April 4, 2018

Belajar Lagi Mengenai Mitos dan Fakta Masa Menyusui


Sebagai busui yang sedang menikmati masa menyusui untuk kali kedua, saya selalu semangat untuk belajar tentang segala hal yang berhubungan dengan menyusui. Ya kan, yang namanya ilmu itu selalu berubah dan bertambah. Jadi nggak ada salahnya untuk selalu belajar. 

Beberapa waktu yang lalu saya hadir di acara yang diadakan oleh The Urban Mama dan Philips. Acara yang bertajuk Lets Talk About Breastfeeding ini mengundang Sarah Audia selaku Konselor Laktasi dan Finna Yudharisman sebagai breastfeeding mama. 




Sebagai penduduk negara Indonesia tentunya mentemen sudah kenyang ya dengan beragam mitos yang sering terdengar. Namun ada kalanya kita ikut percaya dengan mitos yang beredar tersebut. Di dunia kehamilan dan menyusui juga banyak banget mitos yang beredar. Coba siapa yang akrab dengan istilah kalau hamil nggak boleh makan pedas nanti bayinya kegerahan, busui nggak boleh makan pedas nanti ASInya pedas juga atau payudara yang kecil nggak akan menghasilkan ASI yang banyak? Pasti pernah dengar kan ya mitos seperti itu?



Padahal semuanya yang saya sebutkan diatas itu ya memang hanya sekedar mitos. Jadi sebenarnya nggak ada yang harus dipercaya sampai membuat kita resah dan gundah. Inilah gunanya kita harus banyak membaca dan mencari tahu informasi dari sumber yang memang terpercaya. Kenapa begitu? Ya supaya semua informasi yang kita dapat akan membuat kita tenang dan yakin tanpa menggiring kita ke pikiran yang aneh - aneh. Ya namanya juga bumil atau busui ya. Kadang baperan ya kan. Hihi.. 

Coba deh cek lagi mitos yang bilang bumil atau busui nggak boleh makan pedas itu. Faktanya kalau memang bumil atau busui ya selama ini nggak ada masalah dengan makanan pedas ya silakan teruskan. Tapi kalau sudah tahu bahwa sedikit saja makan pedas langsung bikin diare ya jangan. Intinya bumil busui juga harus tahu tentang kondisi badan sendiri. 

Lalu gimana dengan mitos yang bilang payudara kecil nggak akan banyak ASInya. Nih saya buktinya. Haha.. Alhamdulillah Allah memberikan saya payudara yang nggak besar, tapi saat masa menyusui Rafasya juga Arsel cukup bahkan berlebih sehingga saya harus memompanya. Kok bisa? Bisa dong. Karena banyak atau nggak ya ASI itu tergantung dengan seberapa sering bayi menyusu. Kalau bayinya menyusu semakin sering otomatis produksi ASI juga semakin berlimpah. Belum lagi kalau ngobrolin tentang MPASI, makin banyak deh mitosnya. Haha..



Duh nggak ada habisnya deh ngomongin mitos seputar bumil busui di Indonesia. Pokoknya ingat saja ya, harus kudu wajib cari info yang valid sumbernya. Udah sih nggak usah bingung, langsung saja cari di websitenya The Urban Mama. InsyaAllah artikel yang ada disitu informasinya bisa dipertanggungjawabkan dan jelas sumbernya. Jadi bumil busui, jangan lupa bahagia yaaa..


No comments:

Post a Comment