai seperti kemarin mereka sudah nggak menerima permintaan formulir. Nanti setelah istirahat mereka akan menerima lagi. Tujuannya ya supaya semua pemohon yang sebelum istirahat sudah selesai. Dari obrolan dengan bapak satpam yang berjaga kemarin, petugas selalu menyelesaikan semua permohonan yang masuk. Jadi jangan datang terlalu mepet ya. 



Oh ya selain perpanjangan SIM disebelahnya juga ada Gerai Samsat untuk mengurus STNK. Kalau sudah semudah ini, jangan pakai calo lagi yaaa. 

No comments:

Post a Comment