August 6, 2018

#1000HariPerlindungan Kulit Bayi dari Iritasi demi Masa Depan YangLebih Baik

Masa - masa saat mengetahui bahwa saya sedang mengandung lalu melahirkan dan melihat kedua jagoan saya untuk yang pertama kali merupakan masa yang nggak mungkin bisa saya lupakan. Perasaan bahagia juga terharu langsung membuncah saat pertama kali bertemu Rafasya juga Arsel. Duh, jadi ingat bagaimana rasanya perut diobok - obok saat dokter kandungan mengeluarkan mereka. Setelah perasaan bahagia bin terharu yang sukses membuat mamak langsung meler, perasaan apa lagi yang muncul? Perasaan ingin melindungi. Ya. Saking kuatnya perasaan ingin melindungi ini, saya bahkan langsung meminta suami untuk keluar dari ruangan operasi dan mengikuti si bayi hanya karena saya nggak ingin bayi saya tertukar. Padahal kan bayi kita langsung dipakaikan gelang yang menyebutkan nama orangtuanya sesaat setelah lahir ya? Haha. Ya namanya juga jadi mamak - mamak kan. Bawaannya memang ingin melindungi si anak terus. 

Perlindungan Saat Hamil

Perasaan ingin melindungi si kecil ini, sejatinya akan otomatis muncul sejak bayi kita masih di dalam kandungan. Saat hamil, kita sering mengusap perut dan refleks memegang perut jika naik kendaraan yang sedikit berguncang. Perlakuan seperti itu merupakan insting seorang ibu yang ingin melindungi buah hatinya, bahkan sebelum lahir. Selain perlindungan lewat perlakuan pada janin, ibu juga sebaiknya memberikan perlindungan dari dalam. 

Mentemen pasti sudah dengar ya dengan yang namanya 1000 hari pertama kehidupan. Nah 1000 hari pertama ini dihitung sejak kita sudah dinyatakan hamil. Yup. Jadi bukan saat bayi lahir. Asupan yang bergizi demi masa depan bayi itu sudah harus kita berikan sejak ia masih dalam kandungan dan dilanjutkan sampai si kecil berusia 2 tahun (1000 hari pertama kehidupan) sampai ia besar. 

Saat hamil tentunya kita sebagai ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan bernutrisi baik demi asupan yang terbaik untuk janin. Ibu hamil juga biasanya diberikan vitamin oleh dokter kandungan. Semua itu tentunya untuk memastikan si kecil tumbuh sehat dan kuat di dalam rahim kita. 



Perlindungan Setelah Lahir

Saat bayi kita sudah lahir bentuk perlindungan terbaik yang bisa kita berikan adalah ASI Eksklusif. Dengan memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan kita memberikan tubuh si kecil bekal untuk tumbuh sehat dan kuat. Setelah 6 bulan si kecil mulai MPASI, kita pun harus memastikan nutrisi yang diperoleh anak lewat makanannya merupakan yang terbaik dengan didukung ASI. Setelah 1 tahun anak sebaiknya sudah makan makanan keluarga dengan tetap diberikan ASI sampai usia 2 tahun. 

Perlindungan lewat pemberian nutrisi terbaik akan menjadi bekal anak menghadapi dunia. Terdengar lebay ya buibu? Tapi ini serius lho. Dengan memastikan anak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi terbaik diawali dari dalam kandungan dan dilanjutkan setelah anak MPASI, kita juga memberikan nutrisi pada otaknya. Usia dari dalam kandungan sampai usia 2 tahun merupakan usia dimana pertumbuhan otak anak sangat cepat. Di rentang usia ini pula, semua organ tubuh anak akan berfungsi dengan saling berhubungan untuk menjadikan anak tumbuh dan berkembang secara sempurna. Informasi ini saya dapatkan dari dr.Reza Abdussalam, SpA saat menghadiri Mom's Gathering sekaligus Workshop membuat Sensory Activity di Twin House Cipete beberapa waktu yang lalu.




Bahkan saking pentingnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh buah hati kita, pada bulan - bulan pertama dokter anak akan memantau tumbuh kembang bayi lewat BBnya dan juga lingkar kepala serta panjangnya. Jika semua oke, maka ibu boleh lega. Berarti nutrisi bayi tercukupi. Namun meski berat badan bayi kita bagus, jangan sedih dan heran jika setelah 6 bulan bayi kita diberikan suplemen zat besi. Karena zat besi ini memiliki peran penting dalam perkembangan otak buah hati kita. Kandungan zat besi pada ASI lebih sedikit dibandingkan pada susu formula, jadi bayi yang diberikan ASI Eksklusif biasanya akan diberikan tambahan suplemen zat besi. Oleh karena itu nggak berlebihan dong jika saya mengatakan sebaiknya periode 1000 hari pertama kehidupan si anak kita canangkan sebagai #1000hariperlindungan

Higienitas

Bicara tentang pertumbuhan anak, selain dari nutrisi yang masuk kita juga harus bisa memberikan perlindungan setidaknya di sekitar rumah. Bagaimana caranya? Dengan selalu menjaga kebersihan di sekitar rumah. Karena rumah merupakan tempat dimana anak menghabiskan sebagian besar waktunya dan rumah merupakan tempat yang segala sesuatunya sampai kebersihannya bisa kita kontrol. Kalau sudah keluar rumah, sudah agak sulit ya kan.




Manusia kecil berkulit merah yang kita panggil bayi ini merupakan makhluk Allah yang masih sangat rentan untuk terkena virus dan bakteri. #1000hariperlindungan sebaiknya juga mencakup pada segala sabun yang kita gunakan untuk membersihkan barang - barang miliknya. Mulai dari sabun mandi, sabun pencuci pakaian bayi juga sabun untuk membersihkan botol susu dan perlengkapan makan bayi kita. 

Masih ingat kan, bagaimana dokter anak memastikan bahwa ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan parfum yang beraroma kuat saat menyusui bayinya yang baru lahir? Atau, suster rumah sakit yang memastikan bahwa pakaian bayi kita tidak boleh digabung dengan pakaian kedua orang tuanya yang dicuci menggunakan deterjen biasa? Semua itu karena kulit bayi yang masih sangat halus dan mudah alergi. Sebaiknya pakaian bayi dan juga perlengkapan bayi dicuci dengan menggunakan deterjen khusus bayi yang memiliki aroma lembut namun memiliki kemampuan mencuci yang baik.




Untuk itu Sleek Baby hadir dan ikut serta dalam #1000hariperlindungan bayi kita. Ada 5 rangkaian perlindungan si kecil dari Sleek Baby untuk menjaga higienitas, yaitu 

1. Sleek Baby Laundry 
Deterjen ini merupakan deterjen khusus untuk kulit bayi yang masih sensitif. Sleek Baby Laundry ini terbuat dari Natural Plant Extract yang aman untuk kulit bayi. Yang saya suka adalah wanginya lembut  banget. Kalau buibu ada yang sudah menggunakan deterjen ini, pasti buibu tahu deh wangi yang saya maksud. Lembut tapi tetap tercium. Tenang saja meski wanginya lembut Sleek Baby Laundry ini mampu membersihkan noda lipstik saat kita mencium gemas si bayi di perutnya, noda cokelat yang ia cicipi bahkan noda pena saat ia mulai mencorat - coret. Poin plus lain adalah Sleek Baby Laundry ini hadir pula dalam kemasan tube untuk travelling. Cucok banget jadi nggak makan tempat di koper.

2. Sleek Baby Bottle, Nipple dan Accessories Cleanser
Botol susu bayi dan perlengkapan makan lainnya tentu saja harus dicuci dengan bersih. Sleek Baby Bottle Cleanser ini sudah Food grade, maksimal dalam membersihkan lemak susu dan memiliki bahan alami pembunuh kuman dan bakteri. Setelah dicuci bersih. Jangan lupa botol susunya harus dikeringkan sebelum digunakan kembali ya. Hindari mengeringkan botol susu atau perlengkapan makan dengan tisu ya. Karena terkadang serat halus dari tisu ikut tertinggal di botol susunya.

3. Sleek Baby 2 In 1 Hair & Body Foamy Wash

4. Sleek Baby 2 In 1 Hair & Body Liquid Soap
Kedua sabun 2 In 1 dari Sleek Baby ini memiliki kandungan dari bahan alami dengan anti bakteri yang juga alami. Protein dari susu dan alpukat berfungsi menjaga kulit dari iritasi serta menjaga kelembaban kulit bayi kita. Jadi selain bersih, kulit bayi tetap halus dan rambutnya lembut terjaga.

5. Sleek Baby Diaper Cream
Diaper Cream berbentuk tube ini memiliki formula yang aman dengan pH 5,5. Selain sudah terbukti tidak menimbulkan alergi, Sleek Baby Diaper Cream ini juga mengandung ekstrak daun zaitun, Chamomile dan Bunga Matahari yang menjaga kulit dari iritasi. 




Pentingnya menjaga 1000 hari pertama kehidupan dengan perlindungan menyeluruh disadari benar oleh Sleek Baby. Oleh karena itu Sleek meluncurkan kampanye #1000hariperlindungan. Jika nutrisi diberikan dengan baik dan higienitas juga terjaga dengan baik, insyaAllah buah hati kita akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang siap bersaing. Bahkan jika mentemen berfoto dengan salah satu dari produk Sleek Baby lalu mengupload foto tersebut ke media sosial milik mentemen dengan menambahkan #1000hariperlindungan, mentemen sudah ikut berpartisipasi dalam melindungi anak lain. Karena 1 foto = 1 perlindungan untuk anak lain di kawasan Penjaringan. Cek Instagram Sleek Baby di @sleekbaby_id untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye ini ya.

Yuks lindungi buah hati kita dan juga anak Indonesia yang lain.














15 comments:

  1. Kalau cari detergent dan sabun untuk cuci peralatan babh pasti sleek baby, sudah top of mind banget. Cucok ya paketnya bisa banget untuk kado :)

    ReplyDelete
  2. aku baru sadar waktu di acara ini dikasih tau kalau baju kita juga harusnya aman buat bayi karena mereka menyusu dan kadang kayak shasha suka ngemut2 kerudung... emang menjaga kebersihan pake sleek baby paling aman deh, biar semua aman & bayi juga terlindungi di 1000 hari pertamanya :)

    ReplyDelete
  3. Produk sleek bangus2 ya. Ga bikin iritasi dan wanginya enak, ga menyengat.

    ReplyDelete
  4. Produk andalanque jaman Darell masih baby nih.. hahahah trus adiknya Darell pake ini juga gak ya?

    ReplyDelete
  5. Demi anak apa aja pengennya terlindungi yaah.. Apalagi kalo masih 1000 harinya. Akupun dari anak pertama juga pakai sleek.. Aman buat baby yang kulitnya sensitif pula..

    Www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
  6. Karena untuk anak memang sudah seharusnya kita selektif ya Mom...dan Sleek mempermudah kita dalam memilih, dengan menyediakan produk berkualitas.

    ReplyDelete
  7. Tau sleek karena sempet ngerjain projeknya. Eh pas hamil jadi kepikirannterus makanya beli. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Sleek Baby ini campaignnya bagus yaa.. ikutan aaah campaign #1000HariPerlindungan nyaa mjmpung punya banyak stock Sleek Baby buat baby Kai

    ReplyDelete
  9. paporit banget nihhh produk sleek.. hihihi

    ReplyDelete
  10. Buyu duhh ngakak ahh ngeri bayi ketuker pas abis lahiran wkwk..

    Btw aku jg cucok bgt deh nih sm Sleek bany iji apalagi diaper crramnya yg cpt kering dan meresap di kukit anakkua.. kalo soal wangi sekeluarga jg cocok apalagi handwashnya yg lembut wanginya yaa

    ReplyDelete
  11. Kampanye 1000harinya bagus sih sleek ini. Aku jadi semacam aware sama golden age anak saat baru jadi janin. Produk sleek desainnya juga unyu sih.. Gemess deh

    ReplyDelete
  12. Bayik drmh juga pk Sleek, andalan akuhhh bnr lah pokoknya ini

    ReplyDelete
  13. Waktu Shanum kecil dan kuning aku juga menahan diri ga pake wangi-wangian. Pokoknya bayi sehat dulu laah, ibu bau asi aja pokoknya. Aku juga ganti detergent pake sleek detergent loh.

    ReplyDelete
  14. Andalan bgt inii produk2nya sleek dirumah

    ReplyDelete
  15. Arsel seru banget mainnya yaa...

    ReplyDelete