April 13, 2018

Mau Tahu Babang Hamish Sarapannya apa?

Duh pasti kalian langsung kepo maksimal deh begitu lihat ada nama Babang Hamish di judul tulisan ini. Iya nggaakk? Haha..

Sebelum ngobrolin tentang sarapannya Babang Hamish, saya penasaran deh mentemen biasanya termasuk aliran mana nih kalau sarapan? Aliran yang sarapan nanti saja atau yang mengharuskan sarapan? Kenapa saya tanya begitu? Karena sebenarnya sarapan itu adalah aktivitas makan yang paling penting untuk dilakukan di awal hari. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 77% orang Indonesia di usia produktif (16-36 tahun ) sudah sadar bahwa sarapan merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk mengawali hari. Namun, meskipun kepedulian untuk hidup sehat semakin meningkat, kesibukan di pagi hari sering membuat orang melewatkan sarapan. Padahal melewatkan sarapan membuat tubuh kita kehilangan sumber energi yang sangat penting. 





Nah, siapa disini yang suka melewatkan sarapan dengan alasan nggak ada waktu, harus mengejar kereta, harus berangkat pagi dengan transportasi online atau alasan lainnya? Biasanya nih kalau sudah nggak sarapan pagi, begitu sampai di kantor langsung deh beli apa saja yang terlihat. Bisa jadi gorengan dengan bumbu kacang, cireng, nasi uduk atau aneka jajanan lain yang biasa dijual di seputar kantor. Jika ada yang sering melakukannya, sebaiknya berfikir ulang deh. 

Sarapan itu penting untuk memberikan energi pada tubuh karena meski dalam keadaan tertidur tubuh tetap menyerap energi untuk bekerja. Di pagi hari, kadar gula dalam darah berkurang drastis, itu sebabnya tubuh terasa lemas saat terbangun. Oleh karena itu tubuh harus mendapatkan asupan makanan yang bernutrisi agar bisa membentuk energi untuk beraktivitas sepanjang hari. 
dr. Fiastuti Witjaksono 




Sarapan yang sehat haruslah bisa membantu memulihkan energi tubuh. Jadi sebaiknya sarapan yang sehat itu harus mengandung kedua hal berikut

1. Serat
Serat berfungsi sebagai pengontrol gula darah agar tetap stabil dan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Protein
Protein berperan sebagai sumber energi yang membangun dan memperbaiki jaringan tubuh

Hmm, jadi sarapan harus mengandung serat dan protein. Oke kalau gitu kita harus makan seperti sayur, buah, tahu, tempe, ayam atau ikan dan semacamnya dong ya. Aduh, ribet dong kalau pagi - pagi harus sedia semua itu. Belum lagi mandi dan siap - siap berangkat kerja. Yang ada sebelum adzan subuh kita sudah harus masak dong?




Ih, nggak gitu juga lah. Mentemen sudah pada kenalan dengan yang namanya oat belum? Oat sangat cocok untuk dijadikan sumber energi. Karena oat kaya akan serat dan protein juga mengandung karbohidrat kompleks yang membantu kita merasa kenyang lebih lama. Jadi kita nggak akan kalap dan memilih cemilan atau makanan lain sembarangan. Karena seperti kita tahu, pola makan yang tidak sehat dan kurang berolahraga akan mengantarkan kita pada beragam penyakit seperti jantung, diabetes dan ginjal.  Yang paling istimewa, sarapan dengan oat juga nggak memerlukan waktu yang lama. Praktis dan enak plus bisa sarapan dengan menu yang sama dengan Babang Hamish. 




Yup, Hamish Daud selalu mengawali harinya dengan sarapan. Karena waktu yang singkat, suami dari Raisa ini menjadikan oat sebagai menu sarapannya. Ternyata Hamish bukan sudah mengenal oat untuk waktu yang lama, tepatnya sejak duduk di bangku SMA. Wow, sudah lama ya. Jadwal Hamish yang padat dan juga meneruskan kebiasaan sarapannya sejak di bangku sekolah, menjadikan Hamish rutin mengkonsumsi oat di waktu sarapan. Supaya bervariasi, Hamish menjadikan overnite oat dengan beragam topping sebagai menu sarapannya. Mbak Raisa dong ya yang sekarang menyiapkannya di malam hari. Hihi.. 

Memang sih, overnite oat itu de best banget untuk sarapan. Ini berdasarkan pengalaman saya lho ya. Selain sarapan buah terkadang kami juga sarapan overnite oat. Membuatnya juga gampang banget, tinggal cemplung cemplung semua bahan lalu simpan di dalam kulkas semalaman dan tinggal santap di pagi hari. Seperti makan Ice Cream atau puding atau Cake sebagai menu sarapan kita. Enak kan, dingin dan segar gitu. Selain enak juga sehat. Ini suh yang sebenarnya jadi motivasi saya dan suami untuk lebih menyaring apa saja makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kami. Kami ingin hiduo sehat agar bisa melihat anak - anak tumbuh besar. Selain itu kami juga ingin menularkan kebiasaan makan makanan sehat pada anak - anak. Apalagi untuk sarapan, harus memiliki nutrisi terbaik.




Ehh, berarti saya selama ini sarapannya sudah samaan dong ya sama Babang Hamish. Baik berupa overnite oat atau rolled oat plus Quaker oat yang saya jadikan topping di atas jus untuk sarapan pagi. Yess. Because Good Dags Start With Quaker.