November 21, 2017

Liburan ke Pulau Seribu? Ngapain Aja ya disana?

Duh hawa - hawa akhir tahun ini emang deh identik banget sama diskon yaa. Eh, selain diskon identik juga sama halan - halan alias liburan. Akyu lg mikir nih pengen liburan yang beda gitu. Maksudnya pengen ngajak anak - anak liburan dengan suasana yang beda. Setelah diingat - ingat ternyata anak - anak sholehnya ayah bunda ini belum pernah liburan ke pantai. Yaa, abang Rafa udah pernah ke Bali sih. Tapii itu kan pas masih kecil. Kalo Arsel, ya jelas belum pernah dong. 

Lalu ngobrol deh sama pak suami, kalo pengen liburan ke pantai enaknya kemana ya? Muncullah ide untuk liburan ke Pulau Seribu. Kenapa Pulau Seribu? Ya karena lokasinya lumayan dekat kan dari Jakarta. Trus anak - anak bisa naik kapal, pengalaman baru deh buat Arsel dan abang Rafa yang tampaknya sudah lupa rasanya naik kapal. 





Kepulauan Seribu sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota JakartaIndonesia. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan juga yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang.

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mempunyai jumlah penduduk sebanyak lebih kurang 20.000 jiwa yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya Pulau Untung JawaPulau PariPulau LancangPulau Tidung BesarPulau Tidung KecilPulau PramukaPulau PanggangPulau HarapanPulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira. Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau BidadariPulau OnrustPulau Kotok BesarPulau PuteriPulau MatahariPulau Sepa, dan sebagainya.

Dari wikipedia

Banyak banget kan ya pulau - pulaunya. Makanya dinamakan Pulau Seribu. emang mau ngapain suh di Pulau Seribu? Oh jangan sedih, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Seribu. 
  1. Berenang. Namanya juga berlibur ke pulau ya kan. Tentu saja aktivitas yang bisa dilakukan adalah renang. Dan yang namanya anak - anak, kayanya mustahil deh nggak suka main air. Siap - siap sunblock aja deh ya, biar nggak gosong - gosong amat. Beberapa pulau Kepulauan Seribu yang pantainya ccocok untuk berenang adalah Pulau Pramuka, Pulau Putri dan Pulau Sepa. Kenapa? Karena di ketiga pulau ini udah tersedia beraneka macam fasilitas seperti toilet atau kamar mandi umum dan tempat ibadah. Jadi setelah renang nggak repot ya kan.
  2. Snorkeling. Dari hasil googling saya, sebaiknya kalau mau snorkeling kita pilih daerah yang jauh dari Teluk Jakarta. Karena kita snorkeling kan mau lihat terumbu karang dan ikan - ikan cantik ya, bukannya mau lihat sampah dan air yang hitam. Untuk urusan snorkeling ini kabarnya ada beberapa pulau dengan pemandangan bawah laut terindah yaitu Pulau Rambut, Pulau Sepa, Pulau Pantara Barat dan Timur, Pulau Kotok dan Pulau Matahari.
  3. Berkemah. Ini juga aktivitas yang ingin saya kenalkan pada anak - anak nih. Saya juga belum pernah berkemah sih setelah dewasa ini. Kalau pak suami pernah karena sempat naik gunung beberapa kali. Lokasi berkemah di Kepulauan Seribu bisa di Pulau Laki Besar dan Pulau Laki Kecil yang masih termasuk dalam wilayah Kepulauan Seribu. Cara mendatangi kedua pulau ini cukup mudah, yaitu dengan naik kapal motor dari Pantai Mauk, Tangerang, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.Tapi tampaknya ini tunggu Arsel lebih besar saja ya. Hahaha.. 
  4. Bird Watching. Kalau ini judulnya berwisata sambil belajar tentang alam sekitar ya. Kita bisa ke Pulau Rambut nih. Ada sekitar 20 ribu burung dari berbagai spesies di pulau dengan hutan bakau yang terpelihara cukup baik. Jumlah ini akan meningkat menjadi 50 ekor di setiap bulan Maret sampai September akibat migrasi burung asal Australia. Fenomena ini membuat Pulau Rambut pantas diberi julukan Pulau Kerajaan Burung. Kalau mau bird watching, ayah bundanya harus belajar dulu nih ya supaya bisa jawab pas anak - anak nanya. :D

Banyak kan yaaa aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Seribu. Tampaknya sih kami pilih no 1 dan 2 dulu deh. Trus mau pilih pulau yang mana dong? Itu sih terserah saja ya. Kalau saya karena mau bawa anak - anak tentunya saya pilih pulau dengan penginapan yang memadai dan nyaman untuk anak - anak. Jadi saya browsing  deh lewat genggaman. Tsahhh.. Gaya yah. Iya beneran lewat genggaman. Dari hasil browsing akhirnya saya kepincut nih dengan Royal Mermaid Inn yang terletak di Pulau Pramuka, lihat lebih lanjut disini ya.



Oke kan? Niatnya sih mau booked yang Family Room. Jadi di dalam kamar ada 2 queen bed. Abang Rafa dan ayah di kasir yang tinggi, Arsel dan bunda di kasur yang di bawah supaya aman. Mau snorkeling pun tinggal bilang saja ke pihak penginapnnya. Duh hepi deh kalau urusan buking kamar untuk liburan itu mudah kaya gini. 




Oh iya buat mentemen yang diluar kota dan mau liburan ke Pulau Seribu juga jangan sedih. Mentemen bisa pilih paket Flight + Hotel di aplikasi Traveloka. Seperti ini nih misalnya. 



Dengan memilih paket Flight + Hotel seperti ini, harga yang kita dapatkan lebih murah 20% lho daripada kita buking secara terpisah. Lumayan banget kan yaa. Budget lebihnya bisa untuk jajan seafood atau jajan lainnya saat liburan. Selain itu dengan memilih paket Flight + Hotel kita juga jadi lebih menghemat waktu kan. Nggak perlu lagi deh dua kali klak klik. Selain lebih cepat, cara pembayarannya juga beragam. Mau transfer atau dengan kartu kredit? Bisa.. Plus bisa direfund juga loh kalau kita batal berangkat. Bahkan kalau kita sering menggunakan Traveloka, kita bisa mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukar dengan tiket gratis sejumlah nilai tertentu. Asyik kan? 



Kalau buat buibu jaman now seperti saya sih kata kuncinya ada di lebih murah. Haha.. Daripada buking satu - satu, lebih baik langsung pilih paket Flight + Hotel kan? Lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah. Jadi mentemen pilih tanggal berapa ke Pulau Seribu nya? 

1 comment:

  1. "Sudah puluhan kali saya tertipu oleh paranormal gadungan. Dan sudah puluhan juta saya habiskan, tapi hasilnya nihil! Setelah saya bertemu teman lama dari medan, saya ceritakan semua keluhan saya. Alhamdulila beliau menyarankan saya utk meminta tlg ke MBAH DRAJAT. Berkat beliau Hutang sya yang 800 juta lunas dalam 2 hari. Semoga mbah drajat Selalu memberikan solusi utk kita yg terpuruk. Amin." jika mau sukses melalui pesugihan uang gaib. hub MBAH DRAJAT no.hp: 0812 4742 8367 atau klik http://mbahdrajat.blogspot.com
    sumpah demi allah ini kisa nyata saya.
    SALAM SUKSES

    ReplyDelete