May 31, 2017

Perlengkapan Penting Bagi Busui Pasca Melahirkan

Mmm.. Judulnya terlalu pede ya? Setidaknya perlengkapan yang akan saya ceritakan ini adalah perlengkapan yang penting untuk saya ya. Hihi..

Setelah melahirkan, baik Rafasya maupun Arsel, tentunya saya langsung semangat ngASI. Selain demi memberikan yang terbaik untuk buah hati saya, juga karena saya berharap berat badan saya bisa lekas turun. Berdasarkan pengalaman sewaktu mengASIhi abang Rafasya, dalam waktu 3 bulan setelah melahirkan, BB saya sudah turun bahkan bisa kembali seperti sebelum hamil. Semuanya hanya karena memberikan ASI.

Berbekal pengalaman tersebut, maka saya pun berniat mengulangi kesuksesan penurunan BB saya. Alhamdulillah ASI mengalir lancar dan Arsel langsung pintar menyusunya. Sejak sebelum melahirkan saya sudah mempersiapkan perlengkapan menyusui dan yang terpenting menyiapkan pikiran saya supaya saya dan Arsel bisa bekerja sama dalam mengASIhi.



Namun ternyata saya lupa untuk mempersiapkan dua hal yang ternyata cukup penting, bahkan untuk ibu yang melahirkan secara sesar seperti saya. Hal penting yang pertama adalah korset. Awalnya saya hanya mengandalkan korset yan dulu digunakan setelah melahirkan Rafa. Korset bisa yang banyak ditemukan di toko - toko. Yup, I know. They've been 5 years old now. Dan usia si korset menyebabkan kurang nyaman saat saya gunakan. Awalnya sih oke, namun saat sudah digunakan selama 4 jam mulai deh nggak nyaman. Terlebih untuk ibu yang melahirkan secara sesar, bergerak di hari ke dua masih sangat tidak nyaman bin ngilu. Korset yang nggak enak dipakai, membuat saya semakin nggak nyaman. Tapi mau nggak pakai korset juga nggak mungkin kan? Perut wanita yang baru saja melahirkan itu kalau nggak dipakaikan korset rasanya mau ambyar kemana - mana deh. Macam agar - agar jatuh dari cetakannya gitu. Haha..

Begitu sampai di rumah dan ada waktu senggang, saya langsung browsing mengenai korset. Saat browsing sampailah saya di halaman Instagram Mooimom.id . Setelah memperhatikan dan membaca dengan seksama akhirnya saya memilih Elastic Breathable Corset 25cm. 


Setelah menggunakan korset dari Mooimom ini, duh pinggang rasanya enak banget. Elastic Breathable Corset dari Mooimom ini mampu menopang pinggang saya juga perut beserta lemak - lemaknya. Saya memilih yang panjangnya 25 cm supaya bisa dipakai menutupi perut mulai dari sayatan operasi sampai di atas pusar. Karena bentuknya yang berlubang - lubang, jadi korset ini nggak bikin gerah. Ya kalau kita hanya rebahan di kasur selama 4 jam tanpa bergerak sih wajar ya punggung dan pinggang jadi gerah. Maksud saya jika dipakai sewajarnya korset ini cukup adem,meski saya beraktivitas di luar kamar yang mana tanpa AC.



Penggunaan kait juga lebih enak menurut saya, karena dengan kait rasanya lebih ngunci perut. Kalau yang model strap rasanya kurang nendang. Haha.. Elastic Breathable Corset dari Mooimom ini juga memiliki 4 tulang yang nggak terlalu kaku atau terlalu lemas, pas deh untuk saya. Jadi menurut saya korset ini merupakan salah satu benda yang penting dimiliki oleh buibu seperti saya pasca melahirkan yang nggak mau menggunakan Stagen. 

Benda penting yang kedua adalah bra menyusui. Sebelum melahirkan Arsel, saya sempat membeli beberapa bra menyusui. Saya pikir kejadiannya akan sama saja dengan masa - masa menyusui abang Rafasya, jadi saya hanya membeli bra menyusui biasa yang ada di  toko baju bayi di ITC. Ternyata dari beberapa bra menyusui yang saya beli, kebanyakan kurang nyaman dipakai. Mulai dari kualitas bahan, jahitan yang kurang rapi dan membuat gatal sampai di kualitas kancing dimana akses menyusui tersedia.



Bagai cangkir bertemu tutupnya, Mooimom memiliki Seamless Nursing Bra. Cocok bin klop banget. Langsung deh dengan bermodal klak klik di website Mooimom, karena memang sudah mengincar beberapa Nursing Bra dari mereka, nggak lama paket saya pun tiba. Setelah saya coba, Seamless Nursing Bra dari Mooimom ini bahannya lembut dan nggak gerah. Nyaman sekali untuk dipakai dan kancing untuk akses menyusuinya memiliki kualitas yang baik. MengASIhi jadi makin lancar deh.


Karena sebagai busui yang berhijab, kancing untuk akses menyusui pada bra merupakan hal yang krusial. Namanya bayi kan kadang mereka maunya cepat melihat keluar setelah menyusu dengan ditutup dengan apron atau jilbab, nah kemudahan membuka tutup kancing pada bra menyusui sangat membantu saya. Kalau sulit dipasang pada saat saya menyusui bukan di ruang menyusui kan bisa bahaya ya buibu.



Kedua benda diatas, korset dan bra menyusui adalah 2 benda yang penting bagi saya. Senang sekali Mooimom menyediakan keduanya. Bahkan saya dengar Silicon Breast Pump mereka juga juara tuh. Pasti sering mengalami kan, saat bayi menyusu pada payudara yang kanan, ASI pada payudara yang kiri juga mengalir. Kayaknya perlu punya juga deh. Jadi, ada 3 hal dong ya? Coba deh mentemen mampir ke IG mereka atau website mereka di www.mooimom.id. Pasti semua jadi masuk list kan?


1 comment:

  1. Kemarin pas habis lahiran saya cuma tahan pakai korset selama beberapa minggu. Sisanya pakai stagen. Korsetnya gampang lepas soalnya. Heu.

    ReplyDelete