March 11, 2011

Menyimpan Darah Tali Pusat

Pas ntn edisi Kick Andy yg tentang penyimpanan Tali Pusat ini, saya n suami langsung semangat banget. Jadi kami mencari info tentang perusahaan yg bs membantu menyimpankan darah tali pusat bayi. Setelah bertanya ke teman dan pada om google akhirnya ktemu deh sama Cordlife.


Cordlife ini adalah tempat penyimpanan sel punca dari darah tali pusat bayi yang baru saja dilahirkan. Jadi sebenernya yang akan disimpan itu adalah sel punca yang ternyata banyak terdapat di darah tali pusat. Sebelumnya mungkin cuma dibuang aja, bs dibilang diambil dari limbah persalinan deh. Jadi nggak akan menyakiti bayi atau ibunya. Pas lahir, tali pusat yang di bayi dipotong trus lsg diambil darahnya tentunya dengan menggunakan alat ky suntikan gtu baru stelah diambil baru tali pusat yang di ibu dipotong. Yang ngambil pun dokter kandungan kita sendiri. Abis itu langsung dikasi sama org Cordlife yg udh stand by nunggu buat nganter si darah ke laboratoriumnya cordlife itu sendiri.

Untuk biayanya tergantung pada lokasi penyimpanan si sel punca ini. Mau di Indonesia atau di Singapore, lbh jelasnya bs dilihat disini. Tadinya kami pgn di Spore, bukan apa2 cuman khawatir aja sama keamanan di Indonesia yg suka kerusuhan ga jelas itu. Tp setelah ktemu dengan Mbak Rina, sales Cordlife, dijelasin manfaat dan apa aja yg qta dpt akhirnya kami pilih simpan di Indonesia aja. Selain krn bs dicicil dengan BCA selama 6 bulan, juga krn sel punca itu akan disimpan dalam tabung yang "direndam" nitrogen cair yang akan tetap beku selama 2 minggu jika listrik mati. Mereka juga punya genset dan batere untuk mengantisipasi matinya listrik. Jadi Insya Allah aman.

Kegunaan Sel Punca ini bs untuk leukimia, jantung, penyakit darah yang lain2nya, banyak deh pokoknya. Diharapkan ke depannya sel punca ini dapat menyembuhkan penyakit yg belum ada obatnya. Tingkat kecocokannya tentunya dgn si bayi 100%, saudara sekandung 50 - 75 % (bahkan ada yg cocok 100%), ibu 50 - 75%, ayah 25 - 50 %, dst. Makin jauh kekerabatan dgn si bayi makin berkurang kemungkinan kecocokannya. Sejauh ini sih belum ada efek sampingnya. Kami memutuskan untuk menyimpan sel punca bebito, selain krn saya pernah punya kelainan darah dan meski ITP itu insya Allah ga berulang dan ga menurun, qta ga pernah tau apa yg akan terjadi di masa depan.

Untuk Step2nya supaya bs menyimpan sel punca di Cordlife adalah



  1. Telp ke Cordlife di 0.800.1. 267353 tanya2 aja sama mbaknya. Nanti biasanya qta diminta meninggalkan no telp yang akan dipergunakan oleh Sales Cordlife untuk menghubungi kita dan berlanjut ke langkah selanjutnya. Atau mau menggunakan sales saya jg boleh.
  2. Bertemu dengan Sales Cordlife untuk mendengarkan presentasi ttg manfaat penyimpaan cordlife, ntn video ttg pengambilan sel punca.
  3. Mengisi riwayat kesehatan juga tentang obat2an yg sedang diminum ibu dan menandatangani berkas. Step ini bs digabung ke step 2 jika sdh yakin ingin menyimpan di Cordlife.
  4. Berkas akan dikirim dan diajukan ke Cordlife pusat (Singapore) untuk dilihat apakah dari riwayat kesehatan ibu darah bs disimpan atau nggak. Karena jika punya penyakit diabetes, hepatitis kemungkinan akan ada pertanyaan lbh lanjut mengenai kemungkinan disimpannya. Sel punca yang disimpan haruslah sel punca yang benar2 sehat soalnya..
  5. Begitu berkas sudah disetujui langsung deh bayar tanda jadinya atau kalo mau bayar full juga boleh banget. Krn bebito masih 4 bulan jadi tanda jadinya 1 juta. sisanya akan dicicil. Yess hidup cicilan..
  6. Stelah bayar tanda jadi akan dapet kit dari Cordlife yang harus qta bawa ke RS dan diberikan ke dokter kandungan pd saat akan melahirkan. Kalo gw, krn msh mau pindahan apt jadi Kitnya disimpen sm mbak Rina aja deh. takut ilang. Ntar klo dah dket baru deh dimasukin ke tas yg ready ke RS.
  7. Abis itu menanti due date deh..
Sejauh ini puas banget sama pelayanannya Cordlife. Salesnya klo ditanya cepet, informasinya juga apdet.. Alhamdulillah RS Bunda adalah RS yg paling sering bekerja sama dgn Cordlife, atas dasar permintaan orang tua bayinya lo. Jadi sebagian besar dokter kandungannya sdh pernah mengambil darah tali pusat bayi. Dan alhamdulillah lagi dr. Nana termasuk yg sudah pernah melakukannya. Dan cara yg dipakai untuk mengambil sel punca dari tali pusat ini Halal. Insya Allah smuanya lancar jadi sel puncanya bebito ga perlu dipakai. Tp ga ada salahnya berjaga2..

4 comments:

  1. Eh, gue juga pernah denger nih soal Sel Punca... Jadi lo akan menyimpan Sel Punca ini yah.. Iya-iya *ngangguk-ngangguk sok ngerti* LOL

    ReplyDelete
  2. hehe.. iya bu.. Insya Allah kalau smuanya lancar dan jumlah si sel punca yg ada mencukupi baru bs disimpan.. Mari bersuaaaaaaaaa.....

    ReplyDelete
  3. Bisa Kasih info no HP sales cordlife gk?
    Thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yani,

      Bisa mention saya di twitter atau DM aja nggak? Soalnya saya nggak tau itu no HP pribadi atau bukan, jd nggak enak mau nulis disini.. ^_^

      Delete