December 13, 2018

Buka Rekening Efek Kurang dari 1 Jam Langsung Aktif Tanpa Tanda TanganBasah? Bisa Dong


Mana suaranya rakyat kekinian yang suka males banget kalau harus berurusan ke bank? Saya kayaknya termasuk salah satunya yang males ke bank kalau nggak perlu - perlu banget. Selain karena alasan saya selalu satu paket dengan dua bujang jadi kan rempes ya kalau bawa rombongan, well at least satu bujang deh sekarang yaitu Arsel, juga entah kenapa kalau mau ke Customer Service sebuah bank itu pasti akan memakan waktu lama. Kayaknya nggak mungkin kurang dari 1 jam deh. Ya nggak sih?

Makanya deh saya suka malas kalau harus ke CS untuk membuka rekening baru. Eh buat apa sih rekening baru? Ya kalau saya sih lebih suka punya rekening yang berbeda untuk urusan tabungan atau investasi. Supaya nggak tercampur kan sama dana yang mamak gunakan untuk jajan cilok. Haha.. Ngomongin soal investasi, saya sih baru sebatas emas saja yang mana sebenarnya juga baru banget dijalaninya. Pengennya sih bisa ikutan punya saham syariah tapi ilmunya masih cetek jadi masih harus baca - baca lebih lanjut.




Nah kalau ngomongin masalah tabungan dan ujung - ujungnya nyambung sama keuagan keluarga gini suka bikin gemes gak sih? Gemes karena pengen bisa berinvestasi dan urus keperluan rumah tangga tapi nggak mau ribet dan maka waktu lama. Jan sedih gaes.. Sudahkah kalian pedekate dengan yang namanya IPOTPAY dan IPOTGO? Belum? Mari kita obrolin yaa..



Jadi untuk pedekate dengan IPOTPAY dan IPOTGO ini gampang banget. Kita tinggal unduh aplikasinya di App Store atau Playstore. Kedua aplikasi ini hadir untuk menyederhanakan proses membuka rekening efek. Males unduh karena males repot atau karena memori gadget kurang?  Eits, yang ini nggak pake ribet. Dengan kedua aplikasi ini bahkan kita bisa buka rekening efek untuk berinvestasi dalam waktu kurang dari 1 jam lho. 

Kok bisa? Bisa dong. Jadi nanti di awal registrasi kita akan diminta untuk memasukkan No E KTP kemudian kita juga diminta untuk selfie dengan E ktp kita. Terus ada juga sesi dimana kita diminta mengupload video tentang data diri kita. Semacam persetujuan membuka akun gitu. 

Setelah semua proses registrasi  termasuk menjawab pertanyaannya selesai, nggak lama kita akan menerima e-mail verifikasi. Lanjutkan sesuai instruksi dan voila, proses pembukaan rekening tanpa tanda tangan basah, tanpa kirim dokumen fisik pun selesai. Waaa, cocok banget kan untuk di era sekarang ini. InsyaAllah aman karena pertanyaan securitynya aja cukup detail dan menggunakan kode OTP untuk transaksi. 



Saya sudah mencoba untuk membeli Token Listrik lewat IPOTPAY, bahkan saya jadi ketagihan untuk transfer antar bank karena nggak ada biaya administrasi. Mantul alias mantap betul kan? Selama ini lumayan banget nih aktivitas transfer antar bank yang saya lakukan. Mulai dari bayar uang sekolah abang Rafasya, uang ekskul, cicilan uang gedung, uang les renang sampai jajan cemilan. Haha.. Jadi kebayang kan banyaknya biaya administrasi yang harus saya tanggung. Dengan IPOTPAY bisa bebas biaya admin. Gak percaya? Nih buktinya.



Untuk IPOTGO, kita bisa membuka rekening saham dan reksadana secara cepat. Kalau saya sih masih memandang - mandangi beberapa saham syariah sambil mencari tahu lebih lanjut. Enaknya kita bisa menyeleksi list saham yang ingin kita beli lewat pilihan kolom yang ada. Tinggal centang saja pada kolom yang ada untuk menyesuaikan pilihan reksadana yang kita inginkan.





Duh enak banget ya jaman sekarang ini, kita bisa punya rekening tanpa harus repot datang ke banknya. Cukup siapkan saja dokumen yang diminta pada persyaratan. Sudah cepat dan mudah kita juga nggak perlu mengeluarkan uang untuk biaya lainnya. Ora susah deh singkatnya.

Aplikasi IPOTPAY dan IPOTGO ini adalah aplikasi pertama dan satu - satunya yang bisa membuka rekening kurang dari satu jam lho. Benar - benar mengurangi biaya banget. Tau sendiri kan kalau bawa anak - anak tentunya ada biaya jajannya. Hehe. Jadi, sia├Ępa yang siap untuk pedekate dengan kedua aplikasi ini? Saran saya sih buruan deh.