October 4, 2016

6 Jenis Perlengkapan Bayi yang Penting Dimiliki

Masa - masa kehamilan tentunya akan membawa kebahagiaan bagi para ibu, tak terkecuali saya. Bahkan kebahagiaan itu menular pada keluarga dan teman - teman dekat lainnya. Saat sudah memasuki trimester ketiga biasanya para bumil akan sibuk untuk mulai berbelanja perlengkapan bayi. Untuk urusan anak rasanya semua orang tua akan rela memberikan yang terbaik bahkan mungkin jika dari sisi harga dinilai cukup mahal. Namun sebenarnya sisi ibu - ibu sering kali berusaha untuk mencari harga yang lebih rendah atau diskon. Eh apa itu saya aja ya? Hihi.. Makanya kenapa saat belanja ke toko dan bisa ditawar rasanya hepi.



Bayi yang baru lahir memang akan membutuhkan banyak sekali perlengkapan yang memang akan sangat membantu sekali. Jangan sampai perlengkapan ini tidak disediakan dengan baik karena memang bisa membuat orang tua sedikit repot. Tetapi tidak perlu khawatir karena saat ini untuk membeli perlengkapan bayi murah kita bisa menggunakan beberapa situs online yang menjual berbagai perlengkapan yang bisa menjadi sebuah kebutuhan baik untuk anak kita. Selain itu juga pembelian akan jauh lebih mudah.

Biasanya memang kita membeli beberapa perlengkapan ini di beberapa toko tapi ini mungkin agak cukup sulit bagi ibu yang sudah memasuki kehamilan trimester terakhir. Seperti yang saya ceritakan di trimester ketiga ini, kepala si adek sudah terlalu turun ke jalan lahir. Kondisi ini menyebabkan saya kurang nyaman jika harus wira wiri keluar rumah mencari perlengkapan bayi. Selain itu di situs online juga barangnya lengkap dan akan mempermudah kita sehingga tidak akan sulit bolak-balik ke beberapa toko untuk mencari perlengkapan yang kita butuhkan. Bahkan perlengkapan ini juga dijual dengan harga yang lebih murah dari yang biasanya. Duh.. Jiwa keibu - ibu an saya tergelitik. Haha..




Ada beberapa perlengkapan bayi murah yang memang akan membuat kita semakin tidak sabar mengurus bayi kita. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan tersebut antara lain:

1. Bantal peyang, fungsi bantal ini adalah untuk menopang kepala bayi juga sehingga tidak akan membuat bayi terjatuh dari bantal yang digunakan. Kalau saya berguna banget juga untuk menahan kepala bayi agar tidak belok ke kanan atau ke kiri saat ditidurkan. Kayaknya gimana gitu ngelihat ya kalau terlalu belok - belok pas baru lahir.
2. Bedong bayi karakter, ini berfungsi dalam membedong bayi agar sesuai dengan ukuran bedong dan pastinya menjadi lebih lucu karena bedong ini memang dilengkapi dengan karakter yang lucu. Sekarang bedong bayi itu lucu - lucu banget. Namun karena saya masih menyimpan beberapa bedong milik Rafasya dulu jadi saya membelinya nggak terlalu banyak. Lebih irit kan?
3. Ayunan bayi otomatis, jika dahulu kita harus menggunakan ayunan manual. Saat ini sudah otomatis karena bisa bergerak sendiri dan juga sudah ada kerangkanya sehingga kita tidak susah mencari sangkutan untuk mengayun. Jadi ingat nih, konon dulu saya hobi banget ngetem di ayunan ini. Iya saya. Jadi ayunan bayi ini sudah ada sejak jaman saya bayi, tentunya dulu belum ada yang otomatis yaa..
4. Selimut, ada banyak jenis selimut yang bisa kita pilih karena memang ini akan membantu bayi pada saat kedinginan. Penting ini. Bayi kan selama di dalam kandungan merasa hangat dan nyaman, jadi saat lahir jangan langsung disamakan seperti kita ya. Apalagi jaman sekarang rumah pasti menggunakan AC. Sebaiknya sih bayi tetap dipakaikan selimut selain suhu ruangan juga dinaikkan agar tidak terlalu dingin. Selain itu ada juga balmut yang bisa membantu bayi dalam menjadikan selimut ini bantal.
5. Kasur bayi karakter, ini sudah praktis dan juga bisa digunakan ketika kita tidak memiliki box bayi kasur ini akan sangat membantu. Lebih seru lagi kalau mencari kasur bayi yang spreinya waterproof. Jadi bisa dipakai untuk latihan memandikan bayi sebelum langsung ke bak mandi,
6. Sarung tangan bayi, ini penting selain untuk melindungi tangan bayi dari dingin, sarung ini juga akan membantu dalam melindungi wajah bayi. Terkadang, bayi baru lahir ada lho yang kukunya sudah panjang. Jadi perlu banget si sarung tangan ini.

Sejumlah kemudahan dalam mencari peralatan ini harus bisa kita pahami agar ketika membutuhkan peralatan ini kita akan dengan mudah membelinya. Jika kita belum membeli peralatan ini segeralah membelinya di situs online karena cepat dan mudah. Setelah membeli, pada saat nanti bayi sudah lahir maka kita juga harus menyiapkan tas khusus untuk meletakan perlengkapan ini agar mudah untuk dibawa pergi dan tertata dengan rapi pastinya. Sebaiknya sudah disiapkan sejak masuk ke trimester 3, jadi nggak panik kalau tetiba harus langsung menginap di RS.

Biasanya juga kamar bayi akan terdapat banyak sekali peralatan, sehingga kita juga bisa membeli rak khusus untuk meletakan peralatan ini sehingga tidak akan membuat kamar begitu ramai dan juga membuat kamar sempit. Semua akan ditata rapi pada sebuah rak yang memang akan sangat membantu sekali untuk kita yang tidak terbiasa.

Ada baiknya memang jika kita sudah menyiapkan segala perlengkapan ini 4 bulan sebelum bayi kita lahir karena ini adalah persiapan yang matang. Perlengkapan bayi murah juga pastinya akan dengan mudah kita dapatkan jika kita membeli dari jauh hari. Jangan lupa untuk selalu catat segala pengeluaran agar bisa kita lihat pada saat akan mendapatkan anak lagi nantinya. Selain itu kita juga bisa tahu apa yang tidak perlu dibeli lagi. Enaknya kehamilan anak kedua seperti saya, sudah ada beberapa barang yang masih bisa digunakan oleh si adik hasil lungsuran abangnya. Jadi budget yang tersisa bisa digunakan ibunya untuk spa setelah kelahiran si adek. Eh..