January 4, 2016

Sudah cukupkah kebutuhan DHA anak Anda ?

Sebelum ngobrol lebih jauh mengenai DHA ini, ada baiknya kalau kita sama - sama berkenalan dengan DHA. Yakin deh pasti para ibu sudah sering mendengar tentang DHA ini. Tapi sudah pada paham belum sih?

DHA adalah kepanjangan dari DocosaHexaenoic Acid. DHA lebih dikenal dengan pengertian salah satu asam lemak omega 3 yang penting untuk dikonsumsi. DHA merupakan asam lemak yang banyak dijumpai di otak dan retina mata. Oleh karena itu DHA berperan aktif dalam membantu pertumbuhan otak dan serabut saraf serta fungsi penglihatan pada 6 bulan pertama kehidupan. Jadi DHA ini sangat penting untuk anak - anak. Bahkan pada orang dewasa, DHA juga dapat membantu kerja otak dan kemampuan belajar serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak sekali ya manfaatnya si DHA ini. Sekarang, mari kita simak berapa banyak konsumsi DHA per hari menurut WHO. 

Usia 6 - 24 bulan : 10 - 12 mg / kg berat badan
Usia 2 - 4 tahun  : 100 - 150 mg
Usia 4 - 6 tahun  : 150 - 200 mg
Usia 6 - 10 tahun : 200 - 250 mg
Usia > 10 tahun  : 250 - 2000 mg

Kalau usia Rafasya sekarang yang 4 tahun berarti harus mengkonsumsi minimal 150 mg DHA setiap harinya. Bahan makanan yang ada di sekitar kita sebenarnya banyak yang mengandung DHA. Untuk makanan laut DHA bisa ditemukan antara lain pada ikan tuna, ikan kerapu, ikan kakap, udang dan kepiting. Untuk daging DHA bisa ditemukan pada daging sapi dan daging domba. Lain lagi dengan susu dan unggas, DHA ada pada ayam, kalkun, telur dan susu. Bagaimana dengan sayur? DHA bisa ditemukan pada kentang tumbuk, jagung manis rebus, kacang - kacangan dan rasberi.

Sudah cukup belum ya asupan DHA nya?



Kalau begitu, mudah dong ya seharusnya untuk memenuhi asupan harian DHA pada anak? Tinggal mengkonsumsi gizi seimbang saja makan asupan DHA akan terpenuhi. Ternyata tidak semudah itu. Sumber - sumber DHA yang saya sebutkan di atas, ternyata harus dikonsumsi dalam jumlah tertentu untuk mencapai takaran DHA yang diperlukan oleh tubuh. Kebanyakan susu cair sama sekali tidak mengandung DHA, sementara buah dan sayuran mengandung sedikit DHA atau mengandung ALA yang harus diproses oleh tubuh sebelum menjadi DHA dengan jumlah tertentu.

Berangkat dari kekhawatiran akan pemenuhan DHA pada Rafasya juga saya dan suami, saya mulai mencari tahu tentang sumber DHA yang lain. Setelah banyak membaca di dunia maya, akhirnya saya bertemu kembali dengan Scott's Emulsion. Mengapa saya katakan bertemu kembali? Karena saya ingat dulu sewaktu kecil, saya pernah mengkonsumsi minyak ikan ini.



Scott's Emulsion dibuat dari minyak hati ikan kod dan mengandung asam lemak Omega 3 ( DHA + EPA), vitamin A, vitamin D dan Kalsium serta sudah mendapatkan sertifikasi halal MUI. Cocok nih untuk asupan Kami sekeluarga. Tapiiiii... Seingat saya dulu waktu saya masih kecil saya terganggu banget dengan baunya. Makanya sering malas - malahan saat diminta mama untuk minum Scott's Emulsion ini. Sepertinya Rafasya bakalan terganggu juga nih dengan baunya. 

Namun setelah saya baca lebih lanjut di websitenya, ternyata Scott's Emulsion ini boleh dicampurkan ke dalam makanan yang kita sukai. Aha.. Bisa dicampur ke mayonaise untuk olesan roti nih. Kebetulan Rafasya lebih suka makanan yang asin daripada yang manis atau asam. Berikut saya tuliskan resepnya ya siapa tahu ada yang mau mencoba juga. 

Roti Sandwich Scott's 

Bahan :
1 sdm Scott's Emulsion, original lbh cocok untuk olesan roti asin tapi bisa juga memakai yang rasa jeruk bila suka
1,5 sdm saus thousand island atau mayonaise
2 lembar roti tawar
Mentega jika suka
Irisan ayam  / daging sesuai selera anak
Daun selada secukupnya

Cara Membuat : 

1. Campurkan Scott Emulsion dan saus thousand Island pada mangkuk kecil
2. Jadikan campuran ini sebagai olesan roti
3. Tambahkan isian yang diinginkan sesuai selera
4. Sajikan 

Semoga dengan cara ini Rafasya akan mendapat manfaat dari Scott's Emulsion dan tumbuh menjadi anak yang sehat. Ada yang sudah mencoba cara ini untuk mengkonsumsi Scott's Emulsion ? Atau punya cara lain demi memenuhi kebutuhan DHA? Kasih tahu saya yaaa... :D
Scott's Emulsion Facebook Tulisan ini dibuat sebagai bentuk partisipasi dalam B Blog's I A.M a Bloggers (4)

9 comments:

  1. Scott emulsion untuk roti? Belum pernah nyoba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuks cobain mbak... Rafa asal gurih lebih doyan dia drpd yg manis..

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Saya masih mengandalkan asupan nutrisi tmsk DHA dari makanan aja sih. Tapi mau coba scott emulsion lagi nih, anak-anak mmg suka juga yg rasa jeruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin2 aku jg gtu, cuma pas baca2 ttg DHA berakhir di menambah scotts emulsion deh. Demi masa depan anak kan ya..

      Delete
  4. Faiz juga minum scott nich,

    ReplyDelete