August 10, 2016

Berkenalan dengan Creative Marker dan Connector Pen dari Faber Castel

Corat-coret rasanya menjadi aktivitas yang sering kita temui dimana saja. Entah untuk yang sudah memiliki anak atau pun yang belum. Malah sekarang corat - coret dan mewarnai bisa menjadi sarana untuk melepaskan stres. Cek saja #doodle atau #coloringforadult di aplikasi Instagram. Pasti banyak banget foto karya - karya yang ciamik dan menyegarkan mata.

Wiken kemarin saya datang ke acara Workshop Blogger yang diadakan oleh Faber Castell di Lippo Mall Kemang pukul 13.00 - 16.00. Workshop ini merupakan bagian terakhir dari Pameran Seni Faber Castell yang bertajuk "Kreativitas Tanpa Batas". Pameran ini diadakan sejak tanggal 1 Agustus 2016 dan berakhir hari Minggu kemarin.




Sebenarnya sudah lama banget nih saya nggak ikutan Workshop atau kegiatan warna warni seperti ini.  Paling ikut - ikutan mewarnai bareng si anak bujang saja. Hihi.. Saya tiba di lokasi acara jam 13.10, setelah registrasi saya mendapatkan peralatan yang akan digunakan untuk Workshop. Sekitar 13.30 acara pun dimulai. Workshop pertama adalah menghias media dengan menggunakan Creative Marker yang dipandu oleh Mbak Yayuk. Media yang disediakan adalah mug, piring dan topeng. Saya pun spontan memilih mug. Padahal setelah dipikir - pikir, sebagai pemula kan sulit ya. Karena medianya bentuknya melingkar, bukan datar seperti piring. Haha.. Sebelum peserta Workshop memulai, mbak Yayuk menjelaskan pada kami beberapa teknik yang bisa digunakan dengan Creative Marker. Ternyata saya sudah mengetahui beberapa teknik yang dijelaskan, tapi nggak tau nama tekniknya. Ceritanya dulu pernah jadi wakil ketua Mading dan Ketua Mading pas es - em - ah. Ciyehh..



Creative Marker ini adalah spidol permanen yang hadir dengan 10 warna dan bisa digunakan di berbagai permukaan. Misalnya gelas, kanvas, logam, plastik dan kertas tentunya. Makanya pihak Faber Castell menyediakan gelas dan piring yang terbuat dari keramik juga topeng yang terbuat dari plastik untuk media Workshop kemarin. Setelah dijelaskan tentang teknik yang bisa digunakan, kami dipersilakan untuk mulai menghias media yang sudah kami pilih. Terserah deh mau bikin apa. Mau bikin gambar, mau tulisan atau pola tertentu. 

Creative Marker yg dibagikan untuk peserta


Dan, setelah berfikir keras dan menyadari bahwa saya nggak bakat gambar, inilah hasil karya saya di atas mug.

Time spent with family is worthed event second 

Hasil Emak Rafasya


Iyess. Banyakan tulisannya yah daripada gambarnya. Ceritanya di bayangan saya mau bikin mug kekinian itu. Yah, untuk pemula lumayan kan? Kalau dikasi nilai, 6 lah ya. O,ya sedikit tips untuk meNggunakan Creative Marker dari saya adalah jika ingin menambahkan warna atau bentuk diatas warna lain, pastikan warna yang pertama sudah kering benar ya. Kalau tidak nanti jadinya sedikit bleber. Trus kalau ingin warnanya lebih hidup dan awet, media keramik yang sudah selesai digambar atau ditulisi bisa diletakkan di oven. Hasil karya peserta yang lain mah pada bagus - bagus. Nih lihat deh beberapa hasilnya.

#ngeblogkreatif


Yak, lanjut ke Workshop kedua dengan menggunakan Connector Pen. Kalau yang ini, teman - teman yang suka ke toko buku atau pernah melihat pameran Faber Castell di Mall pasti sudah kenal deh sama Connector Pen ini. Hanya saja mungkin nggak ngeh dengan nama spidol warna warni ini. Rafasya sudah sering bermain dengan Connector Pen yang biasanya diletakkan di bak ini.

" Bisa dibentuk macam - macam Bunda. Seru.. " 


Itu yang saya ingat tentang kesan Rafasya terhadap Connector Pen ini. Ternyata dari penjelasan Mas Rizal, saya baru tahu bahwa Connector Pen ini terbuat dari air. Jadi kalau terkena baju insya Allah bisa hilang karena busa dicuci. Ada lagi nih kelebihan Connector Pen ini, kalau kita nggak sengaja lupa menutup atau mungkin menutupnya kurang kencang, insya Allah nggak bakalan kering. Mbak Yayuk bilang ia pernah mencobanya sampai 2 minggu dan Alhamdulillah nggak kering. Wah, mantap ya. Satu lagi kelebihannya, yaitu sesuai dengan omongan si anak bujang. Connector Pen ini bisa dibentuk macam - macam bahkan bisa digabungkan dengan Paper craft juga. 

Workshop yang kedua ini kami diminta untuk mewarnai kertas dengan bentuk yang sudah dibagikan menggunakan Connector Pen ini. Setelah selesai digunting dan dijadikan paper craft yang bisa dimainkan oleh anak dengan bantuan barrel dan connector yang ada. 

Siapkan connector pennya

Roket siap meluncur


Kepala kupu - kupu


Roket dan kupu - kupu


Tameng Ksatria Rafa


Waaaa... Seru ya. Jadi bertambah deh referensi aktivitas yang bisa dilakukan bareng si anak bujang dan adiknya kelak. Setelah acara selesai, saya menyempatkan diri untuk berkeliling melihat- lihat Pameran Kreativitas Tanpa Batas di sekitar acara Workshop tadi. Hasil karyanya super sekali. Super sulit buat saya. Coba deh lihat foto - foto ini. 

Baju seberat 25kg

Kapal Pinisi dari Connector Pen




Semuanya dibuat menggunakan produk Faber Castell. Hebat ya. Senang sekali saya bisa ikutan Workshop kemarin. Rasanya seperti mengulang masa sma dan langsung pengen corat coret dimana - mana. Haha.. Terima kasih pada KEB dan Faber Castell untuk acara serunya. Kalian mau mendapatkan hadiah dari Faber Castell? Intip - intip akun Instagram mereka di @fabercastell_id ya. Sedang ada kompetisi berhadiah produk Faber Castell, cocok deh buat kalian yang suka gambar.

Beli kertas polos A3 trus dikasi motif seperti ini bisa jadi kertas kado lho


Foto tanpa keterangan diambil dari FP FB Faber Castell International Indonesia

14 comments:

  1. Bagus mbak ^^

    Yang digambar di gelas itu tahan berapa lama mbak setelah di oven? Maksudnya gambarnya bisa pudar gak lama2? Hehe

    ReplyDelete
  2. Cakep ya hasil corat-coret di mugnya :)

    ReplyDelete
  3. Huahahahhaha kebayang Rafa antusias banget yaaa... :)

    ReplyDelete
  4. Hahaha rafa kreatif bikin tameng ksatria :D

    ReplyDelete
  5. Hana suka creative marker dan connector pen.. Berguna banget buat bikin mind map dan pengganti stabillo :D

    ReplyDelete
  6. Seru banget acaranya, mba Ayu... Jadi kangen lukis2 deh :D Makasih info kontesnya hehehehee

    ReplyDelete
  7. elaah pulpennya bisa jadi tameng ya hahahah saya tuh mupeng banget liat pulpen ciamik satu ini ;)

    ReplyDelete
  8. Banyak jenisnya yaa mbaa ayuu, ciee ketua mading yaa ^^

    ReplyDelete
  9. Bunda Raffaaaa aku mau ah bikin kertas kado seperti ituuuuu

    ReplyDelete
  10. Inilah color pen yg suka bikin aku berlama2 di Gramedia...hahaha. Warna-warni dan lucu abis.

    ReplyDelete