June 13, 2018

Sentuhan Cinta, Cara Memijat dari Johnson’s untuk Bayi Indonesia

Buibu pernah nggak sih merasa galau urusan pijat memijat saat buah hati kita baru saja lahir ke dunia? Pijat memijat yang saya maksud adalah pijat memijat si bayi ya. Kalau pijat memijat ibunya sih urusan lain lagi, hihihi. Namanya juga bayi baru lahir ya kan, apalagi anak pertama, kita sebagai ibu masih grogi saat memegang si buah hati. Coba deh ingat - ingat saat pertama memandikan buah hati kita, khususnya anak pertama. Pasti ada rasa takut kan ? Takut kekencangan megangnya bahkan takut merosot saat sedang menyabuni bayi merah ini. 

Begitu juga urusan pijat. Kayaknya ngeri banget gitu membayangkan bayi merah untuk dipijat. Padahal nih ya buibu, memijat bayi itu merupakan bentuk keintiman yang paling dahsyat antara ibu dan bayinya. Memijat si bayi juga sangat penting untuk pertumbuhan si bayi itu sendiri. Karena dengan memijat, kita bisa merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi dan pembelajaran. Kalau sudah mengetahui bahwa pijat bayi ternyata sangat penting, yuk kita belajar memijat bayi sendiri.


Sebenarnya kita bisa memijat bayi sejak ia lahir ke dunia. Yang harus diperhatikan adalah tekanan yang diberikan itu harus sangat lembut. Pijatan pada bayi sebenarnya lebih seperti sentuhan lembut pada kulitnya. Saat memijat, ibu bisa merangsang motorik halus pada tangan dan kaki misalnya. Semua stimulasi pada anggota tubuh bayi ini akan membuat bayi lebih nyaman secara psikologis dan emosional. Pijatan pada bayi juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di menguatkan sistem imunitas tubuh bayi. 


Banyaknya manfaat yang ditimbulkan dari kegiatan memijat bayi, membuat Johnson's, salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus pada perkembangan holistik anak, meluncurkan program bernama "Sentuhan Cinta". Manis banget ya nama programnya. Nggak cuma namanya saja yang manis tapi juga tujuannya. Sentuhan Cinta ini bertujuan mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan untuk tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka sebagai penerus bangsa ini. Huwaa, langsung terharu deh mamak.

Selasa 5 Juni kemarin saya berkesempatan untuk hadir di acara talkshow yang diselenggarakan oleh Johnson's bekerja sama dengan The Urban Mama. 

Di acara yang dibawakan oleh Cisca Bekker tersebut, saya dan teman - teman lain diajarkan langsung oleh para terapis tentang gerakan memijat yang bisa dipraktikkan pada buah hati kita. Ada 6 rangkaian teknik memijat yang diperkenalkan oleh dr. Matahari Harumdini, SpA , yaitu pijat di bagian wajah, dada, perut, tangan, kaki dan punggung. Meski saya beberapa kali terdistract oleh Arsel yang sibuk wira - wiri dan mengoceh selama acara berlangsung (p), namun ada beberapa gerakan yang saya ingat. Di antaranya ada milking India, Milking Swedia, cross juga bulan bintang.



Seru ya gerakannya. Tapi jangan dibayangkan kita harus memijat bayi dengan semua gerakan yang ada ya buibu. Karena namanya juga bayi, tentunya mood ya bisa berubah - ubah jadi ya kita sesuaikan saja dengan keinginan bayi. Kalau dari pengalaman saya memijat Rafasya dan Arsel ada beberapa hal yang harus dipastikan saat kita akan memijat bayi. Saya coba bagikan ya

1. Pilih waktu yang tepat, saat bayi terbangun namun tidak lapar dan juga tidak terlalu kenyang
2. Pastikan ruangan dalam suhu yang sedang, kalau saya sih tanpa AC cukup buka pintu dan jendela
3. Gunakan Baby Oil atau Baby Lotion, namun jangan digunakan di area wajah ya
4. Lepaskan perhiasan yang ibu kenakan
5. Lihat mood bayi, jika ia terlihat tenang dan nyaman silakan lanjutkan. Namun jika sudah mulai tidak nyaman, sudahi acara memijat. 



Jangan sedih ya kalau bayi kita rewel saat dipijat. Bukan berarti ia nggak suka dipijat, mungkin ada yang membuatnya kurang nyaman. Coba saja di lain waktu. Kalau Rafasya, dia memang geli an. Jadi saat dipijat di bagian betis misalnya, ia akan tertawa kegelian. Haha.. Saat memijat, ibu jangan diam saja ya. Bisa sambil mengajak ngobrol si bayi atau sambil murajaah hafalan ibu. Mana tahu si bayi juga langsung sambil menghafal ya kan? Jadi sambil melakukan sentuhan cinta kita juga sekaligus menyentuh rohaninya untuk menghafal ayat Allah. 



Senang ya kalau semua ibu berkesempatan untuk melakukan sentuhan cinta pada bayinya masing - masing. Johnson's juga menginginkan hal ini tercapai. Oleh karena itu Johnson's bekerja sama dengan Save The Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi ini. Kita juga bisa ambil bagian untuk membantu lho. Caranya, dengan melakukan pembelian produk Johnson's Baby minimal Rp 25.000 di Alfamart atau Johnson's Baby Collection di Tokopedia. Setiap transaksi, kita telah membantu menyumbangkan Rp 50@ untuk Save The Children dan membantu mendidik ibu lain di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh sehat dan kuat lewat Sentuhan Cinta. Selain mendapatkan produk berkualitas kita juga bisa berbagi. 





Yuk lakukan sentuhan cinta pada buah hati kita demi anak Indonesia yang sehat dan kuat. 

Kalau buibu masih galau monggo langsung cek info lain tentang Sentuhan Cinta ke Instagram di @Johsonbaby_id ya. 






3 comments:

  1. Itu bayik seneng amat keliatan ketawa riang pas dipijit, emang pijit tuh enak banget yak :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mba artikelnya, next belanja baby oil jhonson di alfamart dekat rumah.

    ReplyDelete