May 11, 2017

Serba - Serbi MPASI Arsel

Bayi yang rasanya baru kemarin dilahirkan, sekarang sudah masuk waktunya makan alias MPASI aja nih. Alhamdulillah, belajar dari abang Rafasya Bundanya nggak mau terlalu ribet masalah MPASI ini. Mulai dari peralatannya sampai menunya semua dibuat santai dan ngikutin bagaimana respon Arsel aja. 

Kebetulan sesuai rekomendasi dsa Arsel, adiknya abang Rafasya ini bisa mulai makan sejak usianya 5,5 bulan. Mmm, lebih tepatnya sih 5 bulan 20 hari. Kenapa? Karena dilihat Arsel sudah mampu menopang leher saat tengkurap, sudah mulai mengecap- ngecap saat melihat orang lain makan, sudah mulai duduk dan beratnya saat kunjungan terakhirnya ke dsa kok naiknya nggak sampai 500gram. Menurut pegangan dsa Arsel, bayi 0 - 6 bulan itu sebaiknya berat badannya naik 500gram setiap bulan. Jadi dokter merekomendasikan Arsel untuk mulai MPASI. Yoweslah, kami mah ngikut saja. Apalagi setelah googling, ternyata memang MPASI 5,5 bulan itu insyaAllah nggak papa. Tapi tetap harus sesuai arahan dsa yaa... 



Karena jadwal MPASI yang maju, jadi Bundanya belum ada persiapan sama sekali. Alhamdulillah setelah diingat - ingat Arsel punya hadiah peralatan makan dari kerabat. Saat dibuka, isinya cukup lengkap. Jadi inilah peralatan makan MPASI Arsel. 

Menunya sendiri tergantung apa yang ada di rumah. Saya masih berkaca pada pengalaman MPASI Rafasya yaitu memulai dengan buah. Oh ya, dulu masanya Rafasya, MPASI diawali dengan memberikan 1 menu yang sama selama 3 hari. Kalau sekarang sudah nggak lagi. Jika memang setelah diberikan nggak ada tanda alergi, kita bisa langsung melanjutkan ke menu MPASI yang lain. Berarti lebih beragam ya. Dengan pedoman yang baru, kurang lebih ini adalah menu MPASI awal Arsel.


Jus jeruk



Tepung Gasol Beras Merah + ASIP


Puree pepaya


Kentang + wortel + kaldu sayur


Pear cokelat 


Alpukat + jeruk


Semangka + China seeds


Ubi Cilembu + ASIP


Jus melon

Well, kurang lebih sih semua menu dilahap aja sama Arsel. Meski membuka mulut dan makannya nggak selahap abang Rafasya, namun makannya hampir selalu habis dan maksimal 30 menit. Pernah juga sih sisa sekitar 5 sendok bayi seperti difoto. Alhamdulillah minum air putihnya juga banyak, jadi pupnya tetap oke. Reaksi alergi Alhamdulillah nggak ada. Cuma pernah pas makan pepaya yang ke sekian kalinya kok pipinya langsung muncul merah - merah. Tapi sebentar langsung hilang. Apa mungkin karena getahnya atau kebetulan saja. Over all,nggak ada tanda - tanda alergi. Semoga Arsel makannya pintar selalu dan Bundanya rajin gonta ganti menu ya. Hihi..



1 comment:

  1. Aku yg kiddy ini malah beli g punya entah dah pada kemana :v

    Tar lagi juga mau makannnn. Semangatttt

    ReplyDelete