July 13, 2015

Sudahkah Anda Bergabung dengan Cashless Society?





8 Juli 2015 kemarin, saya menghadiri Peluncuran Mc Donald's Digital Gift Card sebagai perwujudan 2tahun kerjasama mereka dengan Kartuku. Sebagai penyedia teknologi pembayaran terintegrasi, Kartuku membuat program cashless yang eksklusif, hanya untuk Mc Donald's Indonesia. Dari tadi ngomongin cashless terus, maksudnya apa sih? Cashless berarti nggak punya uang dong? Apa gimana?





Tenang. Cashless disini berarti kamu bisa makan di semua restoran Mc Donald's Indonesia tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Lho, kok bisa? Bisa dong, karena pembayarannya dilakukan dengan terobosan terbaru dari Kartuku yaitu Digital Gift Card tadi. Hebatnya Digital Gift Card ini, kita nggak perlu khawatir tentang adanya pembelanjaan minimum. Jadi, mau cuma beli ice cream cone aja pun tetap bisa. Hal ini adalah salah satu yang membedakan Digital Gift Card ini dengan voucher kertas. Pembelanjaan dengan voucher kertas biasanya memiliki syarat pembelanjaan minimum. Jadi, yang suka bete dengan voucher kertas yang biasa, bisa bernafaskan lega. Dengan Digital Gift Card ini, kita bisa belanja bahkan dengan nilai transaksi yang sedikit.



Bapak Andrian Anwar selaku Chief Commercial Officer Kartuku mengatakan bahwa untuk saat ini Mc Donald's Indonesia adaLah waralaba restoran cepat saji pertama yang menggunakan teknologi ini. Dengan diluncurkannya Digital Gift Card ini berarti Kartuku menjalankan misinya yaitu ingin membangun cashless society di Indonesia. 


Lain lagi dengan Ibu Yanti Lawidjaja, Finance and IT Director Mc Donald's Indonesia, beliau menjelaskan bahwa dengan hadirnya Digital Gift Card akan membuat proses check out konsumen menjadi lebih cepat. Nah, saya setuju banget tuh. Dengan menggunakan digital Gift Card berarti waktu untuk menunggu konsumen menghitung / mengeluarkan uang ,waktu untuk kasir menghitung uang yang diterima juga mengecek keasliannya dan waktu untuk kasir menghitung uang kembalian semua itu akan hilang. Cukup dengan memberikan Digital Gift Card pada kasir di semua cabang Mc Donald's Indonesia, hanya dalam hitungan detik transaksi pun selesai. Jauh lebih cepat dan praktis tentunya karena kasir nggak perlu mencari uang receh saat bertransaksi.



Demi memuaskan rasa penasaran saya akan penggunaan Digital Gift Card ini, kemarin saya pun langsung mencoba bertransaksi. Ternyata dengan menggunakan Digital Gift Card ini waktu yang diperlukan sejak dari petugas Mc Donald's menanyakan menu saya hingga menggesek kartu untuk pembayaran saya, tidak sampai 3 menit. Wow.. Tentunya waktu ini tergantung jumlah pesanan kamu juga ya. Selesai bertransaksi, saya tinggal menunggu pesanan saya dan menikmatinya.





Karena baru saja diluncurkan, untuk saat ini kita bisa mendapatkan Digital Gift Card ini di cabang Mc Donald's terdekat dengan nominal Rp 50.000 dan Rp 100.000 atau email ke giftcard@kartuku.co.id.  Namun untuk top up atau mengisi ulang Digital Gift Card yang kita miliki, masih belum bisa. Nantinya kita akan bisa mengisi ulang Digital Gift Card yang kita miliki melalui aplikasi pada smartphone kita. Kemarin Pak Adrian sudah ditantang oleh Ibu Yanti untuk segera mewujudkannya,  kita tunggu saja kelanjutannya. Semoga ke depannya Kartuku akan bekerja sama dengan merk lain, sehingga cashless society akan segera terbentuk. Harapan saya sih akan ada satu kartu yang bisa dipakai untuk belanja apa pun dan dengan menggunakan kartu tersebut kita bisa mendapatkan diskon tambahan. :D

Sementara menunggu terobosan baru lainnya, buruan mampir ke Mc Donald's terdekat dan dapatkan Digital Gift Cardnya. Transaksi jadi lebih cepat, berarti lebih cepat juga kan untuk menikmati makanannya. Dan satu lagi... Nggak bakalan lagi deh dikasi kembalian permen. Hihihi...

                                 Photo from @kartuku_id



                                         photo from nianastiti.com