January 7, 2016

Banjir Ilmu di Fun Blogging 8

Saya mulai ngeblog dari jamannya multiply. Sebenarnya bikin multiply awalnya karena pengen berbagi tentang persiapan pernikahan. Segala apa juga ditulis deh, di jaman multiply ini saya juga jadi kenal sama Fifi karena memilih gedung yang sama untuk tempat resepsi. Cuma pas ada heboh - heboh Multiply mau tutup sayangnya saya nggak sempat (atau nggak ngerti) untuk menyelamatkan tulisan - tulisan saya. Setelah menikah saya mulai menulis lagi dengan platform blogspot. Tapi ya tetap saja, menulisnya suka - suka. Apa yang saya mau tulis ya saya tulis. Nggak merhatiin tanda baca, huruf kapital atau kecil, EYD atau cara menulis yang baik. Suka - suka saya pokoknya.

Semuanya mulai agak (sedikit) berubah saat saya bergabung ke komunitas dan mulai menghadiri acara blogger. Saya jadi tahu bahwa di luar sana itu buanyak banget blogger yang tulisannya kece - kece. Kenapa baru tahu? Ya karena saya nggak pernah blogwalking mentemen. Gimana mau bw, tau ada banyak blogger juga baru. Haha.. Dan saya semakin menyadari bahwa blog itu bisa menghasilkan setelah menang lomba blog dan gabung ke komunitas.




Kalau begitu sekarang sudah oke dong ya blognya? Oh cencu belum. Haha.. Per saya masih banyak untuk blog ini. Saya masih harus banyak belajar. Salah satu tempat saya belajar selain modal jari alias colek om gugel, juga membaca tulisan teman - teman blogger. Selain itu ada lagi tempat belajar, yaitu mengikuti Fun Blogging. Pasti kalian sudah pada tahu kan ya? Saya nih yang ketinggalan kereta. Alhamdulillah saya bisa mengikuti Fun Blogging 8 yang diadakan 19 Desember 2015. Mau tau apa saja yang saya dapat dari Fun Blogging 8? Buruan ambil cemilannya..



Di undangan tertulis acara dimulai pukul 8.30. Saya tiba di lokasi acara jam 8.35. Sudah khawatir kalau saya telat, karena di e-mail diinformasikan bahwa sebaiknya datang 30 menit sebelum acara dimulai. Alhamdulillah belum mulai, pesertanya juga belum terlalu banyak. Psst, konon ini adalah angkatan Fun Blogging yang paling banyak, pesertanya 45 orang. Biasanya berkisar antara 20 - 25 orang kalau tidak salah. Tampaknya kemarin beberapa, termasuk saya, datang telat karena pagi itu habis hujan. Bawaannya mau nemplok di kasur aja. Hehe.. Tapi saya nggak menyesal deh datang menembus gerimis ke #FunBlogging8 ini. Disini banjir ilmu banget. Lebay? Sok baca teruslah kalau nggak percaya.

Sekitar pukul 9.10 acara dimulai. Materi yang dibagikan hari itu akan dibawakan oleh 3 orang nara sumber. Yaitu Haya Aliya Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Ketahuan kan ya kenapa saya harus ikutan acara ini. Mereka ini kan sudah dikenal luas di dunia blogger sebagai blogger keceh, cocok deh saya berguru sama mereka.



Sebelum masuk ke materi ada mbak Martha dari IWITA yang menyambut kita semua selaku sponsor acara. Sudah pada tahu IWITA belum? IWITA adalah Indonesianya Women IT Awareness yang dalam bahasa Indonesia artinya Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi. Wih kece banget kan. Nah, mbak Martha ini juga ternyata seorang blogger. Meski beliau mengaku jarang update karena kesibukannya. Mbak Martha menyampaikan bahwa menulis itu harus dengan semangat dan tetap konsisten. Acara baru mulai saja saya sudah mendapat reminder nih untuk konsisten. 

Haya Aliya Zaki - Writing Great Content

Content is King, Promotion is Queen - Bob Mayer

Saatnya materi pertama yang diberikan oleh Mbak Haya. Ada banyak sekali ilmu yang dishare oleh mbak Haya. Mau tahu? Nih contekannya ya. Dari mulai mengapa harus membuat blog yang clean, hubungan antara networking dengan skill, menjaga hubungan baik dengan klien, EYD, sampai tips bagaimana membuat tulisan yang 'bertenaga' sampai tentang typo dan kenapa seorang blogger sebaiknya memiliki akun di berbagai sosmed. Banyak yah yang dibagi. Malah saking banyaknya ilmu dan banyaknya peserta, sesi tanya jawab terasa singkat. 

Setelah sharing dari Mbak Haya, ada perwakilan dari Sari Husada yang menjelaskan tentang website mereka yang bernama Nutrisi Untuk Bangsa. Di website tersebut ada banyak hal yang bisa kita ketahui mengenai tumbuh kembang anak. Dan mereka sama sekali nggak jualan di website ini. Asyik kan ya? Jadi semua info bisa kita serap tanpa terganggu jualannya mereka. Bahkan mereka sering lho mengadakan lomba blog. Saya sih sudah pernah dengar sebelumnya, tapi belum pernah mencoba ikutan. Harus lebih sering ubek - ubek Webnya nih. 

Setelah sharing dari Mbak Dewi dengan Nutrisi untuk Bangsa, waktu makan siang pun tiba. Kami disuguhkan menu makan siang yang di luar dugaan saya. Nasi Bali. Sayangnya saking khusyuknya mendengarkan materi pertama saya jadi khusyuk juga makannya dan lupa mengambil foto si Nasi Bali. Enak banget. Jarang - jarang kan ikutan workshop menu makan siangnya nasi Bali yang dibungkus daun. 

Shintaries - Advancing Your Blog Platform

Setelah istirahat makan siang dan sholat, materi dilanjutkan oleh Mbak Shintaries. Untuk sesi ini ada buanyak sekali istilah yang baru saya dengar. Teknis memang namun tetap perlu diketahui oleh seorang blogger. Pembahasan materi oleh Mbak Shinta ini beragam, mulai dari layout blog yang paling bagus itu yang seperti apa, penggunaan platform blog apa yang cocok dengan kita, sosial media yang digunakan sampai berakrab ria dengan google. Berarti termasuk tips bagaimana agar tulisan kita bisa nangkring di halaman pertama google dong? Tentu saja kakaknya.. Bukan main kan ilmu yang dibagi. Meski saya sempat agak sulit mencerna beragam kata - kata yang baru saya dengar kemarin. Hihi.. 

Ani Berta - How to Monetize Your Blog through Social Media

Saatnya ngomongin uang. Cring..cring..cring.. Hayo siapa yang pengen blognya menghasilkan. Menurut teh Ani kemarin, ada banyak hal yang akan mendukung sebuah blog untuk bisa menghasilkan dalam bentuk Rupiah, Dollar apalagi Euro. Wow, Euro. Mantap ya. Salah satunya konsisten update dan konten yang menarik. Selain membagikan syarat tentang blog yang bisa menghasilkan, Teh Ani juga menjelaskan tentang jenis pekerjaan dalam blog, mengapa blog lebih menarik untuk dijadikan sarana promosi, apa saja yang bisa kita jadikan tulisan, cara memperoleh job review juga bagaimana mengoptimalkan sosial media kita untuk dijadikan sumber penghasilan. Salah satunya nih ya, jika diundang ke suatu acara biasakanlah untuk melakukan live Tweet sambil mention brand yang bersangkutan meski tidak diadakan live tweet. Karena bukan tidak mungkin pintu rejeki akan terbuka dari situ. 

Banyak banget deh pengetahuan yang saya dapatkan dari Fun Blogging kemarin. Apa? Saya kurang detail dalam menjelaskan ilmunya? Oh itu sengaja.. Masih pengen tahu tentang ilmu yang dibagi - bagi? Beneran pengen tahu? Sok lah ikutan Fun Blogging. Insya Allah banjir ilmu. Tapi saya yakin nih ada konspirasi dibalik penyusunan para pembicara yang memberikan materi. Diawali dengan Mbak Haya dengan kucuran keran materi yang ringan seperti games sampai agak mikir seperti tentang EYD dan typo, disusul keran ilmu selanjutnya tentang hal teknis oleh Mbak Shinta dan ditutup oleh teh Ani dengan ilmu menambah pundi - pundi di bank. Pasti  ada konspirasi. Lah wong kok bisa sebanyak kurang lebih 45 orang berhasil duduk manis dari jam 9 pagi sampai jam 16.30 kalau bukan karena ada konspirasi. Konspirasi ilmu tentunya.. :D

Sumber : FB IWITA Jkt

Makasi Mbak Haya, Mbak Shinta dan Teh Ani untuk banjir ilmu yang saya dapat. Semoga saya bisa segera praktek. 

19 comments:

  1. Setujuuuu,, banjiiirrrr. Ampe bingung mau nanya apalagi karena ilmu yang dikasih udah sampe membanjiri kita hihihihihi. Sampai ketemu di Kokas mba Jade *loh hahhahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... iyah sampe ktmu d kokas yak. :D

      Delete
  2. Seru yah buyu.. Smoga bermanfaat buat semua peserta yg hadir hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu... seharian bner2 kemaren ituh.. pada betah kynya..

      Delete
  3. Untungnya ga keterusan nemplok di kasur yah, mbak? he he
    Salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah berhasil melepaskan diri dr si kasur. Salam kenal jg..

      Delete
  4. serunyaa... hihihi
    aku juga kudu banyak belajar nih :DDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuks bareng2 belajar. Seru bgt memang ikutan Fun Blogging..

      Delete
  5. Ketemuan lagi kitaaaa... Tapi nggak sempat ngobrol ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbakk. Duduknya kurang deket dan ilmunya banyak banget, jd ga sempat ngobrol yaa.. Hihi..

      Delete
  6. Ketemuan lagi kitaaaa... Tapi nggak sempat ngobrol ya..

    ReplyDelete
  7. fun blogging 8 memang sarat ilmu.. salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. salam kenal juga, makasi sdh mampir ya..

      Delete
  8. Jadi pingin ikutan kalau ada lagi, biar banyak kucuran aernya :p
    Ajak2 ya Mab Ayu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ikutan Nia.. biar nambah ilmunya. Insya Allah ntar kuinfoin ya klo ada lg..

      Delete
  9. Akupun jd blogger udah lama banget, tp baru sadar kyk 2 tahun belakangan soal bikin blog yang bagus. Padahal ngeblognya dari 2004 apa 2005 yaa,hahaha.. Mau juga dicolek klo ada lagi ya mba ayuu..mamacii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu mah nulis ya nulis aja yaaa.. sekarang jg suka gtu sih aku. Haha.. sip, insya Allah ntar klo aku tahu aku infoin ya..

      Delete
    2. Blogger macam apa kita iniii, hihihi. yang penting menulis bikin bahagia deh ya, hahaha. Sips, thankiess mbaa..

      Delete
  10. Makasih banyak sharingnya Mba :D bermanfaat :D

    ReplyDelete