Metode 5 30 7 Dalam Memasak Ketupat


Assalammualaikum mentemen..

ketupat


Bagaimana lebarannya? Pastinya terasa berbeda ya. Saya baru pertama kali nih berlebaran di rumah sendiri. Nggak di rumah orang tua atau mertua. Karena baru pertama kali lebaran di rumah sendiri makanya baru pertama kali juga saya memasak menu lebaran komplit. Mulai dari sayur labu, rendang dan sambal goreng kentang. Ah semuanya sih biasa ya, secara komposisi bumbu dan bahannya tinggal googling saja atau cari di IG dengan hestek. 







Yang merupakan prestasi terbesar saya adalah membuat ketupat sendiri. Ahey.. Awalnya bingung ya kan cmanalah awak ini mau masak ketupat. Bukannya ketupat itu masaknya berjam - jam ya? Hmm.. Ngabisin gas banget sih. Gimana sih cara cepatnya? Dulu saya sempat dengar tentang metode memasak ketupat dengan kompor tapi dalam waktu yang singkat. Cuma belum pernah nyoba, kan biasanya tinggal makan di rumah mama atau di rumah mertua. Hihi.. 

Setelah ngobrol dengan mama di telpon dan juga browsing akhirnya saya pun pede untuk memasak ketupat dengan metode 5 30 7 dengan menggunakan kompor gas. Untuk sarang ketupatnya saya menyerahkan pada ahlinya saja, yaitu beli di tukang sayur. Hahaha.. 

Jadi bagai mana cara memasak ketupat dengan metode 5 30 7 ini? Mudah sekali. Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Jadi kita cukup menyiapkan panci lalu masukkan sarang ketupat. Untuk membuat ketupat beras yang diisi kira - kira 3/4 ketupat ya.  Kemudian isi air di dalam panci sampai menutupi semua ketupat. Kalau ada beberapa yang bulir beras yang keluar nggak masalah kok.

2. Letakkan panci di atas kompor lalu nyalakan api hingga mendidih

3. Biarkan mendidih selama 5 menit 

4. Setelah mendidih, tutup panci dan matikan kompor biarkan selama 30 menit. Jangan dibuka sama sekali.

5. Setelah itu nyalakan kembali api selama 7 menit.

6. Matikan dan kalau saya biarkan ketupat di dalam panci tertutup selama 30 menit.

Memasak ketupat

ketupat metode 5 30 7




Setelah itu ketupat bisa disaring dan digantung agar tidak basah. Keesokan harinya saya memotong ketupatnya dan berhasil. Alhamdulillah jadi tidak perlu memasak ketupat berjam - jam. Bagian dalamnya juga kerasnya pas. 

memasak ketupat



Mentemen ada yang sudah coba jugakah? Atau ada cara lain dalam memasak ketupat? 



No comments