October 17, 2018

Menikmati Manfaat Air Jahe Untuk Kesehatan

Menikmati Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

Bicara tentang kesehatan biasanya nggak lepas dari menjaga pola makan, pola istirahat dan juga rutinitas berolahraga. Ke 3 hal ini harus dijaga dengan baik agar kesehatan kita terjaga. Mau anda adalah seseorang yang bekerja di kantoran, bekerja dari rumah sampai ibu rumah tangga, semua harus menjaga jesehatan demi kelangsungan hidup. Ya kan?

Coba deh ingat - ingat lagi momen saat kita mengalami sakit. Duh, nggak enak banget kan. Jangankan sakit yang sampai demam dan harus dirawat di rumah sakit, sakit yang tergolong ringan seperti sariawan atau jari terpotong pisau saja sudah sukses membuat aktivitas kita sedikit terganggu. Apalagi pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga tanpa asisten membuat keadaan jadi sedikit merepotkan jika saya sedang kurang enak badan.


Kalau saya biasanya menambahkan konsumsi rempah - rempah saat sedang kurang enak badan. Seperti misalnya menambahkan minum air jahe saat batuk. Ternyata, minum rebusan air jahe nggak hanya bermanfaat saat sedang batuk saja lho. Air jahe juga bermanfaat untuk

1. Meredakan nyeri / mual
Terkadang saat haid saya merasa nyeri di perut. Meminum air jahe cukup membantu perut saya agar nggak bergejolak. Oh ya dulu saat hamil Rafasya saya juga suka mual saat sarapan. Untuk menyiasatinya saya makan permen jahe. Dulu belum kenalan sama air jahe kayaknya. Haha.. 

2. Menghangatkan badan
Coba deh perhatikan, biasanya penjual air jahe itu adanya di malam hari. Yup karena memang minum air jahe bisa banget untuk menghangatkan badan. Variasinya pun banyak ya untuk minuman jahe yang ada di malam hari ini. Ada wedang jahe, sekuteng atau hanya air jahe saja. 

3. Menurunkan kolesterol jahat

4. Anti inflamasi (peradangan)
Minum air jahe juga bisa banget untuk meredakan jerawat yang meradang. Biasanya kan ada ya saat - saat dimana jerawat jadi memerah, nah ini yang disebut meradang. Coba deh konsumsi air jahe supaya radang yang terjadi pada jerawat sedikit mereda. 

5. Menurunkan berat badan
Ini nih yang paling kece. Karena ternyata jahe hanya memiliki sedikit kalori jika dikonsumsi.

Wow. Banyak ya ternyata manfaat dari air jahe ini jika dikonsumsi secara rutin. Semua manfaat tersebut bisa diperoleh karena jahe mengandung bahan kimia seperti misalnya gingerol, shogaol,dan enzim zingibain selain kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Jahe juga memiliki kalori yang sangat sedikit. Yaitu hanya sekitar 1 kalori pada setiap gramnya. Jadi mengkonsumsi air jahe kurang lebih tidak menambahkan banyak kalori pada tubuh kita.

Air jahe yang cocok untuk disajikan saat cuaca dingin ini termasuk mudah untuk dibuat sendiri. Biasanya saya menyiapkan jahe yang besar - besar berwarna kuning kecoklatan, terkadang saya campur dengan jahe merah untuk mendapatkan panas yang berbeda, gula merah dan daun pandan. Rebus jahe dengan air secukupnya, kemudian cairkan gula merah dan daun pandan pada tempat yang berbeda. Jika sudah sampai pada konsistensi yang diinginkan, tambahkan gula pada segelas air jahe.




Membuat sendiri air rebusan jahe memang lebih lama prosesnya. Makanya sekarang ini saya sedia Herbadrink Sari Jahe. Namanya juga emak - emak ya. Terkadang saat badan pegal dan tenggorokan mulai terasa gatal saya sudah terlalu lelah untuk membuat rebusan air jahe sendiri. Dengan adanya Herbadrink Sari Jahe ini, saya hanya perlu menyiapkan gelas dan air panas.







Oh ya, jika mentemen belum tahu Herbadrink ini juga hadir pada varian lain. Selain Sari Jahe ada pula Sari Temulawak dan Lidah Buaya. Favorit saya sih memang Herbadrink. Kalau kalian suka jugakah dengan minuman alami seperti air jahe ?