February 17, 2016

Pengalaman Pertama Demam Pada Anak

Holaa...
Mau cerita nih, tentang pengalaman pertama demam pada anak yang sampai harus berkunjung ke dokter.  Jadi sekitar 3 minggu yang lalu Rafasya demam naik turun selama 3 hari. Namun setelah ke dsa dan cek darah tidak ada yang aneh, jadi tidak diberi obat. Malah sepulang dari dokter demamnya hilang. Namun 1 minggu yang lalu Rafa kembali demam disertai batuk pilek. Biasanya kalau Rafa batuk pilek plus demam hanya saya berikan Sanmol saja. Obat yang selalu ada di kotak obat saya. Namun setelah hari kedua diberikan Sanmol kok demamnya nggak juga hilang. Kalau yang udah - udah , 2 - 3 kali pemberian penurun panas demamnya sudah kabur hanya tinggal batpilnya. Kalau batpilnya sih memang sejak lepas ASI nggak pernah saya kasih obat. Dibiarkan saja sampai akhirnya hilang, paling dilawan dengan berjemur dan minum air lemon hangat lebih sering selain minum madu. 

Namun kali ini, kok semua Home Treatment tadi ditambah obat penurun panas nggak berhasil juga. Jadi kalau pun turun demamnya, nanti akan naik lagi. Jadi selama 3 hari itu demamnya terkontrol dengan obat. Karena khawatir dengan banyaknya penyakit yang sedang muncul, maka saya memutuskan untuk membawanya ke dokter. Saat diperiksa di dokter anak di BIC, ternyata demamnya sampai 39,8 jadi langsung diberikan proris lewat (maaf) bokong. Karena nggak ada gejala yang menunjukkan gejala demam berdarah seperti bercak merah, sakit di ulu hati atau gejala Tipes seperti mual, muntah dan diare maka Rafa hanya diberikan obat batpil saja tanpa antibiotik.

Perdana nih, berkunjung ke dokter untuk berobat bukan imunisasi. Selalu ada yang pertama ya untuk segalanya. Hehe.. Saking, belum pernahnya Rafasya berobat saya sampai takjub melihat puyer yang bentuknya seperti ini. 



Setahu saya puyer itu masih yang dilipat - lipat pakai kertas. Belum yang sudah tinggal sobek seperti ini. Hehe.. Puyer ini berisi obat batuk. Namun sayangnya setelah 3 hari demamnya kok belum hilang. Saat konsultasi kemarin kami sudah dibekali surat dokter untuk periksa lab. Akhirnya setelah wa dsa Rafasya, kami langsung ke lab untuk cek darah lengkap dan cek tubex. Hasilnya trombositnya turun sedikit dan hasil tubexnya +4. Tubexnya yang + 4 bisa menjadi indikasi Tipes. Namun pada Rafa, tidak ada gejala yang menunjukkan bahwa ia terkena Tipes. Mengingat Rafa nggak mual, muntah atau diare dan masih mau makan bahkan minum dalam jumlah yang cukup banyak. Akhinya dsa menyimpulkan bahwa Rafa demam akibat ada virus yang masuk. Lalu kami pun pulang dengan dibekali antibiotik yang harus diberikan selama 5 - 7 hari jika keesokan harinya Rafa masih demam.

Bibirnya sampai pecah - pecah karena demam. Eh malah ditarikin sama Rafa, jadi berdarah deh


Alhamdulillah sepulang dari dokter demamnya kembali pergi, jadi antibiotiknya nggak dipakai. Sekarang anaknya sudah sehat seperti sedia kala. Mungkin ada beberapa hal yang bisa saya bagi tentang apa yang harus dilakukan saat anak demam, antara lain : 

1. Orangtua jangan panik
2. Tetap pantau suhu demam anak dengan menggunakan termometer, bukan dengan tangan ya..
3. Beri asupan air minum lebih banyak dari biasanya. Kemarin saat Rafa demam dan batpil saya menasihati ya untuk minum jika hidung dan mulutnya sakit. Alhamdulillah Rafa mau, jadi dalam sehari ia bisa minum 3 kali lipat dari biasanya. Jadi banyak pipis, mungkin itu juga yang membantu demamnya segera pergi.
4. Tetap beri makanan yang bergizi. Makanan yang berkuah seperti sup juga akan membuat anak makan lebih mudah.
5. Jika anak demam lebih dari 3 hari dan naik turun (demam terkontrol dengan obat) segera bawa anak ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Mungkin itu yang bisa saya share dari pengalaman pertama Rafa demam kemarin. Agak deg - degan karena biasanya nggak pernah harus ke dokter. Memang cuaca juga sedang nggak bagus ya. Tetap jaga kesehatan keluarga dan diri kita sendiri. Semoga kita sehat selalu ya..

36 comments:

  1. Semoga ke depannya Rafasya sehat selalu ya BuYu. Kalo anak femam gak turun-turun emang paling bikin galau deh. Huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin insya Allah Om Dani. Iya, bikin org tua syedih..

      Delete
  2. Penting nih mbak buat calon ibu kayak aku, kayaknya emang harus sedia P3k di rumah ya, aku termometer aja gak punya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau membantu. Nah, jangan lupa siapin budget u beli termometer yaa. Aku sih lbh suka yg digital. Lebih cepet. Hehe..

      Delete
  3. Cuaca lagi kaya gini jadi rentan virus masuk deh. Air putih memang penting banget apalagi kalo badan panas, harus dijaga supaya ga dehidrasi. Sehat terus ya rafa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mknya air putih n madu wajib deh. Makasi tante..

      Delete
  4. waah cepat sembuhh yaa ..
    eh kemasan puyernya lebih bagus yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah sehat Tante. Iyah, puyernya lbh kece. Ga ada yg tumpah2 di sela2 lipatan deh sekarang. Hihi..

      Delete
  5. Semoga Rafa cepat sembuh yaaa biar kita bisa playdate lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gantian bunda yg flu tante Memes. Hihi...

      Delete
    2. Iyaa... soon qta playdate ya tantee..

      Delete
  6. Waaah kapan taun ya liat penampakan obat dengan kemasan puyer hihi. Semoga lekas sembuh ya, Rafa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sdh sehat tante. Iyah, udh lama bgt kan ya ga liat puyer. Hihi..

      Delete
  7. Duuh, sakit tuh bibirnya sampe berdarah gitu. Kasih madu bisa mengurangi demam juga, anak-anak dulu konsumsi madu tiap hari, demamnya nggak begitu parah jadinya.

    Semoga ananda lekas sembuh ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah demamnya sdh berlalu tante. Iyah, bibirnya kering eh ditarik2. Jd berdarah deh..

      Delete
  8. Walaah terakhir liat puyer kayaknya jaman masih TK :)))
    Sehat selalu yaaa Rafaaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... Udh lama bgt deh pokoknya. Haha.. makasi tante Tia.

      Delete
  9. Yang penting saat anak demam atau sakit, ibu harus tenang. Jangan panik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Makanya jangan panik ada di tips no 1 yg saya tulis. Kalau panik bs2 anak gpp malah dikasi obat macem2..

      Delete
  10. Kadang aku ke dokter juga cuma buat menenangkan hati papanya,hahaha. Padahal sm dsa naya dikasihnya cuma sanmol juga yg mana ada di kotak obat rumah,hehehe. Atau dikasih breathy klo hidungnya mampet. Selama asi akupun skin to skin n home treatment, entah ni klo udah lepas asi gimana. ;D Sehat2 ya rafaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lepas ASI n batpil dihajar air putih anget aja jugaa. Hihi.. makasi tante Linda..

      Delete
    2. Typo deh. Tante Lisna maksudnyah. Haha

      Delete
  11. duh kasihan RAffa sampe berdarah bibirnya, semoga skr udah sembuh ya, maklum aku telat bw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas nulis postingan ini Rafa ush sembuh kok tante. Makasi ya tante Lidya..

      Delete
  12. kesian si dede ampe berdarah bibirnya, semoga sehat selalu ya

    ReplyDelete
  13. alfi juga habis demam mbak, aku yg panik duluan sampe nyari second opinion, memang benar ya kita gak boleh anik harus tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, klo panik jadi bikin parno juga soalnya.. semoga lekas sehat ya Alfi..

      Delete
  14. kalau cuma demam aja malah tambah khawatir ya, bisa macam-macam penyakitnya
    alhamdulillah sudah sehat ya Raffa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. makanya sampe cek darah 2x. Karena bingung kok si demam balik lagi. Alhamdulillah sudah tante..

      Delete
  15. minum air putih banyak ya kalau sedang demam gitu, cepat baikan ya Rafa. Faiz waktu kecil pernah dikasih puyer dalam kantung kek gitu, higienis kata apotekernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sdh sehat tante. Iya ini krn baru ptama kali berobat jdnya amazed. Hihi..

      Delete
  16. waah aku mau coba ah treatment pake air lemon hangat..soalnya sekarang kinar lagi batpil juga..dan batuknya grok grok gitu..blom sempet dibawa ke dokter sih...soalnya anaknya juga masih petakilan dan nafsu makannya masih bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga sekarang Kinar udh sembuh ya Bu.. Kadang kalo belum biasa anaknya suka nolak air lemon. Hihi.. Klo aku sih agak - agak dicekokin. Hahaha..l

      Delete
  17. Emang kadang kalau anak sakit, orang tua jadi cenderung panik ya.
    tapi kalau akau sebisa mungkin gak mau bawa ke rumah sakit, i think obat herbal in sya allah cukup

    ReplyDelete
  18. penting banget buat ibu muda maupun calon ibu, biar tidak panik dulu

    ReplyDelete