November 18, 2016

Simplify Your Blogging Activities with Smartphone


Ada beberapa pertanyaan yang mampir pada saya belakangan ini,

BuYu rajin banget deh nulisnya.. ( komentar tulus agak memuji )
Hah, punya bayi dan sempat update blog? Itu gimana caranya? ( komentar bingung terheran-heran )
Kapan nulisnya BuYu ? Bayi dikemanain ? ( komentar penasaran dan menyindir terselubung ) 
Wuih, sempat banget ya apdet blog? Bukannya repot ya punya bayi? ( komentar nyinyir bin kurang piknik )

Macam - macam ya komentarnya. Ya, sebagai ibu yang baru saja melahirkan anak keduanya memang saya masih harus super beradaptasi dengan pembagian waktu. Seperti yang saya ceritakan sedikit di postingan ini , sekarang saya jadi super sibuk. Lah terus kalau jadi super sibuk kenapa blog ini bisa terus ada postingannya? Punya bayi kok blog ini tetap update ? Kok bisa? Ya bisa dong. Kan ada banyak cara untuk tetap menulis. Versi saya, beberapa hal ini memudahkan saya untuk tetap menulis.




1. Niat
Duh, klise. Embyer.. Tapi memang benar kan bahwa untuk melakukan apa saja kita perlu niat. Apalagi untuk menulis blog saat memiliki bayi. Jadi niat tetap nomer satu buat saya. Saat masih hamil Arsel, saya sudah berniat untuk nggak menjadikan blog ini dipenuhi sarang laba - laba di kala Arsel lahir. 

2. Postingan Terjadwal
Sebenarnya ini yang menolong saya mengisi postingan blog saat bulan pertama Arsel hadir. Muahahaha.. Pasti pada tahu dong ya soal postingan terjadwal ini. Saat trimester ke 3 saya mulai menabung beberapa tulisan agar blog tetap hidup. Jadi beberapa tulisan sengaja saya jadwalkan untuk tayang per minggu sejak Arsel lahir. Kalau memang ternyata saat Arsel lahir saya masih bisa menulis ya Alhamdulillah. Kalau pun tidak saya sudah punya tabungan 4 tulisan selama satu bulan itu. Nyatanya, selama bulan Oktober saya berhasil menayangkan 11 tulisan. Sebuah angka yang malah lebih tinggi dibandingkan bulan - bulan sebelumnya. Lantas bulan sebelumnya ngapain aja ya. :D

3. Pengorbanan
Bagian ini yang agak berat. Di trimester ke 3 kehamilan demi menjadwalkan 4 tulisan, saya harus melawan rasa sakit karena perut sudah super buncit. Di awal kelahiran Arsel, saya harus memangkas jam tidur malam saya yang memang sudah super sedikit demi bisa menghasilkan satu tulisan. Ngantuk bin lelah memang, tapi ya dijalani saja kalau memang sudah niat. 

4. Alat
Nah, bagian ke tiga ini yang ingin saya bahas agak dalam. Tsahh.. Yang paling memungkinkan saya untuk melakukan update pada blog saya adalah smartphone. Baik saat ini ataupun dulu sebelum Arsel lahir, saya sering sekali menulis postingan dengan menggunakan smartphone. Kalau dulu beberapa kali saya akan menulis lewat iPad kemudian mengedit foto dan menambahkannya lewat smartphone. Sekarang? Ga ada waktu lagi untuk buka iPad trus lanjut ke smartphone. Nama pun nyambi nulis pas adek tidur kan. Jadi semua dilakukan lewat smartphone. Untuk foto pun saya mengandalkan kamera smartphone lungsuran suami. 




Nggak masalah dong berarti dengan alat untuk bloggingnya? Sebenarnya nggak sih. Sampai pada saat trimester ke 3 alat andalan saya si smartphone ini mulai berulah. Entah karena lelah karena usia pemakaian yang sudah cukup lama atau saya yang kebanyakan menyimpan file dan juga foto.




Maka mulailah cari - cari smartphone lain sebagai calon pengganti. Hasil browsing saya membawa Ke perjumpaan dengan Samsung Galaxy J5 & J7. Uwow, kedua smartphone ini kece yaa.. Apa yang membuat saya tertarik memiliki salah satunya? Karena...

a. Layarnya cukup besar
Sebagai ibu - ibu yang terkadang nulis ditemani temaram lampu tidur, yess I Know itu nggak baik tapi tenang aja nggak sering - sering kok, saya tentunya mengandalkan smartphone dengan layar yang cukup besar. Samsung Galaxy J5 berukuran 5,2" dan J7 berukuran 5,5". Layarnya pun super AMOLED dengan display 1280 x 720. Jadi kualitas gambarnya high definition tuh. Mata pun enak ngeliatnya. 




b. Kamera
Kamera tentunya penting ya untuk menunjang tulisan kita di blog. Sebaiknya sih foto yang dihasilkan harus berkualitas baik. Jadi akan membuat para pembaca kita menikmati informasi yang didapatkan dari tulisan dan foto yang kita posting. Pada Samsung Galaxy J5 dan J7 keduanya dibekali dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Mantap kan? Jadi mau selfie, foto - foto produk untuk review, foto makanan untuk postingan ala food blogger, foto kamar hotel dan pemandangan demi merintis menjadi travel blogger sampai yang paling sering terjadi di saya, foto semua aktivitas anak untuk update sebagai family blogger, semua akan semakin bagus deh hasilnya dengan Samsung Galaxy J5 dan J7 ini. 

Belum lagi fitur flash yang ada pada kamera depan. Tentunya akan membuat aktivitas selfie - selfie bareng anak jadi bebas remang - remang ya kan. Lagi pula lensa F1. 9 yang ada pada kedua kamera Samsung Galaxy J5 akan menghasilkan foto yang jelas meski penerangannya kurang jelas. Kece ini buat emak yang pengen bikin postingan tentang jam tidur malam bayi dan perlu foto pendukung bayi yang sedang tertidur di kamar temaram misalnya. 




c. Adanya Fitur Ultra Power Saving dan RAM yang cukup
Terkadang saat menghadiri Blogger Gathering, kita harus bisa multi tasking kan? Saat baru tiba langsung buka kamera dan foto - foto produk, lokasi dan suasana event. Begitu event dimulai langsung buka aplikasi notes untuk mencatat beberapa poin penting yang bisa menjadi tambahan informasi. Tiba - tiba teringat bahwa ada kompetisi live tweet, langsung deh buka aplikasi Twitter dan mulai cuap - cuap sambil tetap mendengarkan penjelasan di depan. Di tengah - tengah ngetweet masuk wa dari rekan blogger yang menanyakan sesuatu, terbukalah aplikasi wa. Saat sedang membalas wa ada notifikasi pinned dari Pinterest. Eh ternyata ada kompetisi Instagram juga. Langsung buka aplikasi edit foto dan posting di Instagram kita, sebelum akhirnya kembali lagi ke Twitter untuk live tweet. Lincah banget deh jari jemari kita berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain.




Sudah dihitung ada berapa aplikasi yang dibuka dan digunakan saat kita bermulti tasking tadi? Banyak  pokoknya. Nah dengan Fitur Ultra Power Saving, kita nggak perlu khawatir baterai cepat habis. Karena semua aplikasi yang nggak dibutuhkan akan ditutup supaya smartphone kita tetap aktif. Namun kalau Multi tasking aplikasinya dipakai terus ya tentunya baterai akan cepat habis ya. Kemudian RAM yang dibekali pada Samsung Galaxy J5 dan J7 ini adalah sebesar 2GB. Jadi berpindah dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lain bisa dilakukan dengan cepat dan nggak nge hang. Makin lancar deh aktivitas sebagai blogger nya. 

c. Memori Eksternal up to 128 GB
Again, sebagai ibu dan juga blogger yang rajin foto - foto (apa aja difoto masalah ditulis atau nggak ya urusan belakangan deh) tentunya kapasitas penyimpanan yang besar jadi dambaan. Bukan cuma itu, terkadang saat akan mengambil foto suatu produk yang di review saya bisa me motonya sebanyak 3 - 5 kali. Itu sih saya ya. Belum lagi foto anak. Beuh, banyak aja judulnya. Makanya saya tampaknya bakalan klop deh dengan Samsung Galaxy J5 atau J7 ini. Memori eksternal nya bisa sampai 128 GB. Wohooo. Bakalan makin sering foto - foto apa aja nih. Soalnya sebel kan kalau kita sedang mengambil beberapa foto eh tetiba smartphone yang kita gunakan bilang kalau memory full trus ngehang deh. Langsung deh menghabiskan beberapa waktu untuk duduk dan milih foto yang bisa dihapus padahal niatnya mau jadi satu postingan. Ya nggak? Hehe..

Bagaimana? Setelah membaca review Samsung Galaxy J5 dan J7 ala saya jadi pada tertarik untuk punya juga nggak? Untuk spesifikasi dan fitur lain yang lebih lengkap, kalian bisa berkunjung ke website Samsung ya. Tebar racun gadget untuk ngeblog nih ceritanya. Dengan alat untuk ngeblog seperti kedua smartphone itu ditambah niat, postingan terjadwal dan pengorbanan, tampaknya saya bisa makin rajin posting nih. Soalnya menulis blog dan beraktivitas sebagai blogger jadi semakin mudah dengan smartphone tersebut. Bahasa bule nya, Simplify Your Blogging Activities with Smartphone. Makin pengen punya deh.




" Ayaahhh... Beliin yaa.. " 

Permintaan yang kemudian dijawab dengan dengkuran suami, karena saya nulis postingan ini menjelang tengah malam dan ia sudah duluan terlelap. Haha.


10 comments:

  1. Semoga cepat dibeliin Samsung J ini ya Mba. Saya juga perlu produktif lagi nulisnya nih.

    ReplyDelete
  2. memang smartphone bsia meudahkan banyak hal ya mbak termasuk negblog

    ReplyDelete
  3. Dengan smartphone lebih mudah motretnya. Lebih gampang ngeblognya. Mudah-mudahan segera dibelikan ya.

    ReplyDelete
  4. yang namanya gadget selalu aja bikin penasaran hehehe.

    ReplyDelete
  5. kok sama ya mbak, diriku lagi ngiler sama smartphone jenis ini...hiks

    ReplyDelete
  6. Duh akuh banget nih. Sering ngeblog pake smartphone ��

    ReplyDelete
  7. Keren nih gadgetnya. Harganya murah tapi bisa multi fungsi :))
    Kalo ada yang kasih aku mau :))

    ReplyDelete
  8. Aihhh kece banget yaa... Buyu memang juara...

    ReplyDelete
  9. Ngiler banget dan jadi ingin memiliki samsung tipe ini. Kapankah? Ya sudahlah, nabung dulu.

    ReplyDelete
  10. Haduh mbak memang entah kenapa kalau nulis itu rasanya susaaaah banget. niat sih sudah ada, alat juga sidah punya.. tapi malesnya itu ga ketulungan huhuhuh :(

    ReplyDelete