November 22, 2013

Lagu Anak - Anak untuk Rafa

Pasti disini banyak yang memiliki anak balita. Saya suka miris sama lagu - lagu anak yang ada sekarang. Eh emangnya da ya lagu anak - anak masa kini? Nah itu dia..Makanya dari Rafa lahir saya hobi banget nyanyiin dia sambil menggendong, pas bayi yaaa.. skrg jg masih sih, tp udh ga bs sering2. Encokk.. haha..

Dan hobi saya itu menyanyikan lagu - lagu perjuangan. Entah kenapa. Kesukaan saya menyanyikan lagu - lagu perjuangan di saat Rafa bayi mulai berhenti saat Rafa berusia 1thn. Lagu perjuangan pun berganti menjadi lagu anak-anak. Namun otak bayi memang sungguh dahsyat. Pada saat Rafa berusia 1,5 thn ia mampu menyanyikan dengan samar lagu Halo Halo Bandung meski dengan kata2 yang kurang jelas namun dengan melodi yang tepat! Pembuktian tentang kemampuan bayi mengingat apa yang didapatkan mereka terpampang nyata di hadapan saya. Saya sempat tertegun tak percaya, tapi smuanya nyata. 

Oleh karena itu saya semakin semangat menyanyikan lagu anak - anak lainnya untuk Rafa. Sekarang Rafa sudah hafal beberapa lagu. Yang paling ia sukai adalah Aku Seorang Kapiten, Naik Kereta Api, Layang - layang dan yang terbaru adalah Paman Datang. Masih ingat kan dengan lagu tersebut. Saya bantu mengingatkan beberapa lagu anak ya..

PAMAN DATANG
Kemarin paman datang,
pamanku dari desa.
Dibawakannya rambutan,pisang
Dan sayur mayur segala rupa
Bercrita paman tentang ternaknya
Berkembang biak semua

Padaku,paman berjanji
Mengajak libur didesa
Hatiku girang tidak terperi
Terbayang sudah aku disana
Mandi disungai,turun kesawah
Menggiring kerbau kekandang

Layang - Layang
Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang

Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang

Keranjang Sampah
Jika kumakan pisang
tidak dengan kulitnya

Kulit kulempar k'ranjang
Keranjang sampah namanya
Keranjang sampah namanya

Nenek Moyangku

Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudra
Menerjang ombak tiada takut
Menempuh badai sudah biasa

Angin bertiup layar terkembang
Ombak berdebur di tepi pantai
Pemuda b'rani bangkit sekarang
Ke laut kita beramai-ramai

 Selain lagu - lagu anak itu, saya juga suka mengajarkan Rafa lagu2 nasionalisme. Seperti Indonesia Raya dan Garuda Pancasila. Hehe.. cinta bangsa dan negara harus dimulai dari sekarang bukan?




6 comments:

  1. kalo azamku sukanya cicak-cicak d dinding mbak. kalo lagi d depan kompi seperti sekarang ini, dia sukanya cerita lagu anak islam itu mbak. seringnya kita ngompi berdua, saya bewe, azam dengerin lagu anak islam. layar kompinya dibagi setengah2. jadi ga rebutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. iya lagu cicak biasanya jg muncul pas Rafa lihat cicak bneran. Waa.. pastinya serunya bw sambil dngerin lagu islam. Lagu islamnya download atau gmn?

      Delete
  2. nama anak kita sama mak,,tp anakku panjangnya "rafandra" panggilannya rafa. salam kenal dari dek rafa utk kak rafa ya :) btw samaan nih kita, aku demen bgt nyanyiin lagu2 mulai dari lagu jawa, lagu anak, sampai lagunya "duloc song" itu mak. dari bayi mpe skrg rafa (15mos) masih selalu nyanyiin sblm tidur, selang seling sama hapalan surat pendek mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betull, ingatan bayi itu keren bgt.. cuman didengerin aja tau2 ntar bisa sndiri.. salam kenal jg Rafandra dari Rafasya... hehe..

      Delete
  3. Wah Rafa sama ky Millie suka nyanyi hehe..
    Iya bnr jaman skrg anak2 udah nyanyi lagu dewasa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ye.. mending nyanyiin lagu jadul kan ya..

      Delete