November 9, 2016

Ayo Buat Laptopmu Sendiri

Suatu hari saat saya sedang menyalakan laptop untuk mengupdate blog, Rafasya datang menghampiri. Ternyata ia ingin mencoba menggunakan laptop saya.

"Mau menulis nama teman - teman sekelas dong, Bunda." Begitu katanya.

Rafasya memang sedang dalam proses untuk belajar menulis dan membaca. TK yang menjadi tempat Rafa bermain memang tidak mengajarkan membaca dan menulis dengan berlebihan, hanya sebatas mengenalkan huruf dan angka serta mengenalkan cara memegang alat tulis. Persiapan untuk tahun depan masuk SD. Duh, nggak terasa ya anak bujang mau SD aja.

Melihat semangatnya menulis nama teman - teman sekelas juga namanya sendiri, akhirnya saya mengijinkannya menulis di laptop. Sampai akhirnya ia bosan dan mencari legonya. Hehe.. Sampai beberapa hari yang lalu sepulang sekolah Rafasya bercerita.



Rafasya : Bunda kata ibu guru Rafa disuruh membuat alat komunikasi dari barang bekas.
Bunda : O.. Bikin handphone aja ya kalau begitu.
R : Nggak ah Bunda, Rafa mau bikin laptop aja.
B : Memang laptop itu alat komunikasi ya?
R : Iya dong Bunda, kan bisa dipakai vieeo call.
B : Haha.. Iya ya. Oke deh..

Akhirnya saya pun browsing mengenai membuat laptop dari barang bekas. Di tengah - tengah browsing, anak bujang Bunda menambah rikues tempat CD. Supaya persis laptop Bunda katanya. Hyakk.. Baeklah. Mari kita berdoa semoga laptop dari barang bekas ini menyerupai aslinya.

Dengan berbekal kardus bekas, paperbag coklat, cutter, lem kertas dan gunting plus busui yang menahan lapar dan ngantuk saat si bayi tidur, maka jadilah prakarya ini. Kreasi laptop dari kardus ala kami.




Lumayanlah ya buat emak yang sedang berusaha membagi waktu dengan baik ini. Semua pakai ukuran kira - kira saja. Modalnya emak Rafasya ini cuma satu, sotoy. Haha.. Dikira - kira saja bagaimana supaya si tempat CD bisa dimasukkan kembali, supaya persis laptop aslinya.

Rafasya membantu menulis angka di keyboard laptopnya. Tadinya mau menulis hurufnya juga, tapi anaknya sudah capek. Oh ya maafkan huruf s yang lebih mirip z atau m yang miring - miring itu ya. Hihi..



Selain laptop ada juga radio ala kami. Dengan antena yang Rafa pasang sendiri. Yuk, bikin mainan untuk buah hati kita. Bisa sekalian quality time loh. Adakah yang suka membuat mainan juga disini?