December 19, 2018

Jaga Kesehatan Gigi dengan Bersiwak Menggunakan Pasta Gigi Sasha

Sakit gigi.

Yup, sakit gigi adalah kondisi yang sedang saya rasakan sekarang ini. Benar - benar deh ya yang namanya sakit gigi itu bisa mengubah dunia saya. Siapa pun yang pernah sakit gigi tentunya akan menyetujui pernyataan saya barusan. Bagaimana tidak, tanpa sakit gigi saja saya harus membereskan rumah, mengurus anak dan menjadi ibu. Menjadi ibu bisa berarti 12 pekerjaan yang berbeda. Menjadi ibu berarti harus bisa jadi tukang bebersih, koki, supir, tukang pijat, tukang kipas dikala mati lampu, manajer untuk mengingatkan bahwa anak ada les tambahan, timer untuk mengingatkan anak agar tidak mandi terlalu lama sampai divisi kebersihan untuk membunuh kecoa yang memutuskan untuk lewat disaat anak - anak sedang main. Nah sekarang, cobalah melakukan semua itu selagi sakit gigi. Aarrrgghhh.. Rasanya ingin marah - marah saja seharian.


Semua itu bisa terjadi karena keadaan yang bernama saat gigi. Padahal saat gigi yang sekarang saya alami ini bukanlah akibat gigi yang bolong, melainkan akibat gigi bungsu yang memutuskan untuk muncul. Rasa sakit yang saya alami akibat sakit gigi ini meliputi sakit kepala, sakit pundak juga sakit sampai ke bagian telinga sampai sulit membuka mulut. Super banget lah rasanya. Sakit gigi yang saya alami ini adalah salah satu jenis sakit gigi diantara sakit gigi yang mungkin terjadi seperti sakit gigi karena bolong, tambalan yang kemasukan sisa makanan, karang gigi, gigi ngilu dan sejuta masalah gigi lainnya.



Lalu saat menemani belajar abang Rafa, saya mendapatkan informasi mengenai keutamaan bersiwak yang ternyata bisa menjaga kesehatan gigi. Setidaknya ada beberapa manfaat bersiwak yang saya baca dari buku Akhlaq abang Rafasya. 

Manfaat bersiwak adalah 
1. Mendapat keridhaan Allah 
2. Mulut menjadi bersih dan sehat
3. Menjaga kesehatan gigi
4. Menghilangkan bau mulut

Hukum dari bersiwak ini adalah sunah mu'akkadah yang berarti sangat dianjurkan. Beberapa waktu yang disunahkan untuk bersiwak adalah 
1. Setiap wudhu atau akan shalat
2. Ketika masuk rumah 
3. Menjelang tidur
4. Saat bangun tidur
5. Ketika akan membaca Al Qur'an
6. Saat bau mulut tidak sedap

Bagus banget ya manfaat bersiwak ini untuj kesehatan gigi. Minggu kemarin saya menghadiri Talkshow yang diadakan di The Hook oleh Sasha dan Hijab Influencers Network. Acara talkshow ini membahas tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi. Makanya saat sakit gigi ini hadir, saya mencoba mengingat - ingat perkataan para pembicara. Pembicara yang hadir kemarin adalah Ummu Balqis, drg. Annisa Ramalia dan juga Danti sebagai perwakilan dari Sasha.


Talkshow dibuka oleh Ummu Balqis yang menjelaskan mengenai fenomena hijrah yang sedang banyak terjadi. Hijrah ini bukan hanya memanjangkan kerudung atau mengubah penampilan. Namun hijrah juga berarti mengubah gaya hidup menjadi yang seperti Allah inginkan. Gaya hidup yang seperti apa? Tentunya gaya hidup yang mencontoh Rasulullah SAW dimana salah satu yang Rasulullah lakuka adalah bersiwak. Ummu Balqis pun mengatakan bahwa terdapat riwayat yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW pun masih bersiwak sesaat sebelum beliau meninggal. MasyaAllah. Sebegitu bermanfaatnya bersiwak sampai Nabi Muhammad ingat untuk bersiwak sampai di akhir hidupnya. 


Selain penjelasan dari Ummu Balqis mengenai bersiwak, drg. Icha juga menjelaskan bahwa ternyata di dalam siwak itu memiliki kandungan yang mampu mencegah timbulnya bakteri di dalam mulut. Bahkan dengan menggunakan siwak, gigi dan gusi kita akan tetap terjaga karena siwak ini mampu mengontrol tekanan yang dihasilkan saat digunakan untuk menyikat gigi sambil tetap melindungi gusi juga. MasyaAllah ya. 



Karena sudah tahu manfaatnya tentunya jadi pengen sering - sering bersiwak ya kan? Tapi agak repot ya kalau kita harus menggunakan siwak dari akar pohon 'Arok atau dahan Zaitun. Alhamdulillah sekarang sudah ada Sasha Pasta Gigi Halal. Jadi kita bisa selalu menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi dari siwak asli bukan ekstrak. Menurut penjelasan mbak Danti kemarin, Sasha ingin sekali bisa menjadi bagian dari semangat hijrah yang sedang terjadi sekarang ini. 



Sasha hadir dalam 2 varian, yaitu Sasha Herbal Antibacterial (warna gold) dan Sasha Whitening (warna putih). Sasha Herbal Antibacterial selain mengandung serpihan siwak juga mengandung ekstrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut yang akan membuat nafas segar lebih lama. Sementara Sasha Whitening selain mengandung serpihan siwak asli juga mengandung lemon dan garam untuk memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak lebih putih. Keduanya memiliki serpihan siwak asli, jadi jangan bingung ya mentemen kalau saat menggunakan pasta gigi Sasha melihat ada serpihan hitam. Itu adalah serpihan siwak yang digunakan demi menjaga kebersihan gigi kita. Wah, jadi makin praktis ya.


Awalnya saya mencoba Sasha Herbal, saya sempat merasa aneh. Maklum mulutnya terbiasa pakai pasta gigi yang mint. Tapi sensasi yang berbeda ini saya syuka. Meski nggak pedas karena memang Sasha Herbal ini nggak ada mint nya tapi segarnya tetap terasa di mulut. Dan serpihan siwak yang saya khawatirkan bakalan nyelip di sela - sela gigi ternyata Alhamdulillah sampai hari ini belum terjadi di saya. Untuk Sasha Whitening ada sensasi lebih segar setelah digunakan selain sensai dingin yang saya rasakan. Yang pasti dua - duanya approved oleh saya bahkan oleh abang Rafasya. Lho memangnya boleh ya untuk anak - anak? Pada kemasan tertera cara penggunaannya, untuk anak harus diawasi. Kebetulan abang Rafasya ini memang nggak suka pasta gigi anak yang rasanya beragam itu, ia lebih suka pasta gigi orang dewasa. Jadi saat mencoba Sasha ia juga menyukainya, terlebih saat tahu kalau ada siwaknya. Seperti Rasullullah ya Bunda, gitu katanya. 


Soal kehalalan mentemen jangan khawatir ya. Sasha ini udah mengantongi sertifikasi halal dari MUI dengan nomer 00150059761111 . InsyaAllah makin mantap kan hijrahnya? Dengan semakin memacu diri untuk berbuat baik dan meninggalkan keburukan juga sambil berusaha menjalankan sunnah Rasulullah SAW dengan menggunakan barang - barang yang Thayib atau baik dampaknya bagi tubuh. Salah satunya dengan menggunakan Sasha.



Lalu apakah menyikat gigi den menggunakan pasta gigi Sasha ini sukses membuat sakit gigi saya hilang? Tentu saja belum. Namanya juga mau kedatangan gigi bungsu ya kan. Kata dokter sih bisa sampai 2 minggu. Huhuhuhu... Kurus deh nih saya karena sulit makan. Well at least, ngarepnya sih kurus. :p

Monggo kunjungi sosial medianya Sasha ya untuk informasi lebih lanjut. 

Instagram : @sashaindonesia







2 comments:

  1. Huaaa sakit gigi karena gigi bungsu nongol itu memang sesuatuuu... tapi sakit nggak sakit memang sebaiknya kita senantiasa menjaga kesehatan gigi, yaaa, contohnya pakai siwak yang sudah ada versi praktisna,

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah buyu sekarang giginya sudah sehat lagi ya. Senang ya sekarang ada Sasha pasta gigi halal bersertifikat MUI , aku sudah coba dua-duanya yang herbal dan whitening. Suka dua-duanya juga :)

    ReplyDelete